Prakarya Hiasan Gantung Unik Dan Menarik Untuk Anak Sd

Masih ingat kan, dikala masih kecil dulu, masa-masa sekolah dasar. Waktu itu senang-senangnya menciptakan kerajinan tangan alasannya ialah sanggup kiprah dari guru. Membuat prakarya akan lebih seru dan menyenangkan kalau dikerjakan dengan berkelompok. Dan ternyata, menciptakan prakarya berbahan kertas dari dulu hingga kini masih terkenal dan sering dilakukan anak sekolah. Hiasan gantung yang unik dan menarik dari kertas warna-warni mirip di bawah ini tentunya tidak absurd lagi.

senangnya menciptakan kerajinan tangan alasannya ialah sanggup kiprah dari guru Prakarya Hiasan Gantung Unik dan Menarik untuk Anak SD

Hiasan Gantung

Bagaimana hiasan gantungnya, bagus kan? Lihat, betapa cantiknya. Ketika angin menerpa, ia akan menari dan berputar-putar dengan indah. Membuat prakarya hiasan gantung dari kertas warna-warni mirip ini biasanya ditujukan untuk mempercantik ruang kelas. Ini ialah cara gampang menciptakan ruang kelas menjadi lebih ceria.

Bagaimanapun, kondisi kelas sangat mensugesti semangat berguru para siswanya. Ruang kelas yang indah akan menciptakan siswa merasa nyaman sehingga proses berguru mengajar akan berjalan dengan lancar alasannya ialah didukung oleh suasana yang kondusif.

Selain untuk mempercantik ruang kelas, hiasan gantung ini sanggup dipakai untuk mendekorasi kamar anak. Untuk keperluan dekorasi kamar anak biasanya dibentuk dalam jumlah yang banyak dengan model yang bervariasi. Namun tidak jarang kita jumpai, hiasan gantung mirip ini umumnya ditempatkan di teras rumah.

Mungkin bagi sebagian orang, hiasan gantung mirip gambar di atas tadi bukanlah sesuatu yang istimewa, mengingat kini ini aneka macam hiasan gantung yang dijual di pasaran dengan model bervariasi dan harganya juga cukup terjangkau. Namun tidak ada salahnya kalau kita mencoba membuatnya sendiri.


Membuat hiasan gantung dari kertas selain gampang dilakukan juga sangat baik untuk mendidik kreativitas anak dan ini ialah yang paling penting. Pada umumnya, bawah umur menyukai warna-warna yang cerah. Dengan memakai kertas warna-warni, dijamin anak akan bersemangat dikala membuatnya. Ayo bunda, jangan tunda lagi. Manfaatkan waktu luang anda bersama buah hati untuk berkreasi.

Cara Membuat Hiasan Gantung

Untuk menciptakan hiasan gantung mirip pola pada artikel ini tidak memerlukan banyak peralatan dan bahan. Yang diperlukan hanya beberapa lembar kertas bufallo, lem, benang woll dan gunting. Berikut ini langkah-langkah menciptakan hiasan gantung yang sudah saya lengkapi dengan gambar dan keterangannya.

senangnya menciptakan kerajinan tangan alasannya ialah sanggup kiprah dari guru Prakarya Hiasan Gantung Unik dan Menarik untuk Anak SD

1. Hiasan gantung ini terdiri dari tiga bentuk ornamen yaitu bunga, bintang, dan bola. Untuk menciptakan satu bunga dengan bentuk lingkaran diperlukan 12 potong pola bunga. Untuk ukuran besar kecilnya bunga silahkan diubahsuaikan sendiri.

Agar tidak terjadi kesalahan dikala proses pemotongan, yang harus dilakukan pertama-tama yaitu menciptakan pola bunga pada kertas yang agak tebal. Disini saya memakai selotip untuk menciptakan pola dengan menggambar lima buah lingkaran yang digabungkan sehingga mirip bentuk bunga. Pastikan pola bunga bentuknya simetris biar dikala ditempelkan sanggup pas. Kemudian aplikasikan pola kertas tersebut pada kertas bufallo warna merah, kuning, dan hijau sehingga didapat potongan pola bunga berjumlah 12 buah.

2. Setelah lengkap potongan pola bunga berjumlah 12, lalu rangkai potongan-potongan tersebut dengan cara menggabungkan satu potongan dengan potongan lain. Bagian yang ditempelkan yaitu pada kelima sisi potongan. Lipat sedikit pada semua bab sisi bunga. Ambil satu potongan bunga sebagai dasar, lalu tempelkan kelima potongan bunga secara melingkar pada kelima sisi bunga dasar. Lakukan pada potongan pola bunga yang lain dengan cara yang sama sehingga kita mempunyai 2 rangkaian bunga dasar.

3. Pasangkan tali rangkap dari benang woll pada salah satu pola bunga dengan selotip. Selanjutnya gabungkan kedua bunga dasar tadi sehingga terbentuk rangkaian bola-bola bunga yang cantik.

4. Selanjutnya buat 5 potongan bentuk bintang. Lipat menjadi dua hingga didapat garis lipatan vertikal pada semua potongan. Selanjutnya rangkai potongan-potongan tersebut dengan cara menggabungkan satu potongan dengan potongan lain. Bagian yang ditempelkan yaitu pada kelima sisi potongan hingga pada batas garis vertikal sehingga didapat bentuk mirip bintang. Setelah itu pasangkan bintang pada benang tadi. Namun sebelumnya buat bundelan pada tali untuk menahan bintang biar tidak meluncur ke bawah.

5. Langkah selanjutnya yaitu menciptakan bola-bola. Buat 9 potongan bentuk lingkaran. Lipat menjadi dua hingga didapat garis lipatan vertikal pada semua potongan. Selanjutnya rangkai potongan-potongan tersebut dengan cara menggabungkan satu potongan dengan potongan lain. Bagian yang ditempelkan yaitu pada ke sembilan sisi potongan hingga pada batas garis vertikal sehingga didapat bentuk bola-bola. Setelah itu pasangkan bola-bola pada benang tadi. Buatlah bundelan pada tali untuk menahan bola-bola biar tidak meluncur ke bawah.

6. Jika semua langkah telah dilakukan, itu artinya hiasan gantung yang unik dan menarik sudah jadi. Anda sanggup menggantungnya di mana saja. Di kamar anak, di teras rumah bahkan di bawah pohon.

Itulah cara menciptakan Prakarya Hiasan Gantung Unik dan Menarik untuk Anak SD. Bagaimana ? Tertarik ingin membuatnya juga? Mari berkarya.

0 Response to "Prakarya Hiasan Gantung Unik Dan Menarik Untuk Anak Sd"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel