Tutorial Cara Menciptakan Hanging Cloud Dari Kain Flanel

Siapa yang tak kenal awan. Hampir semua orang mengetahuinya. Awan berada di angkasa yang tinggi sebagai menandakan akan turunnya hujan. Tahukah anda, bahwa awan dan hujan juga dapat berada di dalam rumah loh.

Hanging Cloud dari Kain Flanel

Apakah anda ingin menghadirkan awan indah dengan tetesan hujan di rumah anda? Saat ini, hanging cloud atau hiasan gantung awan hujan sedang populer. Hiasan gantung awan hujan atau hanging cloud ini dibentuk dari kain flanel. Bentuknya yang mirip awan dan hujan begitu menarik sehingga sangat cocok untuk menghias ruangan. Hiasan hanging cloud dari kain flanel ini dapat digantung di pintu kamar atau ditempelkan pada dinding kamar putra-putri anda. Yang menarik dari hanging cloud ini ialah tetesan hujan dari kain flanel warna-warni yang menciptakan hiasan gantung ini semakin unik dan dijamin anak menyukainya.

 Awan berada di angkasa yang tinggi sebagai menandakan akan turunnya hujan Tutorial Cara Membuat Hanging Cloud dari Kain Flanel
Anda niscaya pernah menjumpai hiasan gantung mirip gambar ia atas kan? Hiasan gantung mirip ini biasanya digunakan untuk menghias pintu kamar anak. Mereka juga sering menciptakan hiasan berupa nama atau kata-kata yang kemudian ditempel di pintu kamar. Hiasan yang paling banyak disukai ialah hiasan yang memberi kesan sederhana namun unik dan lucu.

Untuk anda yang ingin menciptakan hiasan gantung atau anda yang bosan dengan ruangan yang kosong atau dinding yang polos, menambahkan hiasan gantung merupakan inspirasi yang sempurna untuk mempercantik ruangan terutama kamar anak. Lantas bagaiman cara mendapat hanging cloud ini? Praktis saja kok, hiasan gantung awan hujan atau hanging cloud ini dapat dibeli di toko online. Namun tentunya akan lebih menarik lagi bila dibentuk sendiri dan niscaya akan lebih berkesan.

Cara Membuat Hanging Cloud

Nah, bila anda juga ingin membuatnya, dibawah ini ialah cara menciptakan hiasan gantung awan hujan atau hanging cloud yang dapat anda aplikasikan dari materi kain flanel. Cara menciptakan hanging cloud ini sangat gampang alasannya ialah tidak membutuhkan mesin jahit. Cukup dijahit dengan teknik tusuk feston saja.

Namun sebelum kita melangkah pada proses pembuatan, alangkah baiknya kita persiapkan dulu peralatan dan materi yang dibutuhkan. Untuk menciptakan hanging cloud ini kita perlu menyiapkan.
1. Kertas dan pensil untuk menggambar pola
2. Kain flanel
3. Dakron
4. Tali kur
5. Lem tembak
6. Jarum dan benang
7. Gunting

Berikut ini ialah gambar dan keterangan cara menciptakan hanging cloud.

 Awan berada di angkasa yang tinggi sebagai menandakan akan turunnya hujan Tutorial Cara Membuat Hanging Cloud dari Kain Flanel
1. Pertama-tama gambarlah pada kertas pola bentuk awan dan bentuk tetesan air hujan. Setelah digambar, gunting pola gambar tersebut untuk selanjutnya diterapkan pada kain flanel.

2. Selanjutnya ambil kain flanel warna putih atau warna apa saja. Letakkan pola berbentuk awan dan tetesan air hujan tadi di atas kain flanel. Anda dapat memakai pemberian jarum pentul untuk disematkan kemudian gambar dengan pensil atau dapat pribadi digunting sesuai dengan polanya. Buatlah 2 bab yaitu bab depan dan belakang untuk awan dan tetesan air hujan. Untuk tetesan air buatlah sebanyak 12 buah dengan pilihan beberapa variasi warna. Untuk bab ini, anda dapat menyesuaikan dengan keinginan. Siapkan pula tali kur. Potong sebanyak 4 buah dengan ukuran panjang diubahsuaikan dengan keinginan. Jangan lupa, potong tali kur untuk tali yang dikaitkan pada awan.

3. Langkah berikutnya, tempelkan tali kur pada bab awan. Tempelkan bentuk tetesan hujan pada tali kur. Tempelkan ujungnya kemudian tutup dengan bab satunya. Tempelkan semua tetesan hujan dengan cara yang sama.

4. Langkah selanjutnya yaitu menjahit tetesan hujan dengan memakai tusuk feston. Jahit berdasarkan pola tapi jangan dijahit dulu seluruhnya. Sebelum final masukkan dakron dengan pemberian tusuk sate. Setelah itu lanjutkan proses menjahit hingga selesai. Lakukan hal yang sama untuk semua tetesan air hujan. Setelah semua tetesan air hujan sudah terisi dakron, selanjutnya tempelkan satu persatu rangkaian tetesan hujan pada lekukan bab awan.

5. Selanjutnya jahit bab awan dengan teknik tusuk feston. Sebelum final masukkan dakron dan ratakan dengan pemberian tusuk sate biar awan menjadi lebih berbentuk. Setelah itu lanjutkan proses menjahit hingga selesai.

6. Setelah proses di atas final maka hanging cloud sudah final dan terbentuk. Langkah selanjutnya ialah memberi nama. Buatlah nama dengan abjad dari kain flanel. Hanging cloud pun sudah final dibentuk dan siap diletakkan pada pintu, digantung atau ditempel.

Demikianlah Tutorial Cara Membuat Hanging Cloud dari Kain Flanel. Terima kasih telah membaca artikel ini. Kepada anda yang ingin berguru menciptakan kerajinan tangan, kami akan selalu berusaha memperlihatkan inspirasi dan panduan.

Seperti yang anda baca pada artikel yang lain di blog ini bahwa kami sudah menciptakan beberapa kerajinan tangan dan hingga ketika ini pun masih terus berguru dan berusaha untuk mendapat inspirasi dari banyak sekali media untuk dipraktekkan. Dan ternyata inspirasi itu banyak sekali bahkan murah. Yang tidak gampang ialah mewujudkannya menjadi kenyataan.

Makara pada dasarnya artikel yang ada di blog ini diterbitkan berdasarkan pengalaman penulis biar tutorialnya dapat dicontoh dan diterapkan sendiri oleh pembaca blog ini. Kalau kami dapat mewujudkan inspirasi menjadi kenyataan, kami yakin anda pun juga bisa.

0 Response to "Tutorial Cara Menciptakan Hanging Cloud Dari Kain Flanel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel