Membuat Hiasan Bentuk Ikan Dari Anyaman Kertas

Masih ingat pelajaran menganyam ketika masih SD dulu? Atau malah mungkin sudah lupa bagaimana cara menganyam yang diajarkan oleh guru. Ternyata hingga kini kiprah menciptakan anyaman masih diberlakukan loh. Biasanya teknik menganyam yang diajarkan kepada siswa sekolah dasar ialah anyaman sederhana memakai kertas warna yang dianyam pada selembar kertas buku gambar. Anyaman itu sendiri merupakan kerajinan tangan khas nusantara. Makara sudah selayaknya kita ikut melestarikan seni dan budaya orisinil Indonesia ini dengan cara mengajarkannya kepada generasi penerus bangsa.

Membuat Hiasan dari Anyaman Kertas

Seperti yang kita ketahui, menganyam merupakan teknik manual yang masih memakai tangan untuk menciptakan sebuah karya seni yang mengagumkan. Membuat anyaman dengan aneka macam motif sanggup menjadi acara yang menyenangkan untuk mengisi waktu luang dan sebagai penghilang rasa jenuh. Dengan ketrampilan menganyam yang kita miliki akan memudahkan kita untuk menciptakan aneka macam kerajinan tangan yang mempunyai nilai jual menyerupai hiasan dinding, tas, dompet dan lain sebagainya. Agar kreasi kita mempunyai nilai jual tentunya harus memenuhi kriteria yaitu alhasil anggun dan menarik.

Namun disini kami tidak akan membagikan tutorial yang muluk-muluk dalam hal ini kerajinan anyaman sebab yang ada justru menciptakan pembaca kebingungan sebab penulis juga masih berguru hehe. Sama menyerupai ketika di SD dulu, yaitu menganyam dengan memakai kertas. Kali ini kami akan membuatkan pengalaman menciptakan anyaman dari kertas dalam bentuk ikan yang nantinya sanggup dipakai untuk menghias dinding maupun ditempatkan di teras sebagai hiasan gantung.

Masih ingat pelajaran menganyam ketika masih SD dulu Membuat Hiasan Bentuk Ikan dari Anyaman Kertas

Bagaimana? Lumayan kan hiasan bentuk ikan dari anyaman kertas? Cara membuatnya juga sangat mudah. Dijamin anda niscaya juga sanggup membuatnya. Apalagi bahan-bahannya juga sangat gampang didapat dan murah. . Alangkah menyenangkan kalau hal ini dilakukan gotong royong dengan putra-putri tercinta untuk melatih kreativitas mereka.

Cara Membuat Hiasan Bentuk Ikan

Untuk menciptakan kerajinan tangan tentu kita memerlukan materi utama yaitu 2 lembar kertas warna. Disini kami memakai kertas bufallo, gunting, penggaris, pensil, spidol, lem kertas, dan dakron kalau diperlukan. Tidak memakai dakron pun juga tidak apa-apa.

Setelah alat serta materi yang diharapkan sudah disiapkan semuanya, kini saatnya kita menciptakan anyaman kertas. Berikut ini ialah langkah-langkah untuk menciptakan hiasan ikan dengan teknik anyaman sederhana dari kertas yang sudah kami lengkapi dengan gambar dan keterangannya secara berurutan.

Masih ingat pelajaran menganyam ketika masih SD dulu Membuat Hiasan Bentuk Ikan dari Anyaman Kertas
1. Langkah pertama dalam menciptakan anyaman ialah dengan menciptakan teladan pada dua kertas yang berbeda warna. Buatlah garis-garis pada kertas dengan memakai pensil dan penggaris. Buatlah ukuran 3 cm masing-masing 3 buah sebab untuk satu ikan kita membutuhkan 6 buah kertas yang memakai 2 variasi warna. Disini kami memakai kertas warna merah dan hijau. Untuk warna silahkan bereksperimen dengan warna-warna yang anda sukai. Selanjutnya potong kertas lurus berdasarkan teladan garis.

2. Selanjutnya lipat semua kertas yang sudah dipotong tadi menjadi 2 cuilan yang sama. Makara jumlah keseluruhan ada 6 lembar.

3. Langkah selanjutnya yaitu proses menganyam. Untuk langkah awal menganyam, letakkan kertas warna merah dengan posisi menindih kertas hijau.

4. Selanjutnya lipat dan arahkan kertas warna merah ke bawah sehingga kedua kertas saling mengait dan bersilangan.

5. Lakukan hal yang sama untuk kertas warna merah yang kedua namun mengaitkannya pada cuilan belakang kertas warna hijau.

6. Selanjutnya balikkan posisi anyaman untuk melanjutkan proses menganyam dengan menambahkan kertas warna hijau.

7. Ambil kertas hijau dan kaitkan pada kertas warna merah cuilan belakang sehingga posisi anyaman berselang-seling susunannya.

8. Sama menyerupai sebelumnya, balikkan posisi anyaman untuk melanjutkan proses menganyam dengan menambahkan kertas warna merah.

9. Balikkan lagi posisi anyaman untuk melanjutkan proses menganyam dengan menambahkan kertas warna hijau. Atur anyaman sehingga anyaman berselang-seling susunannya. Jika sudah selesai maka kedua permukaan anyaman mempunyai susunan yang saling terkait antara kertas merah dan hijau. Rapatkan anyaman dan beri lem pada cuilan pinggir anyaman untuk merekatkan semoga anyaman tidak bergeser. Pada cuilan tengahnya biarkan saja jangan dilem dulu.

Masih ingat pelajaran menganyam ketika masih SD dulu Membuat Hiasan Bentuk Ikan dari Anyaman Kertas

10. Agar ikan tampak berisi, masukkan dakron. Selanjutnya beri lem pada cuilan yang tidak dianyam lalu satukan. Pada langkah ini optional saja. Karena tidak diisi dakron pun juga tidak masalah.

11.Selanjutnya potong kertas warna hijau yang ada di tengah. Berikutnya, lipat kertas warna hijau yang ada di cuilan bawah ke arah atas. Sisipkan ujung kertas hijau ke dalam anyaman kertas warna merah. Beri lem sehingga anyaman kertas warna-warni akan terkunci rapat dan kuat. Lakukan hal yang sama untuk mengerjakan kuncian anyaman untuk kertas warna merah. Seperti langkah sebelumnya pada penguncian kertas warna hijau, potong ujung kertas warna merah dan sisipkan ujung kertas warna merah yang ada di bawah menuju ke atas dan masukkan ke dalam anyaman kertas warna hijau. Jangan lupa beri lem sehingga anyaman kertas warna-warni akan terkunci rapat dan kuat. Selanjutnya rapikan anyaman.

12. Nah, kini kita akan membentuk sirip dan ekor ikan. Buatlah garis lengkung dengan memakai pensil selanjutnya lakukan pengguntingan sesuai garis lengkung yang telah dibentuk tadi.

13. Dan itulah bentuk ikan yang sudah jadi. Langkah terakhir yaitu menambahkan mata pada kedua sisi ikan. Gunakan spidol atau marker, atau buatlah guntingan kertas warna hitam berbentuk bulat kecil. Jika ingin lebih menarik, anda sanggup memakai mata boneka yang dijual di toko-toko materi kerajinan. Buatlah beberapa ikan dengan ukuran dan variasi warna yang berbeda.

Demikianlah kegiatan positif dan bermanfaat untuk mengisi waktu luang salah satunya Membuat Hiasan Bentuk Ikan dari Anyaman Kertas yang sanggup anda lakukan bersama buah hati anda. Selamat mencoba.

0 Response to "Membuat Hiasan Bentuk Ikan Dari Anyaman Kertas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel