Tutorial Kreasi Unik Pembatas Buku Dari Kain Flanel

Membaca buku sekarang sudah menjadi kebutuhan. Bahkan bagi sebagian orang, membaca sanggup menjadi hobby yang menyenangkan. Kemana-mana yang dibawa niscaya buku favoritnya hingga menempel pada dirinya julukan si kutu buku dan biasanya bukunya itu tidak tanggung-tanggung tebalnya. Entah itu novel, buku cerita, education book, maupun buku motivasi. Rutinitas membaca mirip ini biasanya dilakukan anak kuliahan.

Meskipun membaca sudah menjadi rutinitas, namun untuk membaca keseluruhan mustahil diselesaikan dalam satu waktu bukan? Pasti ada yang namanya jeda dan ingin melanjutkan di lain waktu. Biasanya sebelum buku ditutup, kita selalu menandai hingga mana halaman yang kita baca. Untuk menandainya biasanya kita melipat ujungnya sehingga bekas lipatannya akan membekas dan sanggup mengakibatkan buku menjadi kusut.

Dan yang paling sering ketika sedang membaca kemudian diselingi acara yang lain ternyata lupa menandai hingga halaman berapa yang dibaca. Oleh sebab itu, maka diharapkan yang namanya pembatas buku. Dengan pembatas buku ini kita sanggup menandai hingga pada halaman berapa kita terakhir membaca tanpa harus melipat.

Bagi anda para pecinta buku, bergotong-royong banyak sekali pembatas buku yang dijual di pasaran namun kadang kita bosan dengan modelnya yang hanya dari kertas agak tebal cuma menang warnanya saja dan tampilannya yang glossy. Kalau pembatas buku yang mirip itu menciptakan sendiri juga sanggup ya. Bahkan kita sanggup membuatnya dengan desain yang lebih unik dan menarik tentunya. Sehingga bila diselipkan di antara halaman buku akan terlihat semakin keren dan menciptakan kita semakin semangat menuntaskan bacaan.

Pembatas Buku

Membaca buku sekarang sudah menjadi kebutuhan Tutorial Kreasi Unik Pembatas Buku dari Kain Flanel

Seperti klarifikasi di atas pembatas buku merupakan benda yang digunakan untuk menawarkan tanda pada halaman di dalam buku yang sedang dibaca. Fungsi lain dari pembatas buku ini untuk menghindari kerusakan buku yang biasanya untuk mengambarkan halaman yang sedang dibaca dengan cara dilipat.

Nah, bagi anda yang gemar membaca buku berarti anda harus punya pembatas buku supaya anda tidak galau ketika membuka kembali buku yang pernah anda baca untuk melanjutkan ke halaman berikutnya.

Pembatas buku juga sanggup digunakan sebagai souvenir untuk banyak sekali program mirip pernikahan, ulang tahun, seminar, lokakarya, bedah buku, dan lain sebagainya. Berbagai macam bentuk pembatas buku sanggup kita dapatkan dengan gampang dengan cara membeli. Bahkan ada juga pembatas buku yang sanggup kita dapatkan secara gratis pada ketika membeli buku sebagai bonus. Tapi sekali lagi bahannya dari kertas dan bentuknya pun terbatas. Mau kan menciptakan pembatas buku sendiri? Kegiatan ini akan meningkatkan kreativitas sekaligus menghemat uang anda.



Berikut ini ialah 2 pembatas buku yang sudah saya buat. Adapun peralatan dan materi yang dibutuhkan ialah : gunting, jarum + benang, kain flanel, stik es krim, lem tembak, dan manik-manik, benang sari.

Cara menciptakan pembatas buku bentuk kupu-kupu

Membaca buku sekarang sudah menjadi kebutuhan Tutorial Kreasi Unik Pembatas Buku dari Kain Flanel
Setelah peralatan dan materi disiapkan, langkah pertama menciptakan pembatas buku bentuk kupu-kupu ini ialah dengan menggunting kain flanel mengikuti bentuk dan ukuran stik es krim. Selanjutnya potong kain flanel ibarat bentuk tubuh kupu-kupu dan sayap (seperti gambar di atas).

Kemudian jahit feston kedua kain flanel menutupi stik es krim. Sisakan pecahan atasnya. Untuk pecahan sayap, lipat mirip menciptakan wiru pada kedua potongan kain untuk sayap selanjutnya ikat dengan benang. Pasang manik-manik untuk mata kupu-kupu dengan cara dijahit. Setelah itu tempelkan stik es krim di bawah sayap kupu-kupu dengan cara dilem tembak kemudian tutup stik es krim dengan potongan kain flanel pecahan tubuh kupu-kupu selanjutnya pasang benang sari dan tutup stik dan sayap pecahan bawah dengan potongan flanel yang berbentuk tubuh tadi. Sampai disini pembatas buku sudah selesai dibentuk dan balasannya mirip gambar yang ada di atas.

Cara menciptakan pembatas buku bentuk bunga

Membaca buku sekarang sudah menjadi kebutuhan Tutorial Kreasi Unik Pembatas Buku dari Kain Flanel
Setelah kain flanel di potong mengikuti bentuk stik es krim, selanjutnya potong 2 kain flanel berbentuk tumpuan lingkaran. Potong pula 9 potongan kecil kain flanel berbentuk ibarat mahkota bunga. Kemudian jahit feston kedua kain flanel menutupi stik es krim.

Untuk menciptakan bunga caranya tempelkan kesembilan potongan mahkota bunga pada tumpuan bulat dengan melingkar dan berjajar. Selanjutnya pasang stik es krim pada bunga dan tutup pecahan bawahnya dengan tumpuan berbentuk bulat yang satunya. Tambahkan potongan flanel berbentuk mata dan bibir semoga bunga tampak anggun dan tersenyum. Sampai disini pembatas buku sudah selesai dibentuk dan balasannya mirip gambar yang ada di atas.

Pembatas buku mirip yang saya buat bentuknya masih terbilang sederhana dan gampang dibuat. Anda sanggup membuatnya dengan model yang lebih bagus dari apa yang sudah saya buat. Pembatas buku ini juga sanggup digunakan oleh belum dewasa yang sedang mencar ilmu mengaji untuk menandai halaman kitab suci Al-Quran yang sudah dibacanya.

Meskipun bergotong-royong sudah ada pembatas buku default dari pita warna-warni, namun pada umumnya belum dewasa memakai penunjuk yang terbuat dari plastik yang bentuknya panjang agak meruncing yang sekaligus digunakan untuk pembatas buku. Maka dengan mengembangkan pembatas buku sendiri dengan bentuk yang lebih menarik dan lucu sudah barang tentu akan menciptakan putra-putri anda bahagia dan membangkitkan semangat membaca.

Peluang perjuangan

Kelihatannya sepele memang, tapi tahukah anda bila pembatas buku ini sanggup dijadikan sebagai peluang usaha. Untuk memulainya anda tentu harus mempersiapkannya dengan matang. Hal pertama yang diharapkan ialah pembuatan konsep atau perencanaan bisnis. Sedangkan untuk duduk kasus modal, dalam berbisnis pembatas buku tidaklah terlalu besar. Ketika ada pemesanan dalam jumlah besar, maka perlu penerapan sistem uang pembayaran di muka terlebih dahulu.

Peluang bisnis pembatas buku pastinya mempunyai banyak persaingan. Yang harus dilakukan untuk memenangkan pasar ialah mengutamakan kualitas, desain yang unik harus menjadi daya tarik tersendiri. Disinilah pentingnya daya kreativitas yang harus terus di tingkatkan.

Pemasaran

Pemasaran untuk tahap awal sanggup dilakukan dengan cara online. Ada beberapa media online yang biasanya  digunakan untuk pemasaran yaitu dengan membangun website, melalui situs jejaring sosial mirip facebook dan twitter, dan juga melalui situs video mirip Youtube. Sedangkan untuk pemasaran offline sanggup dengan meminta derma teman-teman, sahabat ataupun saudara dan juga menitipkan produk ke toko-toko kerajinan maupun ke toko peralatan tulis.

Demikianlah Tutorial Kreasi Unik Pembatas Buku dari Kain Flanel yang sanggup saya bagikan. Semoga bermanfaat dan selamat berkreasi.

0 Response to "Tutorial Kreasi Unik Pembatas Buku Dari Kain Flanel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel