Membuat Prakarya Celengan Dari Materi Bekas Kotak Susu

Musim liburan yakni hal yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang terutama mereka yang masih berstatus pelajar. Namun kadang-kadang liburan yang panjang ternyata juga dapat bikin bosan. Jika orang-orang yang berduit dapat menikmati liburan ke luar negeri, bagi orang yang berkantong pas-pasan mirip saya, liburan cukup di rumah saja hahaha.

Nah, bagi anda semua yang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah saja, semoga liburan anda menjadi lebih bermakna, maka tidak ada salahnya mengisi waktu liburan dengan berkarya bersama buah hati tercinta.

Dan pada kesempatan kali ini, penulis ingin menyebarkan pengalaman liburan yang menyenangkan yaitu membuat prakarya celengan dari materi bekas botak susu. Ya, kita semua niscaya tahu kan, susu yakni minuman bergizi yang disukai belum dewasa bahkan orang remaja juga menyukainya. Apalagi susu segar dalam kemasan kotak yang rasanya sangat enak dan dapat dinikmati dalam segala suasana. Sudah susunya enak, kemasannya juga dapat dimanfaatkan loh.

Seperti ini nih penampakan celengan bentuk rumah dari materi bekas kotak susu.

tunggu oleh banyak orang terutama mereka yang masih berstatus pelajar Membuat Prakarya Celengan dari Bahan Bekas Kotak Susu

Sangat sederhana bentuknya dan cara membuatnya juga sangat simpel sekali jadi cocok untuk melatih daya kreativitas belum dewasa yang masih balita maupun yang sudah duduk di dingklik taman kanak-kanak.




Celengan unik dari kotak susu ini, selain dapat dipakai untuk menyimpan uang juga dapat dijadikan pajangan. Anak-anak niscaya tertarik untuk membuatnya juga alasannya yakni menciptakan celengan ini dekat kaitannya dengan budaya hidup ekonomis yaitu menabung yang niscaya juga diajarkan di sekolah-sekolah. Sebagai orang bau tanah tentunya bahagia dan gembira jikalau melihat anak yang sudah berilmu berkarya. Berikan kebanggaan kepada anak sebagai apresiasi karya yang dihasilkan oleh tangan mungilnya.

Berikut ini penulis bagikan pengalaman menciptakan prakarya selama liburan yaitu memanfaatkan barang bekas kotak susu menjadi celengan unik bentuk rumah.

Cara Membuat Celengan dari Kotak Susu

Untuk menciptakan celengan ini kita hanya membutuhkan materi dan peralatan sebagai berikut :
1. 2 buah kemasan kotak susu
2. Kertas origami double face dan motif
3. Lem fox
4. Cutter
5. Gunting

Langkah-langkah menciptakan celengan

tunggu oleh banyak orang terutama mereka yang masih berstatus pelajar Membuat Prakarya Celengan dari Bahan Bekas Kotak Susu

1. Persiapkan dua kemasan kotak susu 1000 ml, kertas origami double face, dan yang bermotif. Pada totorial ini yang dipakai yakni kertas origami berukuran 16 cm x 16 cm.

2. Langkah selanjutnya gunakan salah satu kotak susu. Potong kotak susu tadi. Setelah itu lapisi serpihan dengan kertas origami motif mirip pada gambar yang diibaratkan sebagai genteng rumah.

3. Setelah itu potong lagi kotak susu membentuk segitiga sebanyak 2 buah. Sesuaikan ukurannya dengan lebar celengan.

tunggu oleh banyak orang terutama mereka yang masih berstatus pelajar Membuat Prakarya Celengan dari Bahan Bekas Kotak Susu

4. Lapisi serpihan kertas berbentuk segitiga tadi dengan kertas origami kemudian lipat tepinya mirip pada gambar.

5. Untuk bab utama atau body celengan, gunakan kotak susu yang satunya. Potong bab atasnya kemudian bungkus dengan kertas origami polos mirip pada gambar.

6. Langkah selanjutnya buat lubang untuk memasukkan uang. Anda dapat memakai cutter saat menciptakan lubang. Penggunaan cutter ini sebaiknya tidak dilakukan oleh anak-anak. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, jauhkan cutter dari jangkauan anak-anak.

7. Langkah terakhir, pasangkan 2 segitiga tadi pada body celengan. Setelah itu pasangkan bab atasnya yaitu yang menyerupai atap rumah. Gunakan lem fox yang terbukti mempunyai daya rekat yang kuat. Dan celengan bentuk rumah sudah jadi.

Demikianlah sharing pengalaman Membuat Prakarya Celengan dari Bahan Bekas Kotak Susu yang dapat saya bagikan. Anda dapat memcobanya sendiri di rumah. Happy holiday ...

0 Response to "Membuat Prakarya Celengan Dari Materi Bekas Kotak Susu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel