Cara Paling Gampang Menciptakan Bunga Tulip Dari Kain Flanel

Membuat kerajinan atau prakarya yaitu pelajaran yang selalu ada di sekolah. Biasanya para pelajar baik yang masih duduk di kursi sekolah dasar maupun menengah jikalau ada kiprah kerajinan banyak dari mereka yang masih kebingungan kira-kira menciptakan apa. Survey mengambarkan banyak yang menentukan menciptakan bunga. Biasanya siswi atau yang cewek memang cenderung menentukan menciptakan kerajinan bunga. Namun ada juga siswa atau yang perjaka ternyata juga bahagia menciptakan bunga. Entah menyerupai apa bunga yang dibentuk dan dari materi apa.

Bagi kalian nih para pelajar yang dikala ini ada kiprah prakarya, goresan pena perihal cara paling gampang menciptakan bunga tulip dari kain flanel ini mungkin sanggup kalian jadikan referensi. Ya, bunga tulip yang sangat keren dan gampang sekali cara membuatnya. Dan menyerupai inilah penampakan bunga tulip dari kain flanel.

Membuat kerajinan atau prakarya yaitu pelajaran yang selalu ada di sekolah Cara Paling Praktis Membuat Bunga Tulip dari Kain Flanel

Bagaimana? Bagus kan? Dijamin kalian juga sanggup membuatnya dan karenanya mungkin lebih bagus. Setelah dinilai guru, prakarya yang sudah dibentuk jikalau memang bagus biasanya akan dijadikan pajangan di ruang kelas atau ruang guru. Nah, mau kan sanggup nilai bagus terus prakarya kalian dijadikan pajangan? Meskipun nantinya prakarya yang sudah kalian buat ternyata tidak dijadikan pajangan di sekolah, jangan kecewa ya. Karena sanggup jadi prakarya kalian itu dibawa pulang oleh guru kalian hehehe

Cara Membuat Bunga Tulip


Untuk menciptakan bunga tulip, kau kalian perlu mempersiapkan peralatan dan bahan-bahan yang sangat sederhana dan juga gampang didapat. Berikut ini peralatan dan bahan-bahannya.
1. Kain flanel
2. Bambu
3. Dakron
4. Lem fox
5. Kawat
6. Solasi hijau
7. Jarum dan benang
8. Gunting
9. Lem tembak
10. Mutiara imitasi

Langkah-langkah Membuat Bunga Tulip
Setelah alat dan bahan-bahan sudah tersedia, berikut ini langkah-langkah pembuatan bunga tulip yang sudah penulis lengkapi dengan gambar dan keterangannya.

Membuat kerajinan atau prakarya yaitu pelajaran yang selalu ada di sekolah Cara Paling Praktis Membuat Bunga Tulip dari Kain Flanel

1. Pertama-tama kita buat tangkai bunga nya dulu. Potong kain flanel warna hijau dengan ukuran 3 cm x 25 cm. Setelah itu beri lem fox dan letakkan bambu kemudian bungkus bambu tersebut. Setelah itu jahit dengan teknik tusuk feston.

2. Buat beberapa tangkai bunga. Pada tutorial ini bunga bunga yang dibentuk sebanyak 6 tangkai.

3. Langkah selanjutnya yaitu menciptakan bunga tulip. Siapkan kain flanel warna apa saja. Kemudian potong menjadi bentuk persegi panjang berukuran 6 cm x 15 cm.




4. Kita lanjutkan proses menciptakan bunga yaitu dengan cara menjahitnya. Gabungkan kedua sisi kain flanel tadi kemudian jahit lurus sehingga membentuk menyerupai pipa.

5. Selanjutnya jahit jelujur pada salah satu sisi yang berbentuk menyerupai pipa tadi secara melingkar mengikuti bulat kain tersebut sehingga menghasilkan kerutan. Jarum dan benangnya jangan dilepas dulu, biarkan menjuntai. Tarik benangnya dan kendurkan sedikit kerutannya, kemudian masukkan tangkai selanjutnya tarik benangnya untuk merapatkan kerutannya kemudian lilitkan benang yang menjuntai tadi dan simpulkan benangnya. Tusukkan jarum pada kerutan hingga menembus kerutan tersebut biar bunga tidak gampang lepas.

6. Balikkan kain dan rapikan sehingga bentuknya berubah menyerupai gelondongan tabung.

Membuat kerajinan atau prakarya yaitu pelajaran yang selalu ada di sekolah Cara Paling Praktis Membuat Bunga Tulip dari Kain Flanel


7. Agar bunga berbentuk, isi lubang tersebut dengan dakron secukupnya. Tekan-tekan dan tambahkan lagi dakronnya bilamana masih ada ruang yang kosong di dalamnya biar bunga padat berisi.

8. Jahit bunganya mulai dari bab dalam biar bundelan benang tidak tampak dari luar dan kelihatan lebih rapi. Jahit untuk mempertemukan kedua sisi kain. Tarik benang dengan kencang dan ulangi menjahitnya biar jahitan lebih berpengaruh dan tidak gampang lepas.

Setelah itu jahit kembali dari arah sebaliknya. Jangan lupa matikan jahitannya biar benang tidak lepas. Untuk langkah ini benang jangan dipotong dulu. Agar bunga tampak anggun selanjutnya pasang manik-manik di tengahnya dengan cara dijahit. Setelah itu matikan jahitannya dan pastikan biar jahitannya kencang.

9. Buat beberapa kuntum bunga tulip dengan warna yang berbeda.

10. Langkah selanjutnya yaitu menciptakan daun. Potong kawat sepanjang 20 cm. Kemudian lilitkan solasi hijau.

11. Potong kain flanel warna hijau untuk daun. Buat daun yang agak panjang berukuran 17 cm. Selanjutnya tempelkan kawat yang sudah dililit solasi tadi kemudian lengkungkan daunnya.

12. Buat daun sebanyak 6 sesuai dengan jumlah bunga. Dan bunga tulip beserta daunnnya sudah siap dirangkai dalam vas bunga.

Bagaimana adik-adik? Praktis bukan? Kiranya cukup sekian Cara Paling Praktis Membuat Bunga Tulip Flanel yang sanggup penulis bagikan. Selamat berkreasi!

0 Response to "Cara Paling Gampang Menciptakan Bunga Tulip Dari Kain Flanel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel