Kreasi Bunga Dari Kulit Jagung Plus Tutorial Cara Membuatnya

Jagung yaitu flora palawija yang ditanam oleh petani pada demam isu kemarau. Ketika demam isu panen datang biasanya hasil panen eksklusif dibawa pulang oleh pemiliknya. Selanjutnya jagung-jagung tersebut dikupas  bahu-membahu oleh orang-orang yang dipekerjakan. Bagi anda yang tinggal di pedesaan pastinya tidak absurd lagi dengan istilah oncek jagung yaitu bekerja mengupas kulit jagung hehee. Pada umumnya orang menganggap kulit jagung atau klobot yaitu sampah yang tidak mempunyai kegunaan meskipun ada juga yang memanfaatkannya untuk pakan sapi. Tidak hanya di halaman rumah petani, kulit jagung yang kelihatannya tidak berharga ini juga sering kita jumpai di pasar-pasar atau pada penjual jagung bakar.

Manfaat Klobot atau Kulit Jagung

Berbicara mengenai kulit jagung, mungkin hanya sebagian kecil saja orang yang tahu, jikalau ternyata lembaran-lembaran pembungkus tongkol jagung ini bisa disulap menjadi bunga-bunga elok yang menghasilkan omzet puluhan juta rupiah. Bahkan produk bunga yang dihasilkan dari materi kulit jagung sekarang sudah menembus pasar internasional.

Jagung yaitu flora palawija yang ditanam oleh petani pada demam isu kemarau Kreasi Bunga dari Kulit Jagung plus Tutorial Cara Membuatnya

Bagaimana mitra ?Apakah anda juga ingin mencoba peruntungan bisnis bunga dari kulit jagung ? Atau mungkin anda ingin menghias ruangan dengan bunga-bunga elok dari kulit jagung hasil kreasi sendiri ?

Jagung yaitu flora palawija yang ditanam oleh petani pada demam isu kemarau Kreasi Bunga dari Kulit Jagung plus Tutorial Cara Membuatnya
Berikut ini yaitu cara gampang menciptakan bunga dari kulit jagung yang mungkin bisa anda coba.
Untuk menciptakan bunga dari kulit jagung ini , alat dan materi yang diharapkan yaitu sebagai berikut.
1. Gunting
2. Setrika
3. Catok rambut
4. Tang untuk memotong kawat
5. Kulit Jagung
6. Cat akrilik
7. Kertas pola
8. Lem
9. Kawat
10.Kertas  pelipit

Cara Membuat Bunga dari Kulit Jagung

Jagung yaitu flora palawija yang ditanam oleh petani pada demam isu kemarau Kreasi Bunga dari Kulit Jagung plus Tutorial Cara Membuatnya
Agar akhirnya bagus, pilihlah kulit jagung yang utuh kemudian rebus kulit jagung selama kurang lebih satu jam. Atau anda bisa juga menggunakan kulit jagung rebus. Kemudian kulit jagung yang sudah direbus tadi ditiriskan dan dikeringkan, menjemurnya cukup diangin-anginkan saja, jangan dijemur di bawah sinar matahari eksklusif sebab bisa menjadikan kulit jagung pecah.

Di bawah ini yaitu proses pembuatan secara detail menurut gambar.
1. Setelah kulit jagung kering kemudian disetrika. Usahakan suhu setrika jangan terlalu panas. Tujuan menyetrika disini semoga kulit jagung tidak berkerut.

2. Selanjutnya gunting kertas untuk contoh .Kita buat contoh dengan bentuk yang paling gampang dulu.

3. Selanjutnya gunting kulit jagung sesuai pola. Untuk menciptakan bunga satu tangkai biasanya diharapkan 6 hingga 8 helai mahkota bunga.

4. Beri warna mahkota bunga dengan cat akrilik. Penggunaan cat akrilik bertujuan semoga bunga abadi dan tahan lama. Jika tidak ada cat akrilik bisa menggunakan pewarna masakan atau pakaian.

5. Setelah cat kering, kemudian lengkungkan mahkota bunga dengan menggunakan catok rambut. Catok rambut yang dipanaskan ini mempunyai kegunaan untuk meratakan pewarna semoga bunga tampak alami.

6. Ambil satu-persatu helai mahkota bunga, beri lem di tengah-tengah mahkota bunga penggalan bawah kemudian tempelkan tangkai kawat yang sudah dipotong.




7. Langkah berikutnya yaitu merangkai mahkota bunga. Ambil satu-persatu mahkota bunga yang sudah ditempeli kawat. Rangkai dengan cara melingkar.

8. Lanjutkan merangkai semua helai mahkota bunga hingga membentuk bunga sambil ditekan-tekan semoga kawat semakin melekat. Selanjutnya buat benang sari dari kulit jagung untuk menutupi kawat yang dilem. Kemudian pilin tangkai kawat dengan rapi dan bungkus pilinan kawat dengan kertas pelipit warna hijau.

9. Selesai. Bunga dari kulit jagung sudah jadi dan siap menghias ruangan.



Ternyata berkarya itu tidak harus menggunakan materi mahal apalagi susah didapat. Cukup manfaatkan materi yang ada di sekitar kita untuk menghasilkan sesuatu yang menarik dan bisa memikat hati banyak orang.

Demikianlah kreasi bunga dari kulit jagung plus tutorial cara membuatnya. Sebenarnya masih banyak bentuk-bentuk bunga dari kulit jagung yang lebih bagus dan menarik. Bentuk bunga menyerupai yang ada pada tutorial di atas yaitu yang paling mudah dan gampang proses pembuatannya.

Oke deh, selamat berkarya ya. Siapa tahu limbah kulit jagung yang tadinya tidak mempunyai kegunaan ternyata bisa menjadi ladang penghasilan gres bagi anda.

0 Response to "Kreasi Bunga Dari Kulit Jagung Plus Tutorial Cara Membuatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel