Cara Menciptakan Hiasan Bunga Mawar Dari Kain Perca Flanel

Saat ini banyak sekali kerajinan tangan yang dibentuk dari materi yang bermacam-macam pula. Pemanfaatan materi bekas masih mendominasi ilham kreatif. Kain perca ialah salah satu pola materi baku kerajinan yang banyak kita temui. Seperti yang kita tahu, kain perca ialah kain sisa guntingan dari proses pembuatan baju, tas, atau aneka kerajinan berbahan tekstil. Sejatinya kain perca tidak terbatas pada sisa guntingan dari pembuatan baju. Kain flanel yang dipakai untuk menciptakan kerajinan pastinya juga mempunyai sisa guntingan atau perca yang sanggup dimanfaatkan contohnya untuk menciptakan hiasan bunga mawar.

Hiasan Bunga Mawar Flanel

Mengenai artikel yang saya tulis ini, saya tidak tahu secara niscaya sudah berapa banyak yang memposting tutorial kerajinan mirip yang saya buat ini. Berguna atau tidak mempunyai kegunaan artikel ini, saya tetap menulis sebab sudah sering saya sampaikan bahwa menyebarkan pengalaman baik dan menyenangkan itu tidak dilarang. Apalagi yang saya tulis ini tutorial yang mungkin saja ada yang membutuhkan sebab memang masih pemula khususnya para pelajar yang menerima kiprah prakarya dari guru seni budaya dan keterampilan. Dan pola kerajianan bunga mawar mirip yang saya buat ini sanggup dijadikan referensi.

Saat ini banyak sekali kerajinan tangan yang dibentuk dari materi yang bermacam-macam pula Cara Membuat Hiasan Bunga Mawar dari Kain Perca Flanel

Bagaimana hiasan bunganya? Bagus kan? Seperti yang sering kita lihat, dikala ini kerajinan dari kain flanel memang sangat beragam. Kain flanel juga gampang didapat contohnya saja di toko materi kerajinan bahkan toko peralatan tulis sekarang juga menyediakan kain flanel. Jika dulu harga kain flanel sanggup dikatakan murah, namun dikala ini kain flanel yang dijual dalam bentuk lembaran kecil yang biasanya berukuran 30 x 30 cm atau 25 x 25 cm harganya tidak lagi murah meskipun masih sanggup dikatakan sangat terjangkau. Bisa jadi naiknya harga kain flanel ini dikarenakan semakin banyaknya konsumen yang memakai kain flanel sebagai materi baku kerajinan.

Membuat kerajinan ialah hobby saya semenjak dulu terutama yang berbahan dasar flanel. Banyaknya perca flanel sisa potongan dari banyak sekali kerajinan yang sudah saya buat masih tersimpan dalam kantong kresek. Ditambah dengan naiknya harga flanel menciptakan saya berpikir dua kali bila harus membeli materi baku sehingga ketika ingin menciptakan kerajinan lagi, saya lebih menentukan memakai percanya saja daripada membeli kain flanel baru.

Bukan maksud saya pelit, tapi memang prinsip ekonomi kan dengan modal sekecil-kecilnya untuk meraup laba yang sebesar-besarnya meskipun kerajinan yang saya buat tidak untuk dijual. Mungkin ada yang belum tahu, bunga mawar hias mirip yang saya buat ini pada situs jual beli dibanderol puluhan dollar loh. Harga yang terlalu mahal untuk orang yang notabene kantongnya pas-pasan mirip saya hehe.

Membuat Sendiri Hiasan Bunga Mawar yuk !

Setelah tahu harga yang ditawarkan pastinya kita akan berpikir kenapa tidak menciptakan sendiri saja. Padahal menciptakan hiasan bunga mawar flanel itu sangatlah gampang dan sederhana namun hasilnya sangat cantik. Tentunya bunga mawar yang kita buat nantinya sanggup dipakai untuk menghias ruangan semoga penghuninya semakin betah di rumah. Maka dari itu disini saya mengajak anda yang ingin mempercantik ruangan dengan bunga-bunga yang indah yang mana bunga-bunga manis tersebut dihasilkan oleh tangan kita sendiri.

Nah, ingin tahu kan proses pembuatan bunga mawar flanel mirip yang saya buat. Berikut ini saya bagi tutorial cara menciptakan bunga mawar flanel yang sudah saya lengkapi gambar dan keterangannya.

Saat ini banyak sekali kerajinan tangan yang dibentuk dari materi yang bermacam-macam pula Cara Membuat Hiasan Bunga Mawar dari Kain Perca Flanel

Untuk menciptakan bunga mawar flanel ini kita tidak begitu membutuhkan banyak materi dan peralatan. Yang perlu kita persiapkan ialah sebagai berikut.
Bahan
1. Kain flanel
2. Kawat
3. Pelipit bunga

Alat
1. Gunting
2. Lem tembak

Cara Membuat

1. Potong kain flanel bentuk lingkaran. Ukuran dan jumlah bunga sanggup diubahsuaikan dengan impian kita.

2. Setelah kita sanggup potongan kain flanel bentuk lingkaran, selanjutnya gunting pinggirnya membentuk mirip gerigi. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar.

3. Selanjutnya buat potongan melingkar mirip pola obat nyamuk namun bentuk potongan dibentuk bergerigi.

4. Jika sudah didapat potongan mirip pola oabat nyamuk, selanjutnya uraikan dan gulung dimulai dari ujung pecahan luar menuju ke dalam. Beri sedikit lem tembak pada sisi bawahnya. Gulung agak longgar namun usahakan rapat pada sisi bawahnya semoga mawar yang terbentuk sanggup merekah. Setelah gulungan mencapai final selanjutnya rekatkan pecahan pangkalnya di tengah-tengah bunga sebagai dudukan bunga.

5. Hasil bunga sehabis digulung. Bentuk bunga mirip pada gambar sanggup pribadi dipakai untuk bross atau jepit rambut. Untuk menghias ruangan, ada baiknya kita buat dalam jumlah lebih banyak dengan variasi warna-warna yang cerah.

6. Langkah selanjutnya yaitu menciptakan tangkai bunga, kelopak dan daun. Potong kawat untuk tangkai bunga dan daun. Setelah itu potong kain flanel bentuk mirip kelopak bunga dan daun. Untuk daun kita potong double sebab nantinya terdapat dua lembar potongan daun untuk satu helai daun. Pada gambar saya memakai kain flanel yang rencananya untuk membungkus tangkai kawat. Namun sehabis dipraktekkan, ternyata penggunaan kain flanel untuk membungkus tangkai kawat hasilnya tidak bagus sehingga saya menggantinya dengan pelipit bunga (solasi hijau dari kertas krep yang ada lemnya)

7. Setelah kawat, daun dan kelopak sudah tersedia, selanjutnya ambil dua potongan bentuk daun. Beri lem tembak di tengahnya selanjutnya letakkan kawat dan tutup dengan potongan daun yang satunya. Selanjutnya kita bungkus tangkai kawat dengan melilitkan pelipit bunga. Pasangkan tangkai daun dan lanjutkan melilitkan pelipit hingga ujung tangkai kawat dan tangkai bunga sudah jadi untuk selanjutnya siap dipasang pada bunga.

8. Langkah terakhir yaitu memasang bunga ke tangkai. Masukkan tangkai pada kelopak bunga yang sudah dilubangi tengahnya. Selanjutnya masukkan tangkai pada lubang bunga. Tekuk sedikit tangkai kawat yang dimasukkan tadi semoga tangkai tidak gampang lepas. Beri sedikit lem tembak dan tarik tangkainya ke bawah. Rekatkan bunga dengan pemberian tangan. Jangan lupa, beri sedikit lem tembak pada kelopak bunga kemudian rekatkan pada sisi bawah bunga. Jika sudah, maka jadilah setangkai bunga mawar flanel yang indah.


Jika anda ingin mengakibatkan mawar flanel untuk hiasan, maka buatlah beberapa kuntum bunga kemudian rangkai dan masukkan ke vas bunga atau gelas kaca. Dan balasannya mawar flanel sudah jadi dan siap dipajang di atas meja tamu, meja kerja maupun diletakkan di sudut ruangan.

Bagaimana? Mudahkan Cara Membuat Hiasan Bunga Mawar dari Kain Perca Flanel ? Jika anda berminat ingin membuatnya juga namun tidak mempunyai kain perca flanel, jangan kawatir. Anda sanggup membeli kain flanel di toko terdekat yang harga perlembarnya dijamin masih terjangkau. Pilih mana? Membuat sendiri dengan modal yang murah meriah dan niscaya irit, apa membeli bunga mawar flanel di situs jual beli yang harganya selangit. Up to you 😎

0 Response to "Cara Menciptakan Hiasan Bunga Mawar Dari Kain Perca Flanel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel