Tutorial Daerah Sisir Dari Kain Perca

Memanfaatkan waktu luang untuk berkreasi sudah menjadi kebiasaan orang-orang yang kreatif. Hitung-hitung daripada ngegosip yang jelas-jelas tidak ada keuntungannya dan hanya menambah dosa, lebih baik membuat sesuatu yang unik dan pengalamannya dapat dishare dan dibaca netters sedunia. Betul tidak? Apalagi saya orangnya tidak dapat membisu alasannya pekerjaan saya memang seorang pengacara dan bicara saya dibayar. Namun bukan pengacara yang membela klien untuk menuntaskan sebuah masalah tapi pengacara dalam arti pengangguran banyak bicara hahaha.

Kreativitas

Seperti hari ini, saya tidak dapat diam, bukan verbal saya, tapi tangan saya yang tidak dapat membisu melihat sampah perca dari kerudung pashmina yang masih berantakan di lantai dan belum sempat saya bersihkan. Kerudung pashmina ini sebelumnya saya sulap menjadi jilbab instan. Percanya masih tidak mengecewakan lebar dan saya suka motifnya yaitu polkadot apalagi warnanya juga cerah. Dibuang sayang alasannya masih dapat dimanfaatkan. Akhirnya tangan saya yang bicara dan saya pun menyulapnya. Simsalabim prok-prok-prok dipotret jadi apa yaaa...

Memanfaatkan waktu luang untuk berkreasi sudah menjadi kebiasaan orang Tutorial Tempat Sisir dari Kain Perca
Wihh ada bahtera dari kain perca ! Eits, itu bukan bahtera dari kain perca tapi daerah sisir yang ditempelkan di dinding. Tempat sisir ini juga dapat dipakai untuk meletakkan handphone, pensil alis, maupun peralatan tulis bahkan untuk menyimpan uang. Tempat sisir mirip ini tidak dijual di toko. Jika ada niscaya online shop yang menjualnya dan harganya pastilah mahal.

Penasaran kan, bagaimana cara membuatnya. Baiklah kali ini saya akan membuatkan tutorial cara membuat daerah sisir dari kain perca. Dan pribadi saja ya, di bawah ini merupakan proses pembuatan salah satu teladan kreasi dari kain perca yaitu daerah sisir yang akan saya bagikan foto tutorial dan klarifikasi cara membuatnya yang dilanjutkan pada gambar-gambar berikutnya.

Bahan dan peralatan
Untuk membuat daerah sisir ini, materi dan peralatan yang diharapkan yaitu sebagai berikut.
1. Kain perca, motif dapat di sesuaikan dengan keinginanan anda.
2. Kain untuk bisban dan aplikasi bunga
3. Jarum dan benang, jarum pentul
4. Kain viselin
5. Busa hati, kalau tidak ada dapat diganti dengan kertas karton
6. Gunting
7. Setrika

Langkah-langkah membuat daerah sisir dari kain perca

Untuk membuat daerah sisir ini bahu-membahu cukup mudah. Namun ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan diantaranya sebagai berikut.
Proses memotong bahan

Memanfaatkan waktu luang untuk berkreasi sudah menjadi kebiasaan orang Tutorial Tempat Sisir dari Kain Perca
• Langkah pertama membuat daerah sisir ini yaitu dengan membuat pola terlebih dahulu memakai kertas koran. Ukuran daerah sisir dapat diubahsuaikan dengan impian anda. Jika pola sudah jadi, selanjutnya letakkan pola kertas di atas kain, busa hati, dan viselin kemudian potonglah bahan-bahan tersebut mengikuti pola dari kertas koran. Dan jadinya akan tampak mirip gambar di atas.

Memanfaatkan waktu luang untuk berkreasi sudah menjadi kebiasaan orang Tutorial Tempat Sisir dari Kain Perca
• Langkah kedua yaitu membuat aplikasi bunga mirip gambar di atas dengan cara memotong 5 kain perca berbentuk persegi panjang dan melipatnya menjadi dua untuk mahkota bunga dan 2 kain perca berbentuk persegi panjang yang juga dilipat menjadi dua untuk daunnya. Kemudian potonglah viselin mirip bentuk mahkota bunga dan daun kemudian letakkan potongan-potongan viselin tersebut pada potongan kain perca dan sematkan jarum pentul kemudian potong materi kain mengikuti pola mahkota bunga dan daun. Potong pula viselin dan kain perca berbentuk lingkaran. Agar daerah sisir tampak manis dan menarik, pilihlah kain yang berwarna cerah. Anda dapat membuat bentuk bunga sesuai dengan impian anda contohnya membuat bentuk bunga matahari.

Proses menyetrika
• Setelah proses memotong bahan, kemudian dilanjutkan dengan proses menyetrika bahan. Lepaskan jarum pentul yang tadi disematkan pada pola bunga dan daun selanjutnya lakukan proses penempelen viselin pada potongan kain yang mirip bentuk mahkota bunga dan daun dengan cara menyetrika. Usahakan suhunya tidak terlalu panas alasannya kalau suhu terlalu panas, materi yang disetrika dapat berkerut dan melengkung. Pastikan viselin menempel pada kain dengan sempurna. Lakukan juga proses menyetrika daerah sisir serpihan depan dan belakang.

Proses menjahit
• Tumpuk materi yaitu daerah sisir serpihan depan dan belakang yang sudah disetrika tadi pada busa hati. Selanjutnya potong sedikit kain perca untuk lapisan dalam daerah sisir serpihan depan.
• Buat lubang sebagai daerah masuknya paku saat ditempelkan pada dinding. Lubang untuk memasukkan paku seharusnya berbentuk bulat bukan persegi panjang.
• Selanjutnya jahit tepi pada kedua pola daerah sisir biar tidak terlepas alasannya dalam proses pembuatan tidak memakai lem.
• Langkah selanjutnya yaitu memasang bisban pada pinggiran daerah sisir. Persiapkan kain berukuran lebar 2,5 cm panjangnya menyesuaikan panjang pinggiran daerah sisir. Cara menjahit bisban yaitu dari dalam kemudian bisban dilipat keluar dengan cara dijahit jelujur dulu kemudian dijahit dengan mesin. Hasilnya dapat dilihat mirip gambar di bawah ini.

Memanfaatkan waktu luang untuk berkreasi sudah menjadi kebiasaan orang Tutorial Tempat Sisir dari Kain Perca

Langkah selanjutnya yaitu membuat aplikasi bunga
• Setelah tadi serpihan aplikasi bunga dan daun disetrika, selanjutnya yaitu menjahit aplikasi berbentuk bunga dan daun tersebut. Cara menjahitnya dengan menindas viselin biar viselin tidak terlepas saat dibalik. Dan sesudah dibalik maka jadinya akan mirip bentuk mahkota bunga dan daun. Untuk serpihan daun dapat ditambahkan dengan menjahit bentuk tulang daun.
• Jika proses membuat bunga dan daun selesai, selanjutnya tempelkan aplikasi bunga dan daun tersebut pada daerah sisir serpihan depan dengan proteksi jarum pentul kemudian menjahitnya. Hasilnya dapat dilihat mirip gambar di bawah ini.

Memanfaatkan waktu luang untuk berkreasi sudah menjadi kebiasaan orang Tutorial Tempat Sisir dari Kain Perca
• Agar dapat disebut sebagai daerah sisir maka daerah sisir serpihan depan dan belakang harus digabungkan dengan cara menjahit tepi dan dilanjutkan dengan memasang bisban untuk menutupi pinggiran daerah sisir dan biar kelihatan rapi.

Lanjut langkah terakhir.
• Untuk lubang masuknya paku seharusnya berbentuk bulat mirip yang sudah saya sebutkan di atas. Berhubung tadi proses memotongnya terlanjur berbentuk persegi panjang kecil sehingga kalau ditempelkan di dinding daerah pensil ini akan miring. Maka saya siasati dengan membuatkan pita dan sebuah bulat ditengahnya yang dilubangi untuk masuknya paku. Agar kain yang dilubangi seratnya tidak lepas maka diharapkan teknik jahit feston mirip membuat lubang kancing.

Proses pembuatan daerah sisir dari kain perca sudah selesai dan jadinya dapat anda lihat pada gambar paling atas. Sebenarnya masih aneka macam bahan-bahan yang dapat kita buat menjadi daerah sisir dengan model yang lebih menarik dari apa yang saya buat ini.



Sekali lagi, kalau anda mempunyai barang bekas atau kain bekas jangan pribadi dibuang. Disimpan saja dulu sembari mencari inspirasi. Siapa tahu nantinya anda menemukan ide dan dapat membuatnya menjadi kreasi unik dan menarik serta bermanfaat.

Kiranya Tutorial Tempat Sisir dari Kain Perca yang saya bagikan ini sudah cukup panjang. Saya yakin praktek membuat daerah sisir dari kain perca mirip yang saya buat niscaya lebih gampang dari pada membaca tutorial yang tidak terperinci ini hehe.Tapi trima kasih ya, alasannya anda sudah sudi mampir dan membaca artikel saya di blog ini. Semoga goresan pena ini dapat menjadi ilmu yang bermanfaat khususnya pemula yang ingin mencoba untuk membuat prakarya. Ok, selamat berkreasi.

0 Response to "Tutorial Daerah Sisir Dari Kain Perca"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel