Tutorial Menciptakan Ikat Rambut Bagus Dari Kain Perca Satin

Kita semua tahu, ikat rambut merupakan salah satu aksesoris rambut yang digemari wanita. Banyak sekali ikat rambut dengan segala variasinya dibentuk dari beraneka ragam bahan. Bagi anda seorang ibu rumah tangga yang mempunyai waktu luang dan berniat ingin memanfaatkan waktu luangnya untuk acara yang positif dan bermanfaat, itu yaitu inspirasi yang bagus. Salah satu yang dapat anda coba yaitu dengan menciptakan kreasi dari bahan-bahan yang gampang ditemukan yaitu kain perca.

Khusus untuk bunda yang mempunyai anak perempuan, anda dapat menciptakan ikat rambut yang modis dan manis untuk sang buah hati. Artikel ini yaitu pengalaman saya menciptakan ikat rambut yang bagus khusus digunakan oleh bayi dan anak balita. Namun kalau orang pintar balig cukup akal ingin memakainya juga tidak masalah. Tinggal menyesuaikan saja ukurannya.

Untuk kreasi kali ini, materi yang saya gunakan yaitu kain perca satin. Ya, perca lagi perca lagi. Kebetulan persediaan kain perca di rumah saya memang banyak sekali. Dan saya sengaja menggunakan kain perca satin sebab penampilannya yang glamor berkilau tampak elegan dan cocok kalau digunakan sebagai materi aksesoris. Berikut ini yaitu step-by step cara menciptakan ikat rambut dari kain perca lengkap dengan petunjuk untuk anda yang ingin membuatnya.

Bando Cantik dari Kain Perca Satin

 ikat rambut merupakan salah satu aksesoris rambut yang digemari perempuan Tutorial Membuat Bando Cantik dari Kain Perca Satin

Cara membuat

Ada tahap-tahap yang harus dilakukan sebelum menciptakan ikat rambut dari kain perca satin. Berikut ini yaitu langkah-langkah yang harus dilakukan biar ikat rambut yang dibentuk nanti alhasil dapat sesuai dengan keinginan.

Pengukuran
Pertama-tama yang harus dilakukan sebelum menciptakan ikat rambut yaitu pengukuran. Langkah ini penting dilakukan untuk mengetahui lingkar kepala biar ikat rambut dapat pas saat dipakai. Cara mengukur kepala yaitu dengan menggunakan meteran. Anda dapat mengukur pribadi kepala anak anda. Karena ikat rambut ini menggunakan karet elastik maka yang diukur yaitu lingkar kepala dimulai dari kepala belakang yaitu di atas tengkuk kemudian ke atas dimana biasanya ikat rambut dipasang dan bertemu pada awal pengukuran sehingga ikat rambut ini kalau sudah jadi berbentuk bundar mirip gelang. Tentukan pula lebar bandonya. Disini lebar ikat rambut saya sesuaikan dengan lebar elastik. Jadi, ikat rambut yang saya buat ini sesudah jadi lingkarannya berukuran 50 cm dan lebarnya 3 cm.

Untuk menciptakan ikat rambut bagus tersebut, peralatan dan bahan-bahan yang diharapkan sebagai berikut.
• Kain perca satin
• Kancing hias
• Jarum + benang
• Karet elastik
• Gunting 
• Lem tembak
• Lilin
• Seterika

Memotong bahan

 ikat rambut merupakan salah satu aksesoris rambut yang digemari perempuan Tutorial Membuat Bando Cantik dari Kain Perca Satin

1. Setelah anda mempersiapkan peralatan dan materi untuk menciptakan bando, langkah selanjutnya yaitu proses memotong. Pertama-tama, potong kain menjadi dua buah bentuk persegi panjang untuk ikat rambut pecahan atas dan yang bawah untuk kawasan elastik. Potongan kain untuk ikat rambut pecahan atas panjangnya 32 cm lebarnya 8 cm. Dan potongan kain pecahan bawah untuk elastik panjangnya 12 cm. Semua kain yang dipotong sudah termasuk tambahan untuk kampuh. Kain satin biasanya seratnya gampang sekali terburai. Agar serat kain tidak lepas yang perlu dilakukan yaitu mengkremasi pinggir kain menggunakan lilin atau solder listrik.




Selanjutnya potong elastik dengan panjang 6 cm. Disini saya menggunakan elastik yang lebarnya 2,5 cm.  Selanjutnya bakar kedua sisinya biar serat karet lentur tidak lepas. Usahakan karetnya tidak terlalu kencang. Dengan demikian akan menciptakan bandonya bertahan lebih lama. Pastikan pula biar ikat rambut tidak terlalu ketat biar nyaman saat dipakai. Untuk mempercantik bando, disini saya menciptakan ornamen pita kanzashi. Cara menciptakan kanzashi , anda harus memotong kain bentuk persegi dengan ukuran 6 cm. Potong sebanyak 12 buah.

2. Lipat kain yang berbentuk persegi tadi menjadi lipatan segitiga. Untuk mempercepat pekerjaan, lipat keseluruhan dengan cara dilem tembak pada sudutnya kemudian rekatkan.

3. Lipat lagi sehingga membentuk segitiga yang lebih kecil.

4. Kemudian lipat mirip menciptakan wiru. Selanjutnya gunting pecahan bawahnya biar rapi kemudian bakar. Gunting lagi sedikit pada pecahan belakangnya biar rapi kemudian bakar biar serat kain tidak terburai. Mekarkan kanzashi yang telah dibentuk dengan menarik ke kiri dan ke kanan sehingga bentuk kelopak kanzashi ibarat bentuk kipas.

5. Setelah proses menciptakan ornamen kanzashi selesai, alhasil tampak mirip pada gambar.

Menjahit Bando

 ikat rambut merupakan salah satu aksesoris rambut yang digemari perempuan Tutorial Membuat Bando Cantik dari Kain Perca Satin
6. Untuk proses menjahit ini anda dapat menggunakan tangan maupun mesin jahit. Lipat kain menjadi dua kemudian jahit lurus. Sisakan pecahan tengahnya tidak terjahit untuk lubang membalik kain. Bagian ini yaitu pecahan utama dari ikat rambut yang nantinya melingkari kepala dengan hiasan. Bentuk pecahan ikat rambut ini ibarat tabung. Untuk pecahan ini jangan dibalik dulu. Selanjutnya jahit kain untuk ikat rambut pecahan bawah atau kawasan elastik. Caranya sama yaitu dengan melipatnya menjadi dua kemudian dijahit lurus kemudian balikkan. Selanjutnya masukkan elastik dengan menggunakan dukungan peniti. Setelah itu jahit dan bakar kedua sisinya.

7. Masukkan ikat rambut pecahan bawah yang sudah dipasang elastik ke dalam kain pecahan utama bando. Jahit tepinya kemudian balikkan kain melalui lubang yang tidak dijahit tadi. Kemudian masukkan lagi ikat rambut pecahan bawah yang sudah dipasang elastik. Gunakan sumpit atau tusuk sate sehingga sisi yang satunya bertemu dengan sisi pecahan utama bando. Selanjutnya jahit dan bakar lagi pinggirnya biar semakin besar lengan berkuasa dan serat tidak gampang terburai.

8. Setelah pecahan yang ada elastiknya telah terpasang dengan sempurna, selanjutnya balikkan kain. Anda dapat melakukannya dengan tangan tetapi akan lebih gampang kalau menggunakan alat pembalik kain. Mulailah menarik bertahap kain ini. Jika sudah akibat membalik jahitan ini, anda perlu menyeterika biar kainnya menjadi pipih dan bentuk bandonya lebih rapi. Usahakan suhunya tidak terlalu panas biar kain tidak berkerut sebab kain satin tidak tahan panas.

9. Langkah selanjutnya yaitu memasang hiasan kanzashi sebagai pemanis bando. Letakkan ikat rambut dengan posisi elastik berada di tengah selanjutnya pasang dua kanzashi mirip pada gambar.

10. Pasang semua kanzashi yang sudah dibentuk dengan cara menyisipkan pecahan ujungnya pada kelopak kanzashi yang lain sehingga bentuknya ibarat pita yang bertumpuk. Jika semua kelopak khanzashi sudah terpasang selanjutnya pasang kancing hias atau hiasan lain di tengahnya.

11. Proses pembuatan ikat rambut bagus dari kain perca satin sudah selesai.

Bagaimana bunda, cukup gampang bukan cara menciptakan ikat rambut mirip di atas? Sekali lagi ternyata kain perca itu banyak keuntungannya tergantung bagaimana cara kita menyulapnya menjadi banyak sekali bentuk kreasi dan tentunya daya kreativitas masing-masing orang berbeda-beda. Namun saya yakin, semakin sering berlatih maka keterampilan kita akan semakin terasah dengan sendirinya.

Sampai disini dulu ya curhatan saya yang sudah saya share menjadi goresan pena berupa Tutorial Membuat Bando Cantik dari Kain Perca Satin yang mungkin dapat anda jadikan tumpuan dalam berkarya terutama bagi anda yang masih pemula atau yang sudah hebat sekalipun tidak ada salahnya kalau anda juga ingin membuatnya untuk putri anda tercinta.

0 Response to "Tutorial Menciptakan Ikat Rambut Bagus Dari Kain Perca Satin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel