Tutorial Menciptakan Boneka Upin Ipin Dari Kain Flanel

Siapa sih yang tidak kenal dengan Upin dan Ipin, dua anak comel yang menjadi tokoh utama dalam serial kartun animasi. Karakter kedua bocah kembar ini sukses menghipnotis masyarakat Indonesia khususnya anak-anak. Betul-betul-betul ?

Serial Kartun Animasi Upin Ipin

Di tengah maraknya tayangan sinetron Indonesia tak bermutu yang menceritakan kisah cinta tak mendidik, serial kartun animasi Upin Ipin masih bisa bertahan dan memanjakan bawah umur akan hiburan berkualitas yang sesuai dengan umur. Jika dibandingkan dengan tayangan bawah umur sejenis, Upin dan Ipin tak lebih bertemakan dunia bawah umur lengkap dengan problematikanya yang tidak jauh dari acara sekolah, belajar, membantu orang tua, hingga bermain.

Bukan hanya bawah umur saja, para remaja dan orang renta pun tak sedikit yang menyukai kartun animasi ini. Pantas saja kalau serial kartun animasi Upin dan Ipin begitu booming. Pasalnya selain lucu dan menggemaskan, serial kartun ini dianggap bisa memperlihatkan pesan moral dan nilai-nilai edukatif.

Mungkin juga alasannya itulah mengapa serial Upin Ipin ini begitu dicintai dan menjadi film favorit bawah umur bahkan orang remaja pun banyak yang menyukainya. Film animasi yang diproduksi Les Copaque, sebuah rumah produksi di Malaysia ini sukses beredar dan sudah ditayangkan di beberapa negara. Tercatat lebih dari 10 negara yang menayangkan serial kartun animasi ini termasuk Indonesia.

Membuat Boneka Upin Ipin

Serial animasi Upin Ipin begitu fenomenal dan terkenal di Indonesia. Memboomingnya serial Upin Ipin sangat kuat pada peningkatan produk bawah umur ibarat tas, sepatu, dan mainan mulai dari boneka hingga uang mainan pun tak luput dari gambar Upin Ipin. Sebagai penggemar berat serial Upin Ipin, saya pun mencoba untuk menciptakan boneka Upin Ipin dari kain flanel. Meskipun kesudahannya tidak ibarat dengan aslinya, minimal bisa mengobati rasa jenuh ketika sedang tidak ada kegiatan.

Siapa sih yang tidak kenal dengan Upin dan Ipin Tutorial Membuat Boneka Upin Ipin dari Kain Flanel

Bagaimana boneka Upin Ipinnya? comel kan? Tapi kok Upin dan Ipinnya anggun ya, ibarat anak wanita hahaha. Jika anda juga penggemar serial Upin Ipin dan ingin juga menciptakan bonekanya tanpa harus membeli, caranya simpel kok. Namun sebelum membuatnya, ada beberapa materi dan peralatan sederhana yang harus dipersiapkan diantaranya adalah:
1. Kertas hvs untuk menggambar pola
2. Pensil
3. Kain flanel
4. Jarum dan benang
5. Lem tembak
6.Gunting
7. Dakron
8. Cat akrilik

Cara Membuat Boneka Upin Ipin

Seperti yang kita ketahui, dalam serial Upin Ipin ada dua bocah kembar yang kepalanya gundul. Yang membedakan kedua bocah ini ialah baju dan kepalanya. Jika Upin kepalanya berjambul, maka Ipin sama sekali tak punya rambut alias plontos. Anda bisa menciptakan salah satunya atau kedua-duanya dengan cara yang sama. Untuk boneka Upin, anda tinggal menambahkan jambulnya saja.

Berikut ini pengalaman menciptakan boneka Upin Ipin yang akan bagikan dalam bentuk tutorial yang sudah dilengkapi dengan gambar dan keterangannya.

Siapa sih yang tidak kenal dengan Upin dan Ipin Tutorial Membuat Boneka Upin Ipin dari Kain Flanel

1. Pertama-tama, siapkan kertas hvs dan pensil. Buat contoh bentuk tubuh yang disertai dengan kaki, tangan dan bentuk agak lingkaran untuk kepala. Kemudian gunting contoh yang sudah dibentuk selanjutnya gambar contoh tersebut pada kain flannel.

2. Setelah contoh digambar pada kain flanel, selanjutnya potong kain flanel berdasarkan contoh sehingga didapat bagian-bagian boneka yaitu bab tubuh berikut kakinya (2 buah), bab kepala ( 2 buah), dan bab tangan (4 buah).

3. Langkah selanjutnya yaitu jahit dua lembar bab kepala boneka dengan tusuk feston. Sisakan sedikit pada bab sambungan untuk memasukkan dakron. Lakukan hal yang sama untuk bab badan, tangan, boneka Upin Ipin.

4. Setelah semua bab boneka sudah terjahit, selanjutnya balikkan dengan memakai dukungan sumpit atau tusuk sate. Atur sedemikian rupa biar setiap lekuk-lekuknya membentuk bagian-bagian boneka yang diinginkan.

Selanjutnya isi bagian-bagian boneka dengan dakron memakai dukungan sumpit. Usahakan untuk mengisi semua bab hingga rata dan padat biar boneka menjadi lebih berbentuk dan tidak simpel kempes. Pada bab kepala boneka, lipat sedikit ke dalam untuk menyambungkan ke bab tubuh boneka.

Setelah terbentuk kepala boneka selanjutnya yaitu melukis wajah boneka. Disini saya memakai cat akrilik. Namun kalau tidak ada cat akrilik, untuk bab mata bisa memakai mata boneka atau kalau tidak ada bisa diganti dengan kancing baju atau kain flanel.

Langkah selanjutnya yaitu menggabungkan semua bab pada tubuh boneka. Pasangkan kepala pada badan. Jahit dengan teknik tusuk rol. Usahakan biar benang tidak terlihat. Untuk bab tangan, jahit yang sebelumnya terbuka untuk memasukkan dakron tadi.

Selanjutnya pasangkan bab tangan. Cara menjahitnya yaitu dengan menusukkan jarum pada bab tangan boneka menembus bab tubuh selanjutnya pasangkan tangan yang satunya lagi. Jahit secara berulang biar bab tangan dan tubuh menyatu dengan kuat. Setelah semua bab boneka digabungkan, maka kesudahannya tangan boneka Upin dan Ipin bisa diputar-putar.

Setelah boneka jadi, saatnya berbagi baju dan celana. Proses menciptakan baju yaitu dijahit dengan tusuk feston lalu dibalik. Buat dua baju dari kain flanel yang berbeda warna dengan menambahkan aksara u untuk Upin dan i untuk Ipin. Selanjutnya pasangkan baju dan celana pada boneka Upin dan Ipin. Jika semua langkah sudah dilakukan, maka seharusnya anda sudah mempunyai kedua boneka bocah comel ini yang siap untuk dipajang bahkan dijual 😄

Itulah Tutorial Membuat Boneka Upin Ipin dari Kain Flanel dan hasilnya ibarat yang anda lihat pada gambar paling atas.

0 Response to "Tutorial Menciptakan Boneka Upin Ipin Dari Kain Flanel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel