Kreasi Dan Tutorial Menciptakan Kawasan Pensil Lucu Dari Kain Perca

Musim libur sekolah sebentar lagi usai, saatnya back to school. Memasuki tahun anutan baru, sebagian orang bau tanah tampak begitu sibuk mempersiapkan perlengkapan sekolah untuk sang buah hati. Bagi orang bau tanah yang putra-putrinya gres pertama kali masuk sekolah, tahun anutan gres biasanya identik dengan yang baru-baru, seragam baru, tas baru, sepatu baru, daerah pensil gres plus peralatan tulisnya.

Memiliki perlengkapan sekolah yang gres merupakan hal yang menyenangkan bagi anak-anak. Pengalaman saya ketika masih kecil dulu, betapa senangnya dibelikan sepatu gres atau tas gres pada ketika libur kenaikan kelas. Tak sabar rasanya menunggu hari mulai masuk sekolah lagi, semoga saya dapat segera menggunakan sepatu gres dan tas yang juga baru.

Perlengkapan Sekolah Untuk Anak

Berbicara mengenai perlengkapan sekolah, untuk memilikinya tidak harus dengan cara membeli. Misalnya tas atau daerah pensil. Kalau dapat menciptakan sendiri, kenapa tidak.

Nah, kali ini saya akan menyebarkan tutorial cara menciptakan salah satu perlengkapan sekolah yang dapat dibentuk sendiri dengan gampang yaitu daerah pensil. Bahan yang digunakan menyerupai biasa, kain perca. Jika tidak ada kain perca, kita dapat menggunakan baju bekas atau celana jeans yang sudah tidak dipakai. Jika baju bekas dan celana jeans bekas juga tidak ada, anda dapat minta kain perca ke tetangga atau silahkan tiba saja ke rumah saya (edisi memaksa hihi) dan silahkan ambil gratis alasannya saya mempunyai sekarung kain perca itupun dari derma tetangga yang baik hati.

 sebagian orang bau tanah tampak begitu sibuk mempersiapkan perlengkapan sekolah untuk sang buah Kreasi dan Tutorial Membuat Tempat Pensil Lucu dari Kain Perca

Oke eksklusif saja ya,  berikut ini tutorialnya.

Persiapkan dahulu alat dan bahan-bahan yang dibutuhkan.
1. Gunting
2. Lem tembak
3. Jarum + benang
4. Kain katun berukuran 28 cm x 24 cm
5. Busa hati/busa jilbab dengan ukuran 28 cm x 22 cm
6. Kain + busa hati untuk tali
7. Resleting ukuran 25 cm
8. Renda dan hiasan

 sebagian orang bau tanah tampak begitu sibuk mempersiapkan perlengkapan sekolah untuk sang buah Kreasi dan Tutorial Membuat Tempat Pensil Lucu dari Kain Perca

Cara menciptakan daerah Pensil

Letakkan busa hati di belahan dalam kain, ratakan kain dengan cara ditarik semoga kencang lalu lipat kampuh (jarak tepi) dan sematkan jarum pentul. Selanjutnya jahit resleting di tepi kain yang dilipat tadi. Jarum pentul jangan dilepas dulu semoga kain tetap kencang. Cara menjahitnya dari luar.

Agar gampang lebih baik dijahit dulu dengan teknik tusuk jelujur menyerupai pada gambar 2 lalu jahit dengan mesin. Berhubung saya menggunakan resleting baju, ketika menjahit sisi satunya terjadi duduk kasus alasannya sepatu mesin terhalang oleh besi berbentuk persegi kecil yang ada di resleting sehingga terpaksa, besi dan kepala resleting harus di lepas. Lain halnya bila menggunakan resleting meteran niscaya lebih mudah.

Setelah resleting dijahit di kedua sisinya selanjutnya pasang lagi kepala resleting yang tadi dilepas lalu jahit dengan tangan untuk mengamankan resleting sebagai pengganti besi kecil yang dilepas tadi. Ini bertujuan semoga resleting tidak terbuka.

Selanjutnya balik kain menyerupai gambar 6 sehingga busa hati berada di luar dan sematkan jarum pentul semoga tidak bergeser . Jangan lupa menciptakan tali untuk daerah pensil ini. Setelah itu lipat dan masukkan tali, lalu jahit lurus menindas tali menyerupai yang tampak pada gambar 7. Lakukan pada sisi yang satunya.


Setelah kedua belahan selesai dijahit berikutnya ialah menciptakan sudut. Caranya dengan menjahit vertikal sehingga membentuk segitiga untuk keempat sisinya. Saya membuatnya dengan ukuran 2,5 cm dan 4,5 cm. Tujuan menciptakan sudut ini untuk membentuk ukuran tinggi daerah pensil. Jika keempat sisi sudah dijahit lalu gunting masing-masing belahan sudut. Sisakan 1 cm semoga jahitan tidak lepas. Balikkan sehingga posisi kain berada di luar.

Langkah terakhir yaitu menempelkan hiasan boneka dari kaos bekas yang dipercantik dengan renda. Selesai dan sudah jadi. Tempat pensil lucu ini siap menemani putra-putri anda kembali ke sekolah.

Memang kalau dipikir-pikir berbagai daerah pensil abjad lucu yang dijual di pasaran sehingga belum dewasa tidak tertarik dengan daerah pensil handmade hasil karya mamanya. Tapi kalau kita menciptakan dengan model yang unik dan lucu pastinya belum dewasa akan tertarik dan menyukainya. Buktinya daerah pensil yang saya buat untuk tutorial kali ini. Setelah jadi , daerah pensil ini eksklusif saya berikan kepada keponakan saya yang sekolah di PAUD. Entah apa yang menciptakan beliau tertarik. Mungkin warnanya, bentuknya atau dapat jadi alasannya ada boneka kriwilnya  sebagian orang bau tanah tampak begitu sibuk mempersiapkan perlengkapan sekolah untuk sang buah Kreasi dan Tutorial Membuat Tempat Pensil Lucu dari Kain Perca

Demikianlah kreasi dan tutorial menciptakan daerah pensil lucu dari kain perca.
Semoga bermanfaat.

0 Response to "Kreasi Dan Tutorial Menciptakan Kawasan Pensil Lucu Dari Kain Perca"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel