Cara Menciptakan Origami Bentuk Baju Gaun Untuk Anak

Origami ialah seni melipat kertas yang biasanya diajarkan pada siswa taman kanak-kanak maupun sekolah dasar. Selain sanggup membantu meningkatkan motorik halus dan kognitif anak, origami bagi anak merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan. Bagaimana tidak, bermacam-macam bentuk sanggup kita buat dengan origami yang pastinya menciptakan anak merasa takjub alasannya ialah ternyata hanya dari kertas bisa didapat beraneka ragam bentuk yang menarik mulai dari yang gampang hingga yang rumit.

Untuk anak-anak, sebaiknya origami dimulai dari menciptakan bentuk yang sederhana dulu contohnya bentuk kipas, kupu-kupu, bahtera dan lainnya. Jika anak sudah bisa menciptakan yang gampang selanjutnya kita kenalkan bentuk lain contohnya origami bentuk baju gaun.

Origami ialah seni melipat kertas yang biasanya diajarkan pada siswa taman kanak Cara Membuat Origami Bentuk Baju Gaun untuk Anak

Membuat Origami bentuk Gaun itu Mudah

Bagi sebagian orang, ada beberapa bentuk origami yang memang rumit dan tidak gampang dipraktekkan. Saya sendiri awalnya juga tidak begitu tertarik dengan origami alasannya ialah menganggap origami itu rumit. Namun sehabis mencoba melipat beberapa bentuk dan hasilnya sama persis dengan tutorial yang saya dapatkan, hasilnya saya menyadari bahwa ternyata teknik melipat kertas atau yang dikenal dengan istilah origami itu tidak sesulit yang dibayangkan. Syarat utama semoga bisa menciptakan banyak sekali bentuk origami yaitu dengan terus mencar ilmu dan berlatih. Karena banyak sekali bentuk-bentuk origami yang menarik namun rumit dan memang diharapkan latihan yang memadai.


Membuat origami sudah dilakukan. Hasilnya juga sangat memuaskan menyerupai yang anda lihat pada gambar di atas. Mirip dengan baju gaun sungguhan bukan? Kini yang harus saya lakukan yaitu membagikan pengalaman dalam hal ini menciptakan origami bentuk gaun yang mungkin saja berkhasiat untuk orang lain khususnya para pembaca blog ini yaitu para orang bau tanah yang ingin melatih daya kreativitas anak. Membuat origami bentuk gaun, sangat gampang diikuti tutorialnya dan saya pastikan juga gampang diikuti oleh putra-putri anda.

Begini Cara Membuat Origami Bentuk Gaun

Untuk menciptakan origami bentuk gaun, kita hanya membutuhkan kertas lipat atau bila tidak ada, anda bisa memanfaatkan kertas kado atau kertas lainnya asalkan kertas tidak tebal dan kaku. Di bawah ini ialah step by step cara menciptakan origami bentuk gaun yang sudah saya lengkapi dengan gambar dan keterangan yang diikuti oleh gambar dan keterangan berikutnya.

Origami ialah seni melipat kertas yang biasanya diajarkan pada siswa taman kanak Cara Membuat Origami Bentuk Baju Gaun untuk Anak

1. Siapkan kertas origami atau kertas kado. Untuk tutorial ini, saya memakai kertas origami motif berukuran 16 x 16 cm.

2. Selanjutnya lipat kertas menjadi dua bab yang sama dengan mengambil garis vertikal di tengahnya sehingga dari garis vertikal tersebut sanggup membagi kertas menjadi 2 kolom persegi panjang.

3. Selanjutnya, lipat pada bab sisi kanan dengan mengambil garis vertikal pada kolom persegi panjang tersebut. Kemudian lipat kertas sehingga bab sisi kanan kertas bertemu pada garis tengah vertikal yang telah dibentuk sebelumnya.

4. Setelah itu lipat pada bab sisi kiri dengan mengambil garis vertikal pada kolom persegi panjang tersebut. Kemudian lipat kertas sehingga bab sisi kiri kertas bertemu pada garis tengah vertikal yang telah dibentuk sebelumnya.

5. Sampai disini berarti sudah terbentuk empat kolom persegi panjang yang sama besar. Langkah selanjutnya yaitu menciptakan lipatan atau wiru. Lipat lagi kolom ke-2 dan ke-3 dengan mengambil garis vertikal pada kolom persegi panjang tersebut. Kemudian lipat kertas sehingga bertemu pada garis tengah vertikal yang telah dibentuk pertama kali tadi. Lakukan hal yang sama untuk sisi yang satunya.

6. Selanjutnya lipat kertas yang sudah diwiru tadi menjadi dua bab yang sama besar sehingga diperoleh garis horizontal di tengahnya.

7. Langkah berikutnya yaitu melipat lagi atau tekuk kertas ke atas kira-kira 0,5 cm pada garis horizontal. Lipatan ini berfungsi sebagai sambungan rok dan gaun bab atas.

8. Tarik ujung kertas bab bawah kanan terlebih dahulu, lalu lebarkan bab bawahnya semoga lipatan pada origami baju gaun membentuk menyerupai rok yang mengembang. Lakukan hal yang sama pula pada sisi kirinya. Ketika mengembangkan wiru rok, maka secara otomatis akan sedikit mensugesti lipatan horizontal sehingga lipatan akan sedikit bergeser. Maka disini kita perlu merapikannya semoga lipatan rata dan hasilnya bagus.

Origami ialah seni melipat kertas yang biasanya diajarkan pada siswa taman kanak Cara Membuat Origami Bentuk Baju Gaun untuk Anak
9. Setelah bab rok selesai, selanjutnya balikkan kertas. Lipat kertas bab atas membentuk segitiga. Lipat pada sisi kanan dan kiri. Langkah ini ialah awal untuk menciptakan kerung leher.

10. Setelah terbentuk dua lipatan bentuk segitiga, selanjutnya buka lipatan bentuk segitiga tersebut sehingga didapat bentuk menyerupai belah ketupat.

11. Untuk membentuk kerung leher, selanjutnya lipat lagi membentuk segitiga pada kedua sisi yang berbentuk belah ketupat tadi sehingga didapat kerung leher berbentuk V.

12. Langkah selanjutnya yaitu membalikkan posisi kertas. Pada langkah ini kita akan membentuk gaunnya. Kita mulai dengan melipat bab belakang gaun. Lipat bab kanan terlebih dahulu dilanjutkan dengan melipat sedikit bab roknya. Selanjutnya lipat bab yang kiri juga dilanjutkan dengan melipat sedikit bab roknya.

13. Setelah itu, kita kembalikan lagi posisinya menyerupai semula. Selanjutnya kita bentuk bab lengan satu per satu dimulai dari sisi bab kanan dilanjutkan dengan sisi bab kiri. Untuk menciptakan lengan, kita lipat keluar membentuk segitiga.  

14. Langkah terakhir yaitu balikkan kertas sehingga jadilah hasil seni melipat kertas atau origami yaitu gaun yang cantik.

Bagaimana? Mudahkan Cara Membuat Origami Bentuk Baju Gaun untuk Anak? Saya yakin, dalam prakteknya menciptakan origami baju gaun ini jauh lebih gampang menyerupai yang sudah saya lakukan daripada membaca tutorial yang membingungkan ini. Ternyata tidak gampang menyusun kata demi kata demi sebuah rangkaian kalimat tutorial. Tapi saya tetap semangat untuk berkarya dan berbagi. Semua ini saya lakukan untuk anda para pembaca yang sudah menyempatkan diri untuk mampir disini. Trima kasih.

0 Response to "Cara Menciptakan Origami Bentuk Baju Gaun Untuk Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel