Tutorial Menciptakan Kanzashi Kupu-Kupu Dari Kain Perca

Untuk para hijaber yang ingin tampil anggun, tampaknya bross kanzashi yaitu aksesoris yang sempurna untuk mempercantik kerudung anda. Kanzashi yang mulanya berupa bunga dari kain atau pita yang dilipat-lipat dan dipakai untuk hiasan rambut para geisha di Jepang, sekarang menjadi animo aksesoris di tanah air. Bukan hanya sekedar sebagai hiasan rambut, kanzashi banyak dipakai sebagai aksesoris anggun yaitu bross.

Kanzashi Kupu-kupu

Setelah menciptakan kreasi bunga kanzashi, pada kesempatan kali ini kembali penulis akan membagikan pengalaman menciptakan kanzashi bentuk kupu-kupu. Dan berikut ini penampakan kanzashi kupu-kupu dari kain perca yang dapat dikreasikan menjadi bross.

Untuk para hijaber yang ingin tampil anggun Tutorial Membuat Kanzashi Kupu-kupu dari Kain Perca

Bagaimana? Bagus kan? Untuk mempunyai bross yang anggun itu tak harus membeli dengan harga yang mahal. Cukup manfaatkan kain perca yang ada, selanjutnya lipat dan lipat lalu rangkai supaya menjadi bross kanzashi kupu-kupu yang indah.

Mungkin bagi anda yang gres mengenal istilah kanzashi, niscaya bertanya-tanya apa sih kanzashi itu. Dan sesudah mengetahui kanzashi itu ternyata teknik melipat kain, niscaya anda menduga bahwa menciptakan kanzashi itu sulit. Awalnya aku juga berpikir demikian. Tapi nyatanya sesudah mengetahui cara menciptakan dan mempraktekkan secara eksklusif bergotong-royong cukup gampang dan sederhana. Untuk anda yang ingin menambah koleksi bross, anda dapat membuatnya sendiri.

Penasaran ingin tahu bagaimana cara menciptakan kanzashi kupu-kupu mirip yang aku buat? Berikut ini aku bagikan tutorialnya. Simak baik-baik ya...

Cara Membuat Kanzashi Kupu-kupu

Untuk menciptakan kanzashi kupu-kupu ini, kita hanya membutuhkan kain perca satin. Mengapa kain satin yang dipilih? Karena menciptakan kanzashi niscaya ada proses memotong dan membakar. Dan kain satin yaitu kain yang tepat. Selain mengkilap, kain satin mempunyai keistimewaan yang tidak dimiliki kain jenis lain yaitu dikala dibakar, kain akan menempel dan menyatu. Oke deh, untuk lebih jelasnya berikut ini materi dan peralatan yang diperlukan.

Bahan dan peralatan
1. Kain perca satin
2. Kain katun sebagai kombinasi
3. Putik imitasi
4. Kain flanel
5. Manik-manik/ kancing hias
6. Peniti bross
7. Lilin
8. Lem Tembak.
9. Jarum + Benang
10. Gunting

Jika semua materi dan peralatan sudah disiapkan, anda tinggal mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Untuk para hijaber yang ingin tampil anggun Tutorial Membuat Kanzashi Kupu-kupu dari Kain Perca

1. Potong kain satin berbentuk dua persegi agak besar dan dua bulat untuk membentuk sayap atas dan bawah. Sedangkan kain katun dipotong bentuk persegi lebih kecil untuk kombinasi sayap atas. Buatlah juga serpihan kain satin berbentuk persegi dan bulat yang lebih kecil lagi untuk tubuh dan ekor kupu-kupu.

2. Selanjutnya lipat menjadi dua kain satin bentuk bulat tadi. Lipat beberapa lipatan mirip menciptakan kipas sehingga membentuk ibarat mahkota bunga. Agar lipatan tidak berubah, jahit lipatannya. Selanjutnya lipat kain katun kombinasi sayap dengan melipat menjadi bentuk segitiga. Untuk bab ini, supaya lipatan tidak berubah dan tetap rapi, jahit lipatannya. Lipat kain satin yang berbentuk persegi yang besar tadi dengan melipat menjadi bentuk segitiga selanjutnya sematkan jarum pentul.

3. Langkah berikutnya yaitu menggunting pada bab sisi bawah yang dilipat tadi supaya rapi lalu membakarnya. Setelah dibakar, tekan-tekan bab ujung dan bawahnya supaya menempel. Untuk sayap atas, pada bab bawah potong lurus sehingga membentuk lubang lalu bakar pinggirnya supaya serat kain tidak terburai.

4. Kita lanjutkan membentuk tubuh dan ekor kupu-kupu. Lipat menjadi dua serpihan kain satin yang berbentuk bulat agak kecil tadi. Selanjutnya lipat lagi menjadi bentuk melengkung. Untuk bab ekor, lipat menjadi bentuk segitiga. Setelah itu kita lanjutkan dengan merapikan bab bawah dengan cara menggunting dan membakarnya.

5. Langkah selanjutnya yaitu merangkai semua bab sayap, tubuh dan ekor menjadi bentuk ibarat kupu-kupu. Selanjutnya potong kain flanel berbentuk mirip pada gambar untuk bantalan kanzashi kupu-kupu. Kemudian tempelkan kupu-kupu pada kain flanel tadi. Selipkan putik imitasi dan pasangkan kancing hias atau manik-manik di tengah-tengah kanzashi kupu-kupu.

6. Nah, itu beliau hasilnya. Kanzashi kupu-kupu anggun dari kain perca. Kita tinggal memasang peniti di bawahnya kalau ingin dipakai sebagai bross.

Demikianlah Tutorial Membuat Kanzashi Kupu-kupu dari Kain Perca yang dapat aku bagikan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

0 Response to "Tutorial Menciptakan Kanzashi Kupu-Kupu Dari Kain Perca"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel