Tutorial Menciptakan Gantungan Kunci Tikus Dari Kain Flanel

Dalam dunia crafting atau kerajinan tangan, kain flanel ialah materi yang sangat terkenal dan banyak dipakai oleh para pengrajin. Kain flanel, bagi kita yang menekuni dunia crafting tentunya sudah tidak absurd lagi. Namun bagi sebagian orang yang masih awam pastinya akan bertanya-tanya wacana kain flanel dan fungsinya.

Saya sendiri mengenal kain flanel sekitar tahun 2012, dimana ketika itu sedang booming-boomingnya kerajinan dari kain flanel. Kebetulan ada saudara yang mempunyai perjuangan counter HP dan melengkapi tokonya dengan aksesoris termasuk yang berbahan dari kain flanel menyerupai jepit rambut, bross, bando, gantungan kunci dan dompet HP yang laku elok pada ketika itu.

Maraknya perjuangan di bidang aksesoris berbahan kain flanel, menciptakan saya tidak ingin menyia-nyiakan momen yang ada. Saya jadi latah dan ikut-ikutan menciptakan kerajinan dari kain flanel. Saya rajin browsing internet untuk mendapat wangsit dan tutorial. Dari berguru secara autodidak inilah, alhamdulillah banyak karya yang sudah saya hasilkan kemudian saya jual dengan cara menitipkan nya ke toko saudara.

Dan di bawah ini ialah salah satu pola kreasi flanel saya yaitu gantungan kunci tikus yang imut , lucu, dan mempunyai nilai jual tentunya.

Dalam dunia crafting atau kerajinan tangan Tutorial Membuat Gantungan Kunci Tikus dari Kain Flanel

Sayangnya pada tahun 2014 , bisnis yang saya rintis dan sudah mulai menampakkan hasil alhasil harus terhenti alasannya urusan study.

Apa sih Kain Flanel itu?

Dalam dunia crafting atau kerajinan tangan Tutorial Membuat Gantungan Kunci Tikus dari Kain Flanel

Kembali ke topik pembahasan kain flanel. Definisi kain Flanel atau felt berdasarkan Wikipedia ialah jenis kain yang dibuat dari serat wol tanpa ditenun, dibuat dengan proses pemanasan dan penguapan sehingga menghasilkan kain dengan bermacam-macam tekstur dan jenis (tergantung materi pembuatnya). Kain flanel gampang dijumpai di pasaran, dengan harga yang relatif terjangkau. Kain ini mempunyai ketebalan dan tekstur yang beragam. Kelebihan dari kain ini ialah gampang dibuat dan pada proses penjahitan tidak perlu dilipat menyerupai kain yang lain.

Secara umum terdapat 2 tipe kain flanel yaitu polos dan bercorak. Kain flanel yang polos hanya mempunyai satu warna di seluruh bagiannya sementara kain flanel yang bercorak mempunyai serat-serat dalam warna yang berbeda. Biasanya kain yang mempunyai corak dihargai relatif lebih mahal. Ada pula kain flanel dengan jenis zephyr yaitu kain flanel dengan corak biasa, tetapi dicampuri materi sutera di dalam materi pembuat benang-benangnya.

Fungsi Kain Flanel?

Seperti yang saya jelaskan tadi, salah satu fungsi kain flanel ialah untuk menciptakan kerajinan tangan atau handicraft. Yang saya sukai dari kain flanel ialah mempunyai warna yang beraneka macam dan teksturnya yang lembut. Karena lembut , kain flanel kondusif untuk bawah umur apabila dibuat menjadi mainan. Bahkan kain flanel ini sangat cocok dan sering dibuat untuk media pembelajaran. Kain flanel ini juga sering dipakai sebagai materi utama untuk kiprah kerajinan tangan murid-murid di sekolah dan juga sangat dibutuhkan oleh pemula yang ingin berguru crafting.

Untuk mendapat kain flanel sangatlah mudah. Kita sanggup membeli kain flanel di toko alat jahit terdekat, biasanya kain flanel ini dijual lembaran dan meteran. Yang lembaran dengan ukuran 20 x 20 cm biasanya dijual dengan harga antara Rp. 1.500 - Rp. 2.000. Dan untuk ukuran meteran harganya jauh lebih murah.

Nah, bagi anda yang gres pemula dan ingin mencoba menciptakan kerajinan dari kain flanel, tidak ada salahnya mencoba tutorial yang saya bagikan ini.

Cara menciptakan gantungan kunci bentuk tikus

Bahan-bahan yang diperlukan:
1. Kain flanel
2. Gantungan kunci
3. Benang
4. Benang sulam
5. Tali kur
6. Dakron

Peralatan yang dibutuhkan: gunting, jarum, lem tembak.

Dalam dunia crafting atau kerajinan tangan Tutorial Membuat Gantungan Kunci Tikus dari Kain Flanel

Apabila bahan-bahan dan peralatan yang diharapkan sudah anda persiapkan , selanjutnya anda tinggal mengikuti langkah-langkah menyerupai yang ada pada gambar di bawah ini .

Dalam dunia crafting atau kerajinan tangan Tutorial Membuat Gantungan Kunci Tikus dari Kain Flanel

1. Langkah pertama, potong kain flanel menyerupai pada gambar 1, silahkan pilih warna kain flanel sesuai dengan yang anda inginkan tentunya.

2. Kemudian jahit kain flanel yang berbentuk oval (badan tikus). Jangan dijahit seluruhnya, sisakan pada bab ujungnya untuk memasukkan tali kur yang sudah dikaitkan ke gantungan kunci.

3. Setelah proses menjahit selesai, gunting kira-kira 2 cm di bab ujungnya, kemudian balikkan bab luar yang sudah dijahit tadi

4. Kemudian masukkan tali kur yang sudah dikaitkan dengan gantungan kunci kemudian jahit mati semoga gantungan tidak gampang lepas. Cara menjahit tali kurnya bahwasanya sanggup dilakukan sebelum dibalik. pilih cara yang gampang saja berdasarkan anda. Jangan lupa menjahit potongan flanel untuk bab ekornya.

5. Setelah proses menjahit selesai, masukkan dakron ke dalam kain flanel kemudian jahit pada bab yang digunting tadi memakai tusuk feston.

6. Langkah selanjutnya yaitu menempelkan telinga. Untuk bab telinga, beri lem sedikit dibagian tengahnya kemudian cubit semoga menyatu kemudian tempelkan ke bab badan. Selanjutnya tempelkan semua potongan-potongan flanel dan juga bab ekor. Langkah terakhir yaitu menjahit kumis tikus.   

Bagaimana shobat ? cukup gampang kan cara menciptakan gantungan kunci tikus dari kain flanel? Semoga Tutorial Membuat Gantungan Kunci Tikus dari Kain Flanel sanggup bermanfaat untuk kita semua. Selamat mencoba dan happy crafting :)

0 Response to "Tutorial Menciptakan Gantungan Kunci Tikus Dari Kain Flanel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel