Ide Kreatif Menciptakan Topi Bagus Dari Kain Flanel

Topi merupakan benda yang digunakan untuk melindungi kepala dan wajah dari sengatan sinar matahari. Ketika berada di luar ruangan, maka benda ini menjadi sangat penting mengingat betapa sinar matahari begitu tidak dekat dengan kita di kala cuaca sedang terik.

Nah, pada kesempatan kali ini penulis ingin membagikan inspirasi kreatif menciptakan topi anggun dari kain flanel. Kita semua tahu bahwa ketika ini berbagai topi yang modelnya bagus-bagus dengan harga terjangkau. Namun pernahkah anda berpikir untuk menciptakan topi sendiri? Beberapa waktu yang lalu, aku ditanya anak sekolahan wacana bagaimana cara menciptakan topi sebab kebetulan beliau sedang ada kiprah dari guru seni budaya dan ketrampilan. Tugasnya yaitu menciptakan topi dari kain flanel.

Akhirnya aku iseng menciptakan topi flanel mencontoh model topi yang sudah jadi. Dan menyerupai inilah topi yang aku buat dari kain flanel.

Topi merupakan benda yang digunakan untuk melindungi kepala dan wajah dari sengatan sinar  Ide Kreatif Membuat Topi Cantik dari Kain Flanel

Bagaimana? Bagus kan?. Anda juga dapat membuatnya untuk digunakan sendiri atau untuk putri tercinta. Meskipun pada tutorial ini modelnya sebuah boneka, percayalah kalau menciptakan topi orisinil caranya sama persis dengan menciptakan topi dari kain flanel menyerupai yang aku bagikan ini. Anda tinggal menyesuaikan saja ukurannya untuk topi sebenarnya.

Cara Membuat Topi dari Kain Flanel

Yang perlu kita ketahui sebelum menciptakan topi yaitu bagian-bagian topi yang terdiri dari crown atau mahkota dan brim atau pinggiran topi. Untuk model yang aku buat ini brimnya hanya di depan menyerupai model topi upacara.

Untuk menciptakan topi flanel, kita siapkan dulu peralatan dan materi yang dibutuhkan yaitu :
1. Kertas hvs untuk pola
2. Kain flanel
3. Jarum dan benang
4. Gunting
5.Lem tembak.

Topi merupakan benda yang digunakan untuk melindungi kepala dan wajah dari sengatan sinar  Ide Kreatif Membuat Topi Cantik dari Kain Flanel

1. Pertama-tama ukur dulu lingkar kepala yang akan dibuatkan topi, misal topi untuk anak atau untuk orang dewasa. Pada tutorial ini topi yang dibentuk memang untuk boneka.

Ukuran lingkar kepala digunakan untuk besar kecilnya crown/ mahkota topi. Sedangkan untuk brim/ pinggiran topi dapat diadaptasi dengan keinginan. Pada gambar yaitu kain flanel yang dipotong membentuk bundar berdiameter 20 cm.

2. Langkah selanjutnya menciptakan wiru menyerupai pada gambar dengan derma jarum pentul sampai membentuk menyerupai mangkuk. Dan inilah yang dinamakan mahkota. Untuk ukuran mahkota atau lingkar topi 32cm.

3. Langkah selanjutnya potong kain flanel membentuk potongan lurus. Karena kain flanel yang digunakan berukuran 25 cm maka diharapkan 3 potong dan nantinya harus disambung. Langkah ini yaitu proses menciptakan pinggiran topi.

4. Langkah selanjutnya yaitu menyambung kain sehingga alhasil tampak menyerupai pada gambar. Ada dua cuilan untuk luar dan dalam topi.

5. Langkah selanjutnya menciptakan brim atau cuilan depan topi. Buat pola brim atau topi cuilan depan menyerupai pada gambar kemudian terapkan pada kai flanel.

6. Dan itulah brim yang terdiri dari 2 potongan kain flanel. Untuk ukuran brim dapat diadaptasi dengan keinginan.

7. Langkah selanjutnya yaitu menjahit brim kemudian balikkan kain dan alhasil tampak menyerupai pada gambar.

Topi merupakan benda yang digunakan untuk melindungi kepala dan wajah dari sengatan sinar  Ide Kreatif Membuat Topi Cantik dari Kain Flanel

8. Langkah selanjutnya yaitu menyatukan brim dengan pinggiran topi. Gunakan jarum pentul untuk memudahkan proses pengerjaan.

9. Langkah selanjutnya jahit brim dan pinggiran topi. Setelah itu buka lipatannya sehingga alhasil tampak menyerupai pada gambar.

10. Langkah selanjutnya satukan cuilan crown tadi dengan brim yang sudah dibentuk tadi. Pindahkan jarum pentulnya kemudian jahit melingkar mengikuti brim.

11. Setelah proses menjahit final selanjutnya itu balikkan topi dan alhasil tampak menyerupai pada gambar.

12. Untuk cuilan dalam topi, beri lem tembak dan lipat brim atau pinggiran topi dengan rapi.

13. Sampai di sini proses menciptakan topi sebetulnya sudah final sebab topi sudah jadi dan terbentuk sesuai dengan impian hanya saja kita perlu menambahkan hiasan.

14,. Untuk hiasan, kita buat mawar gulung. Buat sebanyak 5 sehabis itu tempelkan pada topi cuilan depan dan selesai.

Bagaimana? Praktis kan cara menciptakan topi dari kain flanel ini? Silahkan mencoba membuatnya juga ya dan terima kasih sudah membaca Ide Kreatif Membuat Topi Cantik dari Kain Flanel. Semoga bermanfaat

0 Response to "Ide Kreatif Menciptakan Topi Bagus Dari Kain Flanel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel