Cara Gampang Menciptakan Amplop Unik Dari Kain Flanel

Masih dalam rangka menciptakan amplop lebaran. Kali ini penulis ingin berbagi cara gampang menciptakan amplop unik dari kain flanel. Amplop model kelinci yang pastinya amplop ini nantinya bisa digunakan pada ketika lebaran Idhul Fitri. Proses menciptakan amplop ini cukup gampang sebab tidak diharapkan proses menjahit. Cukup gunakan lem tembak atau lem fox.

Amplop Unik dari Kain Flanel

Jika biasanya kita harus membeli amplop untuk salam tempel. Tidak ada salahnya jikalau kita mencoba membuatnya sendiri. Umumnya amplop yang dijual di pasaran terbuat dari materi kertas bergambar yang lucu-lucu. Namun ada juga amplop yang dibentuk dari kain spunbond. Kalau berdasarkan saya, amplop yang dibentuk dari kain spunbond cocoknya diberikan kepada orang yang lebih renta atau orang yang sudah lanjut usia sebab amplop model menyerupai itu kurang menarik di mata anak-anak.

Lantas bagaimana menciptakan amplop yang manis dan menarik? Caranya yaitu dengan menciptakan amplop sendiri dari materi kain flanel menyerupai yang sudah aku sebutkan tadi. Meskipun materi yang digunakan agak sedikit mahal jikalau dibandingkan dengan materi kertas, namun amplop yang terbuat dari materi kain flanel akan jauh lebih infinit dan bisa digunakan untuk dompet. Lain halnya dengan amplop kertas yang sekali dibuka pribadi sobek. Setelah uang diambil, amplop lucu pun harus berpindah ke daerah sampah.

Kalau saja amplopnya menyerupai gambar di bawah ini, apa mungkin masih tega membuangnya pribadi ke daerah sampah sesudah mengambil isinya?

Masih dalam rangka menciptakan amplop lebaran Cara Praktis Membuat Amplop Unik dari Kain Flanel

Memang kalau dipikir-pikir model amplop itu tolong-menolong tidak terlalu penting sebab yang lebih penting yaitu isinya. Namun tidak ada salahnya jikalau kita berusaha untuk memperlihatkan kesan yang lebih bermakna pada ketika menyebarkan kebahagiaan dengan bawah umur salah satunya dengan memberi angpau atau amplop unik plus isinya yang diubahsuaikan dengan kemampuan tentunya. Dijamin bawah umur akan semakin senang. Dan yang memberi amplop pun akan menerima pahala yang berlipat ganda sebab sudah menciptakan orang lain bahagia.

Cara Praktis Membuat Amplop Unik

Untuk menciptakan amplop unik ini kita hanya membutuhkan materi dan peralatan yaitu kain flanel, velcro, mata boneka, gunting, dan lem tembak.

Masih dalam rangka menciptakan amplop lebaran Cara Praktis Membuat Amplop Unik dari Kain Flanel

1. Pertama-tama siapkan beberapa lembar kain flanel selanjutnya kita buat teladan amplop terlebih dahulu. Buat teladan amplop memakai kertas yang agak tebal bisa memakai kertas karton, kertas manila, maupun kertas sampul. Pola digambar dulu memakai pensil. Ada tiga penggalan teladan menyerupai pada gambar.

Potong teladan yang sudah dibentuk tadi. Untuk ukurannya yaitu panjang (tinggi) amplop 11 cm, lebar penggalan bawah 10 cm, dan yang atas 8 cm. Untuk tutup amplop, ukuran panjangnya (tinggi) 8 cm dan lebarnya 6 cm. Telinga kelinci berukuran panjang 4 cm dan lebar 2 cm.

2. Langkah selanjutnya terapkan teladan pada kain flanel. Potong kain flanel berdasarkan pola. Gunting sedikit di tengah-tengah sisi amplop menyerupai pada gambar untuk lipatan.

3. Langkah berikutnya potong lagi kain flanel dengan warna kain yang berbeda untuk penggalan tutup amplop dan indera pendengaran kelinci. Dan balasannya bagian-bagian amplop tampak menyerupai pada gambar.

4. Langkah selanjutnya tempelkan penggalan telinga. Gunakan lem tembak atau lem fox menyerupai pada gambar.

5. Setelah itu beri lem tembak dan tempelkan tutup amplop tadi sempurna pada tepi amplop dengan posisi lengkungan tutup amplop berada di atas.

6. Beri lem pada kedua tepi amplop dan lipat ke atas kemudian tempelkan. Tekan-tekan dengan lembut semoga lem melekat dan balasannya bagus.

7. Itulah penampakan hasil pengerjaan amplop unik dari kain flanel dan kita lanjutkan proses berikutnya.

8. Langkah selanjutnya yaitu memasang velcro yang berfungsi untuk kancing amplop. Setelah itu tempelkan pada body dan tutup amplop.

9. Langkah selanjutnya yaitu menciptakan hidung, mulut, dan gigi kelinci. Setelah itu tempelkan pada tutup amplop. Tempelkan juga sepasang mata boneka. Selesai.

Demikianlah Cara Praktis Membuat Amplop Unik dari Kain Flanel. Selamat mencoba. Buat yang banyak untuk digunakan sendiri atau untuk peluang perjuangan di bulan mulia :)

0 Response to "Cara Gampang Menciptakan Amplop Unik Dari Kain Flanel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel