Mendaur Ulang Sampah Menjadi Dompet Pensil Unik

Ketika mencuci tentunya kita ingin hasil cucian tidak hanya higienis tetapi juga wangi. Sedangkan untuk menghasilkan cucian yang busuk detergent saja tidak cukup sehingga pewangi pakaian dipakai untuk mengharumkan cucian.

Ada berbagai pewangi pakaian yang dijual dengan kemasan sachet, botol dan plastik. Biasanya sehabis habis, kemasan sachet atau kemasan jumbo yang berukuran 1000 ml langsug dibuang begitu saja alasannya ialah dianggap sebagai sampah yang tidak berguna. Mungkin banyak yang belum tahu jikalau kemasan-kemasan plastik tersebut bisa dimanfaatkan sebagai materi untuk menciptakan kreasi yang unik. Sebenarnya tidak hanya kemasan pewangi saja yang bisa didaur ulang. Ada banyak produk yang memakai kemasan homogen dan kita bisa mendaur ulang sampah kemasan tersebut salah satunya menjadi dompet pensil yang unik.

Ketika mencuci tentunya kita ingin hasil cucian tidak hanya higienis tetapi juga busuk Mendaur Ulang Sampah Menjadi Dompet Pensil Unik

Mungkin kita pernah melihat ada banyak kerajinan yang bisa dihasilkan dari limbah plastik mulai dari yang gampang hingga yang rumit. Ada yang sangat unik tapi prosesnya begitu sulit alasannya ialah harus menggabung-gabungkan beberapa belahan kemasan dengan cara dianyam. Namun jikalau cara pengolahan limbah plastik menyerupai yang saya lakukan ini, yaitu menciptakan dompet pensil, saya yakin anda pun juga bisa. Selain untuk dipakai sendiri, dompet pensil dari kemasan pewangi pakaian menyerupai ini bisa diberikan kepada anak dan pasti mereka pasti akan bahagia menggunakannya alasannya ialah unik dan tidak dijual di toko sehingga teman-temannya tidak ada yang punya.

Bagaimana? Ingin mendaur ulang sampah menjadi dompet pensil yang gampang dibentuk dan pasti unik? Berikut ini caranya.

Proses Membuat Dompet Pensil

Untuk menciptakan dompet pensil, anda hanya membutuhkan kemampuan menjahit tingkat dasar. Tidak punya mesin jahit tidak dilema alasannya ialah anda cukup menjahitnya dengan tangan. Bahkan jikalau seandainya menjahit dengan tangan pun anda juga tidak bisa, cukup gunakan lem saja untuk membuatnya. Tapi kalau hanya dilem, tentu balasannya kurang berpengaruh dan gampang lepas.

Namun sebelum memulainya, siapkan beberapa alat dan materi berikut ini:
1. Kemasan pewangi pakaian
2. Resleting (panjang diubahsuaikan kebutuhan)
3. Jarum dan benang
4. Gunting

Ketika mencuci tentunya kita ingin hasil cucian tidak hanya higienis tetapi juga busuk Mendaur Ulang Sampah Menjadi Dompet Pensil Unik

1. Siapkan kemasan pewangi pakaian yang sudah dibersihkan. Pada tutorial ini yang dipakai ialah kemasan pewangi pakaian ukuran 1000 ml. Anda bisa memakai kemasan lain yang sejenis.

2. Selanjutnya potong bab sisi kanan dan kiri, atas dan bawah sehingga menjadi 2 lembar belahan yang sama ukurannya. Siapkan jarum dan benang juga resleting. Untuk resleting, anda bisa memakai resleting baju baik gres maupun bekas. Namun jikalau ada, anda bisa memakai resleting meteran. Untuk ukuran resleting, sesuaikan dengan ukuran dompet pensil yang diinginkan.

3. Lipat tepi kemasan kira-kira 1 cm.  Sematkan jarum pentul supaya lipatan tidak bergeser atau anda bisa memakai proteksi lem. Setelah itu jahit resleting menindas lipatan. Jahit saja lurus.

4. Lakukan hal yang sama untuk bab kemasan yang satunya sehingga resleting sekarang sudah terpasang dengan rapi.

5. Penampakan bab dalam dompet yang sudah dipasang resleting.

6. Jika sudah selesai memasang resleting, selanjutnya jahit bab pinggir kanan dan kiri kemasan juga bab bawahnya. Untuk menghindari kesalahan saat menjahit, yang perlu anda lakukan yaitu menandai dengan menciptakan teladan terlebih dahulu. Gunakan penggaris dan bolpoint untuk menciptakan pola.

7. Langkah terakhir yaitu menciptakan sudut. Ukur kira-kira 3 cm dari tepi lalu jahit lurus pojok bawah sehingga membentuk menyerupai segitiga. Setelah itu balikkan bab dalam kemasan sehingga berada di luar.

8. Dan itulah dompet pensil hasil dari daur ulang sampah kemasan pewangi pakaian.

Bagaimana? Praktis bukan Mendaur Ulang Sampah Menjadi Dompet Pensil Unik? Semoga bermanfaat dan menginspirasi siapa saja yang ingin berkarya.

0 Response to "Mendaur Ulang Sampah Menjadi Dompet Pensil Unik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel