Cara Gampang Menciptakan Baju Boneka Dari Kain Flanel

Bagi sebagian orang, mengisi waktu luang dengan berkarya dapat menjadi solusi ampuh untuk menghilangkan kejenuhan sekaligus sebagai hiburan. Bagaimana tidak, di ketika yang lain sedang menikmati kesenangan di luar sana, kita malah asyik di rumah, khusyuk menciptakan kerajinan tangan.

Membuat Baju Boneka

Rasanya tidak pernah bosan untuk terus berkarya. Senang sekali jikalau apa yang kita hasilkan dapat menciptakan hati merasa puas. Meskipun ada yang menilainya biasa saja, tapi bagi saya ini sungguh luar biasa. Apalagi bagi pemula menyerupai saya, yang berguru nya hanya autodidak. Bisa menciptakan baju sendiri dengan gampang itu sungguh menyenangkan meskipun hanya berupa baju boneka dari kain flanel.

Seperti ini loh penampakan nya ...

 mengisi waktu luang dengan berkarya dapat menjadi solusi ampuh untuk menghilangkan kejenuh Cara Praktis Membuat Baju Boneka dari Kain Flanel

Bagaimana? bagus kan? Sayangnya baju tersebut berukuran mini. Tapi percayalah, jikalau proses menciptakan baju atasan yang agak menyerupai dengan jaket ini kurang lebih caranya sama menyerupai pada tutorial cara menciptakan baju boneka kali ini.

Anda juga dapat membuatnya kok. Coba saja kalau contohnya anda juga membuatnya tapi dengan ukuran yang sebenarnya. Pasti bajunya dapat digunakan adik bayi atau pun balita anda. Dijamin si dedek tambah bagus deh...

Cara Membuat Baju dari Kain Flanel

Untuk menciptakan baju boneka dari kain flanel ini, kita perlu mempersiapkan materi dan peralatan diantaranya ialah : kertas untuk pola, kain flanel, kancing baju, jarum dan benang, pendedel benang, serta lem tembak.

Step by step menciptakan baju

 mengisi waktu luang dengan berkarya dapat menjadi solusi ampuh untuk menghilangkan kejenuh Cara Praktis Membuat Baju Boneka dari Kain Flanel

1. Ukur dulu boneka anda kemudian buat gambar contoh dasar baju boneka ialah contoh bab depan, belakang, contoh krah, dan contoh lengan. Untuk contoh dasar baju dapat dibentuk pada kertas hvs atau kertas koran.

2. Selanjutnya terapkan contoh dasar baju pada kain flanel dan gunting kain flanel tersebut berdasarkan gambar pola. Untuk baju bab depan dan bab lengan, potong sebanyak 2 buah.

3. Langkah selanjutnya, satukan baju bab depan dengan baju bab belakang dengan menjahitnya pada bab bahu.

4. Langkah berikutnya ialah menjahit krah baju pada bab kerung leher. Beri jarak kira-kira 0,5 cm dari tepi biar nantinya posisi baju bab depan dapat menumpuk ketika dihubungkan dengan kancing dan posisi krah baju dapat rapi.

Setelah menjahit krah selesai selanjutnya luruskan krah ke atas dan jahit tindas mengikuti kerung leher biar krah dapat dilipat ke bawah.

 mengisi waktu luang dengan berkarya dapat menjadi solusi ampuh untuk menghilangkan kejenuh Cara Praktis Membuat Baju Boneka dari Kain Flanel

5. Langkah selanjutnya ialah menjahit bab lengan baju pada kerung lengan. Setelah kedua lengan tersambung pada baju selanjutnya jahit tepi baju untuk menggabungkan baju bab depan dan belakang. Cara menjahit nya dapat dimulai dari ujung lengan kemudian dijahit hingga ujung baju bab bawah. Lakukan hal yang sama untuk menjahit sisi yang satunya.

6. Setelah proses menjahit selesai selanjutnya balikkan kedua lengannya sehingga terbentuklah baju menyerupai yang diinginkan. Sampai di sini pembuatan baju sudah mendekati proses finishing.

7. Agar baju tampak menyerupai baju yang sebenarnya, jangan lupa untuk memasang kan kancing baju. Setelah itu buat lubang kancing dengan pendedel benang. Jika tidak ada pendedel benang dapat memakai gunting. Hati-hati ketika menciptakan lubang kancing. Jangan terlalu panjang merobek nya. Sesuaikan saja dengan diameter kancing baju.

8. Langkah terakhir ialah menciptakan hiasan mawar gulung dari flanel. Setelah itu pasangkan mawar gulung tadi pada baju yang sudah jadi sebagai aksesoris.

Bagaimana? Praktis kan. Saya yakin anda juga dapat membuatnya dari materi lain selain flanel. Kiranya cukup sekian dulu ya artikel perihal Cara Praktis Membuat Baju Boneka dari Kain Flanel. Semoga bermanfaat. Dan selamat mencoba.

0 Response to "Cara Gampang Menciptakan Baju Boneka Dari Kain Flanel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel