Cara Gampang Permak Kerudung Pashmina Menjadi Jilbab Instan

Memakai hijab merupakan kewajiban bagi kita sebagai seorang muslimah. Definisi dari kata hijab itu sendiri artinya menutupi. Secara umum kata hijab dimaksudkan untuk makna jilbab atau kerudung yang menutup dada hingga ke kepingan atas pinggul atau yang sering disebut hijab syar'i. Umumnya model jilbab atau hijab yang di pakai oleh muslimah ialah jilbab instan, jilbab segi empat, dan pashmina.

Jilbab instan ialah jilbab yang eksklusif bisa dipakai. Selain sederhana, gampang digunakan dan menghemat waktu, jilbab instan sangat cocok digunakan kaum muslimah yang tidak mempunyai banyak waktu untuk berdandan. Sedangkan jilbab segi empat ialah jilbab yang berbentuk persegi. Jilbab ini sudah sangat umum dan biasanya digunakan untuk program formal dan non formal. Jilbab segi empat umumnya digunakan anak sekolah dan untuk acara-acara penting menyerupai ke kantor. Jilbab segi empat ini sangat digemari oleh kalangan hijabers khususnya muslimah remaja. Mereka berlomba-lomba membuat kreasi terbaru.

Dan bagi anda yang ingin tampil modis dan fashionable, mengenakan jilbab pashmina bisa dijadikan pilihan. Meskipun cara menggunakan jilbab pashmina agak sedikit ribet dan berbelit-belit, namun ketika ini hijab pashmina menjadi salah satu dari sekian banyak jenis kerudung modern yang menjadi musim dan banyak dikoleksi oleh para sampaumur muslimah.


Kerudung pashmina ini berbentuk persegi panjang dan sanggup dikreasikan menjadi banyak sekali model dan bentuk-bentuk yang menawan. Jilbab pashmina mempunyai banyak sekali gaya dan model yang menarik dan biasanya terkesan modern sehingga cocok sekali untuk para perempuan yang ingin tampil cantik, modern dan modis dengan balutan hijab. Apapun model hijab yang dikenakan, yang terpenting ialah memenuhi persyaratan jilbab muslimah yang sesuai syari'at.

Mengubah kerudung pashmina menjadi jilbab instan

Berbicara mengenai kerudung pashmina, tidak semua orang bisa mengkreasikannya sehingga jilbab instan masih menjadi favorit banyak muslimah yang menyukai kesederhanaan dan tidak suka ribet.

Nah, pada kesempatan kali ini aku akan membagikan tutorial mengubah kerudung pashmina menjadi jilbab instan yang eksklusif bisa dipakai. Artikel ini aku tulis berdasarkan pengalaman aku mempunyai banyak kerudung pashmina tetapi masih galau cara menggunakan dan mengkreasikannya. Sehingga aku pun berinisiatif untuk mengubahnya menjadi jilbab yang simpel.

Memakai hijab merupakan kewajiban bagi kita  sebagai seorang muslimah Cara Praktis Permak Kerudung Pashmina Menjadi Jilbab Instan

Umumnya kerudung pashmina berukuran panjang 180 cm dan lebar 90 cm, namun tidak semua kerudung pashmina mempunyai ukuran yang sama. Bahan kerudung pashmina juga beraneka ragam mulai dari yang sederhana, murah hingga yang glamor dan mahal. Untuk mengubah kerudung pashmina menjadi jilbab instan sangatlah mudah. Berikut ini langkah-langkahnya.

Proses memotong
Siapkan kerudung pashmina dan jilbab instan untuk contoh. Bentangkan kerudung pashmina lalu lipat menjadi dua. Cara melipatnya dari atas ke bawah bukan menyamping. Selanjutnya letakkan jilbab instan di atas lipatan kerudung pasmina. Beri jarak 1,5 cm untuk kampuh. Selanjutnya potong kerudung pashmina berdasarkan pola jilbab.

Memakai hijab merupakan kewajiban bagi kita  sebagai seorang muslimah Cara Praktis Permak Kerudung Pashmina Menjadi Jilbab Instan

Proses menjahit
Setelah dipotong, buka lipatan kerudung pashmina. Maka karenanya akan tampak menyerupai gambar di bawah ini (gambar 1). Pola ini bisa dijadikan sebagai pola dasar jilbab untuk pembuatan jilbab selanjutnya. Anda tinggal menyesuaikan ukuran dan bentuk kepingan bawah. Sisa potongan dari kerudung pashmina bisa digunakan untuk lapisan jilbab (gambar 2) semoga jilbab tidak transparan.

Memakai hijab merupakan kewajiban bagi kita  sebagai seorang muslimah Cara Praktis Permak Kerudung Pashmina Menjadi Jilbab Instan

Saatnya menjahit jilbab. Pertama-tama jahit kelim dulu pada kepingan lapisan. Selanjutnya tumpuk pola 2 di atas pola 1, kepingan dalam kain (yang jelek) berada di atas. Kemudian jahit tepinya (yang bergaris pink). Lalu balikkan sehingga posisi pola 2 berada di dalam. Pertemukan sisi jilbab (a dan b) lalu jahit (yang bergaris biru) begitu pula untuk kepingan lapisan. Selanjutnya tarik sedikit pola 2 semoga sambungan tidak kelihatan lalu jahit tindas.

Membuat rempel
Siapkan kain untuk rempel. Anda bisa menggunakan sisa potongan kerudung pashmina, kain perca maupun jilbab yang sudah tidak digunakan lagi. Terlebih dahulu ukur lingkar jilbab. Untuk membuat rempel diharapkan kain berukuran panjang 2 hingga 3 kali lingkar jilbab tergantung banyak sedikitnya wiru. Jahit kelim kain untuk rempel lalu buatlah lipatan/wiru.

Cara membuat rempel atau pada ketika membuat wiru ini bisa eksklusif diaplikasikan pada jilbab dengan pinjaman jarum pentul. Selanjutnya jahit rempel mengikuti tepi jilbab lalu obras semoga serat kain tidak terburai selanjutnya jahit tindas. Agar kelihatan menarik, anda bisa memasang label DIY (label buatan sendiri) atau label bekas dari baju, kerudung atau baby doll.

Permak jilbab pashmina menjadi jilbab instan sudah selesai. Kini saatnya berpose...

Memakai hijab merupakan kewajiban bagi kita  sebagai seorang muslimah Cara Praktis Permak Kerudung Pashmina Menjadi Jilbab Instan
Bagaimana? manis kan? Sudah syar'i kan?

Keuntungan permak jilbab sendiri

Pengalaman di dunia jahit-menjahit akan semakin bertambah, bahkan pemula sekalipun bisa mencoba untuk permak jilbab sendiri sebab memang prosesnya yang begitu mudah. Jika diperhitungkan, permak jilbab ke tukang jahit ongkosnya bisa jadi tidak mengecewakan mahal. Bisa permak jilbab sendiri maka otomatis akan menghemat isi dompet anda. Lagi pula, kerudung yang tadinya tidak digunakan niscaya menuh-menuhin lemari. Dengan memodifikasinya tentunya akan menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat.

Ok, demikianlah Cara Praktis Permak Jilbab Pashmina menjadi Jilbab Instan versi saya. Trima kasih sebab anda sudah membacanya dan mohon maaf jika ada salah kata.

2 Responses to "Cara Gampang Permak Kerudung Pashmina Menjadi Jilbab Instan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel