Ide Kreatif Menciptakan Media Pembelajaran Matematika

Media pembelajaran merupakan sebuah sarana yang dipakai dalam proses mencar ilmu mengajar. Media pembelajaran Matematika sangat mempunyai kegunaan bagi guru dan siswa dikala proses mencar ilmu mengajar sedang berlangsung. Tanpa media pembelajaran sanggup jadi pelajaran Matematika akan sangat membosankan. Oleh alasannya yaitu itu dibutuhkan solusi cerdas untuk mengatasi rasa jenuh ketika sedang mencar ilmu Matematika. Banyak sekali media pembelajaran Matematika, salah satunya yaitu ...

Media Pembelajaran Perkalian

Tidak sanggup dipungkiri, Matematika memang terkadang begitu menjemukan bagi sebagian siswa. Mungkin alasannya yaitu Matematika bersifat abstrak. Bagi siswa yang masih duduk di dingklik sekolah dasar, berpikir secara abnormal merupakan hal yang sulit. Oleh alasannya yaitu itu, dibutuhkan sarana yang sanggup membantu siswa membayangkan hal yang abnormal melalui benda konkret. Dalam pembelajaran perkalian misalnya, seringkali anak merasa bosan dengan pembelajaran yang monoton. Oleh alasannya yaitu itu dibutuhkan media pembelajaran Matematika berupa alat peraga.



Sekarang ini aneka macam media pembelajaran khususnya Matematika yang sanggup dipakai untuk memudahkan siswa dalam memahami pelajaran Matematika. Seorang guru harus mempunyai inspirasi kreatif dan pandai menentukan media pembelajaran yang sanggup menarik perhatian dan minat siswa dalam belajar. Memang tidak simpel untuk menentukan media pembelajaran untuk pelajaran Matematika, tapi setidaknya kita wajib berusaha, mencari, hingga menemukan media pembelajaran yang sempurna dan mempunyai kegunaan bagi guru dan siswa.

Untuk mendapat media pembelajaran Matematika kini bukan hal yang sulit alasannya yaitu kita sanggup menciptakan media pembelajaran Matematika dari materi yang sangat sederhana. Media pembelajaran yang dimaksud disini yaitu media pembelajaran perkalian untuk pemula. Disebut pemula dikarenakan mereka gres mengenal perkalian dan biasanya mereka ini yaitu siswa yang duduk di dingklik kelas dua sekolah dasar.

Kita tahu, betapa Matematika seringkali menjadi momok yang seram bagi sebagian siswa. Ketika mencar ilmu berhitung, umumnya anak akan cepat merasa bosan alasannya yaitu cara berhitungnya begitu-begitu saja. Namun bagaimana bila mencar ilmu Matematika nya sambil bermain, tentu ini merupakan hal yang sangat mengasyikkan bukan? Dengan media pembelajaran mirip di bawah ini, aku pastikan anak akan lebih antusias mencar ilmu berhitung perkalian. Media pembelajaran mirip ini telah terbukti efektif dan selalu dipakai oleh belum dewasa di LBB yang kami kelola.

Media pembelajaran merupakan sebuah sarana yang dipakai dalam proses mencar ilmu mengajar Ide Kreatif Membuat Media Pembelajaran Matematika

Media pembelajaran tersebut dibentuk dari kertas bufallo atau kertas origami. Media pembelajaran ini dibentuk mirip buah-buahan yaitu apel, jeruk, mangga, pisang dan buah cerry. Cara menggunakannya yaitu dengan memperhatikan angka berapa yang akan dikalikan. Kaprikornus kita tetap memakai konsep perkalian mirip yang diajarkan di sekolah.

Bagaimana? Anda tertarik ingin menciptakan media pembelajaran perkalian untuk anak atau siswa-siswi anda? Berikut ini caranya. Praktis dan sederhana kok.

Cara Membuat Media Pembelajaran

Siapkan kertas karton dari bekas kotak masakan ringan bagus untuk referensi gambar, kertas bufallo atau kertas origami, lem kertas dan gunting. Selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut ini ...

Media pembelajaran merupakan sebuah sarana yang dipakai dalam proses mencar ilmu mengajar Ide Kreatif Membuat Media Pembelajaran Matematika

1. Gambarlah buah apel, jeruk, mangga, pisang, dan cerry pada kertas yang agak tebal selanjutnya gambar digunting. Gambar ini dipakai untuk pola. Jika memakai kertas bufallo, anda sanggup eksklusif menerapkan pada kertas bufallo dengan cara digunting rangkap (dua-dua). Jika memakai kertas origami, maka dibutuhkan kertas karton semoga buah-buahannya agak tebal dan tidak simpel rusak.

2. Setelah kertas dipotong berdasarkan gambar maka kita akan mendapat potongan kertas berbentuk buah apel dan jeruk, kita buat satu-satu. Buah mangga kita buat dua dompol. Sedangkan buah pisang kita buat tiga, empat, dan lima. Untuk buah cerry kita buat tujuh buah dan semuanya dipotong rangkap (dua-dua). Kita buat juga tangkai dan daunnya.

3. Langkah selanjutnya yaitu menempelkan potongan -potongan kertas tersebut pada tangkai sehingga terbentuklah buah-buahan mirip yang kita inginkan.



4. Karena buah-buahan ini akan dipakai untuk mencar ilmu perkalian, maka buatlah masing-masing sebanyak sepuluh buah. Untuk perkalian dengan angka 6, gunakan 2 buah pisang yang jumlahnya tiga. Untuk perkalian dengan angka 8, gunakan 2 buah pisang yang jumlahnya empat. Untuk perkalian dengan angka 9, gunakan buah pisang yang jumlahnya empat dan lima.

Itulah Ide Kreatif Membuat Media Pembelajaran Matematika yang sanggup aku sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Ide Kreatif Menciptakan Media Pembelajaran Matematika"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel