Cara Gampang Dan Cepat Menciptakan Topi Dari Kain Flanel

Ketika berwisata ke pantai, tentu kita membutuhkan topi lebar untuk berlindung dari terik matahari. Topi lebar tersebut selain untuk melindungi wajah dari sengatan sinar matahari juga dapat digunakan untuk bergaya.

Topi Flanel

Biasanya materi untuk menciptakan topi lebar yang banyak dijual di pinggir pantai itu dari materi mirip jaring-jaring senar yang dirangkai dengan benang sehingga cahaya matahari masih menerawang dan kita pun harus mengenakan beling mata hitam semoga tidak silau.

Pernahkah anda mengamati topi lebar anda lalu berpikir perihal bagaimana ya cara membuatnya? Seandainya dapat menciptakan topi sendiri tentu sangat menyenangkan. Kita dapat menentukan materi yang lebih rapat semoga topi nyaman digunakan contohnya dari kain flanel mungkin.

Kita tahu, kain flanel ialah kain serbaguna. Teksturnya yang sedikit kaku sangat cocok untuk materi menciptakan topi. Kebetulan saya menemukan cara gampang dan cepat menciptakan topi dari kain flanel yang niscaya saya bagikan di sini. Dan inilah topi yang saya buat dari kain flanel.

 tentu kita membutuhkan topi lebar untuk berlindung dari terik matahari Cara Praktis dan Cepat Membuat Topi dari Kain Flanel

Hah ! kok topi boneka sih? Penulis ini sedang menipu pembaca ya? Eits...Jangan su'udzon dulu. Tenang saja, meskipun modelnya hanya topi boneka tapi cara membuatnya sama kok dengan topi asli. Kita tinggal menyesuaikan ukurannya dengan keinginan.

Cara Membuat Topi

Yang perlu kita ketahui sebelum menciptakan topi ialah bagian-bagian topi yang terdiri dari crown atau mahkota dan brim atau pinggiran topi. Untuk menciptakan topi flanel, siapkan dulu peralatan dan materi yang diharapkan yaitu kertas hvs untuk pola, kain flanel, jarum dan benang, gunting, serta lem tembak.

 tentu kita membutuhkan topi lebar untuk berlindung dari terik matahari Cara Praktis dan Cepat Membuat Topi dari Kain Flanel


1. Pertama-tama ukur dulu lingkar kepala yang akan dibuatkan topi, misal topi untuk anak atau untuk orang dewasa. Pada tutorial ini topi memang dibentuk untuk boneka.

Ukuran lingkar kepala digunakan untuk besar kecilnya crown/ mahkota topi. Sedangkan untuk brim/ pinggiran topi dapat diadaptasi dengan keinginan. Pada gambar ialah referensi dasar topi yang dibentuk dari kertas hvs. Pola dasar topi terdiri dari crown dan brim. Yang berbentuk bulat bolong ialah brim nya sedangkan yang berbentuk segitiga ialah crown nya.

2. Langkah selanjutnya terapkan referensi dasar topi pada kain flanel. Potong kain flanel berdasarkan pola. Potong bab brim nya sama persis dengan pola. Sedangkan crown nya potong sebanyak 6 buah.

3. Jahit bab crown nya/ mahkota yang berjumlah 6 tadi dengan cara menyatukan semua sisinya.

4. Setelah semua bab crown tersambung, selanjutnya balikkan.

5. Rapikan bab crown/ mahkota topi sampai bentuknya ibarat mangkuk.

6. Satukan bab crown tadi dengan brim yang berbentuk bulat bolong. Jahit dengan posisi jahitan ada di dalam lalu jahit melingkar mengikuti lubang brim. Setelah dijahit beri lem tembak semoga sambungan dapat dilipat dan rapi.

Langkah terakhir yaitu menghias topi dengan ornamen pita atau bunga. Anda dapat menambahkan tali bila topi yang dibentuk ialah topi asli.



Dan berikut ini ialah penampakan topi dari kain flanel untuk mempercantik boneka. Jika anda ingin membuatnya dengan ukuran yang sebenarnya, caranya sama persis pada tutorial di atas.

 tentu kita membutuhkan topi lebar untuk berlindung dari terik matahari Cara Praktis dan Cepat Membuat Topi dari Kain Flanel

Bagaimana? Bagus kan topi flanel nya? Silahkan mencoba membuatnya juga ya dan dijamin anda niscaya puas dan gembira dengan kreasi yang anda hasilkan dari tangan anda sendiri.

Demikianlah artikel perihal Cara Praktis dan Cepat Membuat Topi dari Kain Flanel. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

0 Response to "Cara Gampang Dan Cepat Menciptakan Topi Dari Kain Flanel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel