Cara Menciptakan Kreasi Bunga Dari Busa Hati Atau Sponge Eva

Hampir semua perempuan menyukai bunga. Bahkan tidak sedikit dari laki-laki yang juga suka dengan bunga. Apa yang menjadi alasan mengapa bunga begitu disukai. Jawabnya tentu saja alasannya bunga mempunyai bentuk yang sangat indah. Bunga merupakan suplemen bagi flora yang dapat menarik perhatian kumbang-kumbang penghisap madu. Meskipun bunga identik dengan keindahan, namun tidak semua bunga itu disukai. Ada satu jenis bunga yang sangat tidak disukai dan bahkan dapat menciptakan kepala puyeng adalah bunga utang hehe.

Bunga dari Busa Hati

Berbicara perihal bunga, ada bermacam-macam jenis bunga yang bentuknya dapat dicontoh untuk dijadikan kerajinan tangan. Seperti apa bentuk bunga yang dibentuk dan dari materi apapun itu, keindahan bunga tetaplah nampak alasannya bunga memang diciptakan oleh Yang Mahakuasa untuk ornamen tumbuhan. Seperti biasanya, kali ini saya akan menyebarkan cara menciptakan bunga. Pada umumnya bunga dibentuk dari materi kertas dan kain, namun bunga yang saya buat ini berbahan busa hati atau sponge eva. Bunga dari busa hati ini dapat dijadikan sebagai hiasan di atas meja atau ditempatkan di sudut ruangan.

 Bahkan tidak sedikit dari laki-laki yang juga suka dengan bunga Cara Membuat Kreasi Bunga dari Busa Hati atau Sponge Eva

Tentang Busa Hati

Bagi sebagian orang, busa hati mungkin belum terlalu familiar bahkan mungkin juga ada yang belum tahu sama sekali. Yang sering menciptakan kerajinan tangan, pengrajin tas, dompet tentunya sudah tidak ajaib lagi dengan materi yang satu ini. Busa hati ini bahannya agak kaku dan tidak gampang kempes sehingga cocok untuk lapisan materi yang ingin akhirnya lebih kaku. Busa hati teksturnya kenyal dan padat. Biasanya dipakai sebagai materi pembuat slipper menyerupai yang kita temui pada sandal hotel. Ketebalan busa hati bermacam-macam. Warnanya pun juga bermacam-macam dan biasanya dijual dalam bentuk potongan dengan ukuran tertentu. Yang warna putih biasanya dijual gulungan/ lembaran.

Cara Membuat Bunga

Kali ini kita akan berguru menciptakan hiasan bunga dari busa hati yang gampang untuk dibuat. Kebetulan saya mempunyai persediaan busa hati warna putih. Bunga ini tidak memerlukan banyak materi alasannya ukurannya yang tidak terlalu besar. Makara sisa guntingan atau perca busa hati juga dapat digunakan. Para pengrajin tas dan dompet dapat memanfaatkan perca tersebut untuk dijadikan bunga. Berikut ini sharing pengalaman saya yang dapat anda ikuti tutorialnya bila anda juga ingin mencoba membuatnya.
Alat-alat yang dibutuhkan:
1. Gunting
2. Pensil
3. Kertas
4. Lilin
5. Lem
Bahan-bahan yang dibutuhkan:
1. Busa hati
2. Cat akrilik
3. Kawat
4. Pelipit bunga
5. Benang
Berikut ini langkah-langkah menciptakan bunga dari busa hati beserta keterangannya menurut gambar.

 Bahkan tidak sedikit dari laki-laki yang juga suka dengan bunga Cara Membuat Kreasi Bunga dari Busa Hati atau Sponge Eva
1. Pertama-tama buatlah pola berbentuk mahkota bunga, kelopak dan daun pada selembar kertas. Selanjutnya gunting pola dari kertas dan aplikasikan pada busa hati. Menggambarnya gunakan pensil supaya bila ada kesalahan gampang untuk menghapusnya. Selanjutnya potong busa hati sesuai gambar pola. Potong juga bentuk stik untuk dijadikan sebagai benang sari.

2. Setelah materi dipotong selanjutnya bakar potongan bentuk mahkota bunga, kelopak dan daun. Proses ini dibutuhkan untuk membentuk materi bunga. Caranya ambil tusuk sate dan tancapkan pada bahan. Membakarnya dengan cara dijungkir menyerupai pada gambar 2. Jangan pribadi dibakar. Cukup dekatkan materi dengan jarak kurang lebih 8 cm dari nyala api lilin. Selanjutnya bentuk materi dengan melengkungkannya selagi masih panas.

3. Selanjutnya proses pewarnaan. Gunakan cat akrilik sesuai warna yang diinginkan. Warnai secara merata pada semua bab bunga. Bersihkan kuas sehabis dipakai bila akan berganti warna. Berdasarkan pengalaman saya, mewarnai busa hati ternyata tidak dapat sembarangan. Sebelumnya saya sudah mencoba memakai pewarna pakaian dan pewarna murah yang dijual di pasaran. Namun ternyata pewarna menyerupai itu tidak cocok untuk dijadikan pewarna busa hati alasannya warna tidak dapat melekat atau menyatu.

4. Setelah proses pewarnaan selesai, dibutuhkan waktu beberapa jam supaya cat akrilik kering. Setelah cat kering langkah berikutnya adalah menyatukan putik dan tangkai dengan mahkota bunga, kelopak dan daun yang sudah dibentuk sebelumnya. Caranya cukup mudah. Dimulai dari benang sari yang dirangkaikan pada kawat. Agar kawat tidak gampang lepas, lengkungkan kawat dan ikat dengan benang.

Selanjutnya lubangi tengah-tengah mahkota bunga dan kelopak. Masukkan tangkai kawat pada lubang mahkota bunga dan juga kelopak. Beri sedikit lem dan rapatkan supaya mahkota bunga dan kelopak tidak bergeser.

Setelah itu pasangkan pelipit bunga dengan cara melilitkannya dimulai dari bawah kelopak bunga. Pasangkan juga daun dan lanjutkan melilitkan pelipit bunga hingga ujung tangkai kawat sehingga kawat tertutup pelipit berwarna hijau.

Jika semua langkah sudah dilakukan berarti bunga sudah jadi dan akhirnya dapat anda lihat menyerupai pada gambar paling atas. Buat beberapa kuntum bila anda mau. Dan bunga pun siap dirangkai di dalam vas untuk dipajang.

Bagaimana? Praktis kan Cara Membuat Kreasi Bunga dari Busa Hati atau Sponge Eva ? Jika anda mempunyai perca busa hati, apalagi yang berwarna-warni sebaiknya jangan dibuang. Manfaatkan perca busa hati untuk materi kerajinan tangan khususnya bunga. Demikianlah informasi yang dapat saya bagikan. Semoga bermanfaat, trima kasih sudah berkunjung dan selamat berkreasi.

0 Response to "Cara Menciptakan Kreasi Bunga Dari Busa Hati Atau Sponge Eva"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel