Cara Menciptakan Kreasi Ikan Dari Pita Kado

Hallo readers... kembali lagi dengan tutorial kerajinan. Kali ini materi yang kami gunakan ialah pita plastik atau yang lebih dikenal dengan nama pita kado.

Membuat Kreasi Ikan

Seperti yang kita tahu, pita plastik atau pita kado ini bisa dipakai untuk menciptakan aneka macam hiasan dengan aneka macam cara. Pita kado mempunyai warna yang beraneka ragam. Umumnya pita kado dipakai untuk menciptakan aksesoris dalam bentuk pita yang ditempelkan pada baju ketika program perpisahan di sekolah. Dan yang paling umum, pita plastik ini dipakai untuk menghias kado.

Jika selama ini pita plastik lebih sering dipakai untuk menghias kado, bagaimana kalau pita plastik tersebut kita jadikan kreasi yang lebih menarik lagi salah satunya bentuk ikan yang lucu menyerupai gambar di bawah ini.

 kembali lagi  dengan tutorial kerajinan Cara Membuat Kreasi Ikan dari Pita Kado
Jika sebelumnya di blog ini sudah memposting cara menciptakan ikan dari kertas, sekarang kami mencoba membuatnya dari materi dan cara yang sedikit berbeda dari sebelumnya. Kreasi ikan dari pita kado ini nantinya bisa dipakai sebagai hiasan gantung maupun gantungan kunci. Cara menciptakan kreasi ikan ini juga sangat gampang dan bisa dipraktekkan oleh siapa saja termasuk anak-anak.

Berikut ini kami share pengalaman menciptakan kreasi ikan dari pita kado dalam bentuk rangkaian gambar berurutan yang dilengkapi dengan keterangannya sebagai klarifikasi dari gambar. Namun sebelum menciptakan kreasi ikan ini, alangkah baiknya kita persiapkan dulu bahan-bahan dan peralatannya sebagai berikut.
1. Pita kado 2 warna
2. Dakron
3. Lem tembak
4. Gunting
5. Mata boneka

Setelah bahan-bahan dan peralatan sudah tersedia, selanjutnya ikuti langkah-langkah pembuatan kreasi ikan menyerupai di bawah ini.

 kembali lagi  dengan tutorial kerajinan Cara Membuat Kreasi Ikan dari Pita Kado
1. Sediakan dua pita kado dengan warna yang berbeda. Silahkan pilih warna sesuai dengan selera anda. Pada tutorial ini kami memakai pita kado warna ungu dan oranye. Pita kado disini berukuran lebar 2 cm. Setelah pita kado tersedia selanjutnya potong pita kado tersebut masing-masing berukuran 20 cm sehingga didapat 6 potong pita kado.

2. Selanjutnya lipat semua pita kado sempurna di tengahnya dengan lipatan yang sama.

3. Setelah itu gunting bab tengah semua pita hingga menjadi 2 bagian. Jangan digunting semua tetapi digunting dan dibelah kira-kira sepanjang 5-6 cm.

4. Kini saatnya menganyam pita-pita yang sudah dibelah tadi. Pertama-tama masukkan belahan pita orange pada belahan pita ungu.

5. Kemudian masukkan belahan pita orannye ke dalam belahan pita ungu dengan posisi pita ungu sekarang menjepit pita oranye.

6. Masukkan lagi belahan pita oranye ke dalam belahan pita ungu kemudian tarik sedikit dan masukkan pita oranye sehingga posisi pita oranye mengait pada pita ungu.

7. Sekarang sudah terjalin anyaman dari 2 pita ialah pita oranye dan ungu. Selanjutnya geser anyaman hingga pada batas belahan.

8. Sekarang kita akan melanjutkan menganyam pita oranye berikutnya. Sama menyerupai sebelumnya, lakukan anyaman yang sama persis.

9. Selanjutnya balikkan posisi anyaman dan masukkan pita ungu dan anyam menyerupai sebelumnya sehingga anyaman berselang-seling. Rapatkan anyaman dengan rapi. Masukkan lagi pita ungu dan anyam dengan cara yang sama kemudian balikkan dan masukkan pita oranye dan anyam sehingga semua pita sekarang sudah terjalin menjadi anyaman yang saling terkait. Jangan lupa rapatkan lagi dan rapikan.

 kembali lagi  dengan tutorial kerajinan Cara Membuat Kreasi Ikan dari Pita Kado
10. Dan itulah hasil anyaman 6 potong pita namun belum nampak menyerupai bentuk ikan sehingga dibutuhkan proses selanjutnya.

11. Untuk membentuk ikan, langkah berikutnya ialah mengisi dengan dakron. Usahakan semoga anyaman tersebut tidak terlalu berisi, tapi isi dakron secukupnya saja yang penting ikan tampak lebih menggembung semoga ikan menjadi bentuk tiga dimensi alias tidak gepeng.

12. Setelah simpulan mengisi dakron, saatnya mengelem. Pastikan semua sisinya dilem. Kemudian potong ke enam ujung pita plastik untuk membentuk sirip dan ekor ikan. Rekatkan lagi dengan lem. Setelah simpulan semua, sekarang saatnya memasang mata boneka pada kedua sisi anyaman.

13. Dan ikan dari pita kado pun sudah jadi. Buatlah beberapa ikan dari pita kado dengan variasi warna yang berbeda. Pasangkan benang jikalau anda ingin menjadikannya sebagai hiasan gantung. Kreasi ikan ini juga bisa dijadikan gantungan kunci.

Itulah Cara Membuat Kreasi Ikan dari Pita Kado. Kegiatan menyerupai ini hanya sekedar untuk mengisi waktu luang di rumah dan tentunya bisa sangat berguna. Membuat kreasi ikan menyerupai ini juga bisa diajarkan kepada putra-putri anda yang kebetulan sedang mendapat kiprah prakarya.

Sekian dulu ya artikel dari kami. Semoga tutorial yang ada disini bisa menjadi ilham dan menambah wawasan anda sekalian. Mari berkreasi dan terus asah kemampuan diri semoga kita menjadi eksklusif yang lebih kreatif hehe. Nantikan kreasi-kreasi kami berikutnya. Sampai jumpa dan terima kasih.

0 Response to "Cara Menciptakan Kreasi Ikan Dari Pita Kado"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel