Cara Menciptakan Boneka Balita Lucu Dari Kain Flanel

Memiliki hobby menciptakan kerajinan tangan itu memang menyenangkan. Setiap kali menemukan inspirasi rasanya ingin segera mempraktekkannya. Ada pujian tersendiri dengan kreasi yang kita hasilkan meskipun seringkali jadinya tidak menyerupai yang diharapkan. Minimal sudah mencoba dan yang niscaya pengalaman akan semakin bertambah. Selain itu, hasil dari berkreasi juga sanggup mendatangkan uang. Kerajinan yang kita buat nantinya sanggup dijual. Salah satu kerajinan yang sanggup menghasilkan uang yaitu kerajinan dari kain flanel.

Sebenarnya menciptakan kerajinan yang unik dan menarik itu tidak terlalu sulit. Seperti yang sering kita lihat, kerajinan kain flanel sangat bermacam-macam mulai dari bross, bando, gantungan kunci, dompet, tas, boneka dan masih banyak lagi. Sebagian besar orang menciptakan kerajinan dari kain flanel memang untuk dijual. Harga kerajinan berbahan flanel juga tidak terlalu mahal mengingat materi baku yang dipakai juga gampang didapat dengan harga yang relatif terjangkau.

Saya yakin, andapun juga sanggup membuatnya sendiri jenis kreasi apa yang akan anda buat untuk mengisi waktu luang. Apalagi jikalau menciptakan kerajinan memang sudah menjadi hobby atau kegemaran. Rasanya ingin selalu berkreasi. Dan pada kesempatan kali ini, saya pun mencoba menciptakan boneka flanel bentuknya menyerupai anak balita yang lucu dan menggemaskan.

Memiliki hobby menciptakan kerajinan tangan itu memang menyenangkan Cara Membuat Boneka Balita Lucu dari Kain Flanel

Bagaimana boneka flanelnya? Memang lucu dan menggemaskan ya? Tertarik ingin membuatnya juga? Caranya bahwasanya cukup gampang kok. Tidak diharapkan mesin jahit untuk menciptakan boneka balita. Anda hanya membutuhkan teknik tusuk feston, teknik jahit stik balik dan proses mengelem. Penasaran kan?

Begini Caranya Membuat Boneka Flanel

Untuk menciptakan boneka flanel, materi dan alat yang dipakai sangat sederhana serta proses pembuatannya juga tidak terlalu rumit sehingga gampang dipraktekkan oleh pemula sekalipun. Baiklah, sebelum melangkah untuk mengikuti step by step proses pembuatan boneka balita, anda perlu mempersiapkan beberapa materi dan peralatan yang diharapkan yaitu :
1. Pensil dan kertas untuk menciptakan pola
2. Kain flanel
3. Gunting
4. Jarum dan benang
5. Lem tembak
6. Dakron
7. Manik-manik

Jika peralatan dan materi sudah tersedia, selanjutnya simak langkah-langkah pembuatan boneka balita yang sudah saya lengkapi dengan gambar dan keterangan menyerupai yang ada di bawah ini.

Memiliki hobby menciptakan kerajinan tangan itu memang menyenangkan Cara Membuat Boneka Balita Lucu dari Kain Flanel
1. Dalam menciptakan boneka balita, pertama-tama siapkan polanya terlebih dahulu. Untuk ukuran silahkan diadaptasi dengan harapan anda. Gambar teladan bagian-bagian boneka menyerupai pada gambar. Pola boneka terdiri dari kepala, badan, kaki, tangan, rambut dan sepatu. Setelah teladan selesai digambar selanjutnya gunting teladan tersebut dan teladan siap diaplikasikan pada bahan.

2. Siapkan kain flanel untuk boneka. Pilih kain flanel yang warnanya menyerupai kulit manusia. Selanjutnya potong kain flanel berdasarkan bentuk teladan yang sudah dibuat.Untuk bab kepala, badan, kaki dan tangan, buatlah dua potongan. Selanjutnya potong untuk bab rambut depan dan belakang. Untuk bab sepatunya sanggup menyusul.

3. Setelah proses memotong selesai, selanjutnya gabungkan potongan-potongan teladan dengan cara menjahitnya dengan teknik tusuk feston. Untuk bab kepala boneka, menjahitnya hanya sebagian saja alasannya ialah pada bab atas disisakan untuk masuknya dakron. Demikian pula dengan bab tangan dan kaki juga bab badan.

Selanjutnya masukkan dakron pada lubang yang tidak dijahit. Untuk mudahnya memasukkan dakron, gunakan sumpit atau tusuk sate. Setelah itu gabungkan tubuh dan kepala dengan cara dilem tembak. Buat jahitan untuk menciptakan cekungan yang dipakai untuk memasang mata. Kemudian pasangkan matanya dengan cara dilem tembak. Tambahkan jahitan ditengahnya dengan benang putih.

Selanjutnya tutup bab kepala boneka dengan potongan bab rambut belakang dan poni. Jahit bab rambutnya dengan teknik tusuk feston. Setelah itu pasangkan bab kaki dan tangan pada tubuh boneka dengan cara dijahit feston.

4. Nah itu ia boneka flanel balitanya sudah jadi. Agar tampak lebih elok pasangkan anting-anting dari manik-manik.

5. Saatnya menciptakan baju boneka. Potong kain flanel bentuk persegi panjang untuk roknya. Selanjutnya buat wiru. Potong pula bab bajunya. Kemudian jahit pada bab pundak dan kedua sisi baju. Setelah itu tempelkan roknya dengan cara dilem tembak. Tutup sambungan dengan kain flanel. Untuk bab sepatu disini saya tidak jadi memakai menyerupai pada teladan kertas tapi menggantinya menyerupai pada gambar.

6. Jika baju sudah selesai dibuat, sebelum dipasangkan pada boneka pasangkan dulu sepatu boneka dengan cara dijahit dengan tusuk feston. Setelah itu pasangkan baju pada boneka. Rekatkan baju bab belakang dengan lem tembak.

Buat kuncir boneka dari potongan kain flanel kemudian pasangkan pada kepala. Hiasi dengan pita. Anda sanggup menambahkan bulu mata dengan spidol hitam.

Langkah terakhir yaitu menciptakan empeng haha. Tapi benar ya namanya empeng. Maaf kalau salah. Jika sudah, tempelkan empengnya maka proses pembuatan boneka balita selesai.

Bagaimana? gampang kan Cara Membuat Boneka Balita Lucu dari Kain Flanel? Boneka yang sudah kita buat selain untuk menambah koleksi mainan anak, juga sanggup dijadikan pajangan. Kiranya hingga disini saja ya apa yang sanggup saya bagikan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

0 Response to "Cara Menciptakan Boneka Balita Lucu Dari Kain Flanel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel