Tutorial Cara Menciptakan Bunga Dahlia Dari Kertas

Siapa sih yang tidak ingin mempunyai rumah yang indah dan asri. Apalagi dengan adanya taman nan hijau dan bunga-bunga yang bermekaran niscaya rumah akan semakin tampak sejuk dipandang mata. Ada banyak jenis bunga yang biasanya ditanam di halaman rumah salah satunya yaitu bunga dahlia.

Hiasan Bunga Dahlia

Dahlia merupakan salah satu bunga yang paling banyak disukai kaum wanita. Karena bentuk dan warnanya yang indah, maka tidak heran kalau bunga ini menjadi salah satu bunga favorit. Saking indahnya bunga ini, sampai-sampai dibuatkan lagu yang judul dan liriknya sudah tidak absurd lagi bagi penikmat musik dangdut.

Selain alasannya yaitu keindahannya, menanam dan merawat bunga dahlia juga tidak terlalu sulit. Namun bagaimanapun juga, bunga dahlia yaitu makhluk hidup yang membutuhkan air dan sinar matahari. Jika tidak disiram, seindah apapun bunga dahlia sudah dapat dipastikan akan layu bahkan mati.

Bunga dahlia tidak hanya indah sebagai penghias taman. Bunga ini juga sangat anggun dan cocok untuk mempercantik ruangan. Seiring dengan berkembangnya zaman, banyak orang lebih menentukan bunga tiruan untuk menghias ruangan. Kreativitas seseorang sudah semakin berkembang dan semakin terasah, sehingga bunga buatan pun terlihat menyerupai bunga sungguhan. Jika dibandingkan dengan bunga orisinil yang hanya bertahan untuk beberapa hari saja, bunga buatan terlihat lebih menarik. Dan yang pasti, bunga tiruan tidak akan pernah layu dan tahan lama.

Untuk menciptakan bunga tiruan, ada banyak pilihan materi mulai dari kain, pita, kertas, dan lain sebagainya. Ada materi murah meriah untuk menciptakan bunga yaitu kertas lipat atau kertas origami. Sebagian besar orang mungkin hanya mengenal kertas origami merupakan media yang dipakai untuk menciptakan kerajinan dengan teknik melipat. Padahal, kertas origami ini dapat dimanfaatkan untuk menciptakan kerajinan tangan yaitu bunga dahlia yang anggun dan berwarna-warni.

Siapa sih yang tidak ingin mempunyai rumah yang indah dan asri Tutorial Cara Membuat Bunga Dahlia dari Kertas

Bagaimana? bagus kan? Mirip ya dengan bunga asli? Siapa sangka bunga dahlia yang anggun ini yaitu bunga tiruan yang bahannya dari kertas origami yang harganya sangat ekonomis. Jika anda termasuk salah satu penggemar bunga dahlia, maka cobalah untuk menciptakan bunga dahlia menyerupai yang saya buat ini. Caranya cukup gampang kok. Bahkan menciptakan bunga dahlia dari kertas ini sangat cocok dan gampang diajarkan kepada belum dewasa usia sekolah dasar untuk menciptakan kerajinan atau prakarya.

Cara Membuat Bunga Dahlia

Jika anda berminat ingin membuatnya juga, berikut ini yaitu tutorial cara menciptakan bunga dahlia yang dapat dijadikan sebagai panduan. Untuk menciptakan bunga dahlia, materi utama yang harus dipersiapkan yaitu kertas origami double face ukuran 16 x 16 cm dan lidi/tusuk sate. Adapun materi dan peralatan lain yang juga perlu dipersiapkan yaitu lem kertas, lem tembak (glue gun) dan gunting.

Nah, inilah urutan gambar berikut keterangannya untuk mempermudah proses menciptakan bunga dahlia dari kertas

Siapa sih yang tidak ingin mempunyai rumah yang indah dan asri Tutorial Cara Membuat Bunga Dahlia dari Kertas
1. Pertama-tama siapkan 4 kertas origami double face untuk materi menciptakan mahkota bunga, benang sari, kelopak, daun, dan untuk membungkus tangkai. Untuk menciptakan satu kuntum bunga diharapkan dua kertas origami. Warna bunga dapat diadaptasi dengan keinginan.

2. Selanjutnya ambil kertas origami dan lipat menjadi 4 bab selanjutnya gunting membentuk lingkaran. Lakukan hal yang sama pada kertas yang satunya sehingga diperoleh 8 potongan kertas bentuk bulat untuk persiapan menciptakan mahkota bunga.

3. Langkah berikutnya, lipat kertas yang berbentuk bulat tadi menjadi 2.

4. Selanjutnya lipat lagi sehingga membentuk segitiga dengan sisi miringnya yang agak melengkung.

5. Selanjutnya gunting lipatan tadi sehingga membentuk menyerupai hati dan gunting sedikit pada bab bawahnya untuk menciptakan lubang.

6. Lakukan hal yang sama pada semua potongan kertas yang berbentuk bulat sehingga kalau lipatan kertas dibuka maka alhasil akan tampak menyerupai pada gambar. Kemudian gunting sedikit pada garis lipatannya.

7. Selanjutnya lipat semua mahkota bunga. Setelah semua mahkota bunga dilipat maka bentuknya akan sedikit menguncup.

Siapa sih yang tidak ingin mempunyai rumah yang indah dan asri Tutorial Cara Membuat Bunga Dahlia dari Kertas
8. Langkah selanjutnya yaitu menciptakan bahagia sari, kelopak bunga, daun dan pembungkus tangkai. Untuk menciptakan benang sari, potong kertas warna cerah kira-kira dengan lebar 3 cm panjangnya berdasarkan panjang kertas origami. Selanjutnya lipat kertas menjadi dua dan buatlah guntingan lurus menyerupai pagar.

9. Selanjutnya tempelkan benang sari pada tangkai lidi/ tusuk sate dengan cara melingkar.

10. Langkah berikutnya yaitu memasangkan mahkota bunga pada tangkai. Masukkan satu-persatu mahkota bunga yang berjumlah delapan. Tambahkan sedikit lem dan rekatkan.

11. Setelah itu masukkan kelopak bunga. Beri sedikit lem dan tempelkan pada bunga. Kemudian lilitkan kertas untuk membungkus tangkai. Dan terakhir pasangkan daun dengan memakai lem tembak/glue gun semoga daun menempel dengan kuat.

12. Bunga dahlia dari kertas sudah jadi. Buatlah beberapa kuntum bunga dengan warna yang berbeda.

Bagaimana? Mudahkan cara menciptakan bunga dahlia dari kertas ini? Saya yakin anda niscaya dapat menciptakan bunga dahlia yang lebih bagus dari apa yang ada disini.

Demikianlah Tutorial Cara Membuat Bunga Dahlia dari Kertas yang dapat saya bagikan di blog sederhana ini. Semoga bermanfaat dan happy crafting.

0 Response to "Tutorial Cara Menciptakan Bunga Dahlia Dari Kertas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel