Tutorial Cara Menciptakan Dompet Pensil Untuk Pemula

Membuat kerajinan dari barang bekas seolah tidak pernah ada habisnya. Hal ini dikarenakan bahannya yang ada di sekitar kita. Bahan baku menciptakan aneka kerajinan yang berasal dari materi yang tidak terpakai memang gampang sekali ditemukan. Dan mirip biasanya saya akan membagikan pengalaman menciptakan kreasi dari materi yang gampang didapat. Kali ini kreasi yang saya buat pun juga sama dengan sebelumnya yaitu materi yang berasal dari materi bekas.

Dan materi bekas yang dimaksud tersebut yaitu baju yang sudah tidak terpakai. Lagi-lagi dari materi bekas ya. Padahal pada artikel saya yang lain sudah banyak teladan kreasi dari materi bekas yang memang bisa dimanfaatkan untuk menciptakan kerajinan tangan yang beraneka ragam. Namun kreasi yang saya buat kali ini yaitu dompet pensil dari baju bekas berbahan kain satin. Cara menciptakan dompet pensil ini sangat gampang sekali dan cocok untuk pemula yang sedang berguru menjahit dan mencoba untuk menciptakan kerajinan tangan juga.

Dompet pensil

Membuat kerajinan dari barang bekas seolah tidak pernah ada habisnya Tutorial Cara Membuat Dompet Pensil untuk Pemula
Nah, eksklusif saja saya bagikan tutorialnya. Pertama-tama yang harus kita lakukan yaitu menyiapkan semua alat dan materi yang diperlukan. Bahan utama yang dibutuhkan tentu saja kain. Jika  ingin membuatnya, anda bisa memakai kain perca, kain dari bekas baju atau kain gres yang penting kain ya, bukan daun.

Alat dan bahan-bahan yang diharapkan diantaranya:
1. Kain perca/ kain bekas baju
2. Busa angin
3. Resleting
4. Kancing hias
5. Gunting
6. Lem tembak
7. Benang + jarum
8. Lilin

 Membuat kerajinan dari barang bekas seolah tidak pernah ada habisnya Tutorial Cara Membuat Dompet Pensil untuk Pemula

Cara menciptakan dompet pensil

1. Setelah peralatan dan materi sudah tersedia, selanjutnya potong kain untuk dompet belahan luar, lining, busa angin dengan ukuran yang sama yaitu 23 cm x 20 cm. Ukuran sudah termasuk kampuh jahitan.

2. Biasanya ketika menciptakan dompet, lining dijahit sesudah dompet hampir jadi. Namun untuk model dompet pensil kali ini, lining dijahit bersamaan dengan busa angin dan kain materi dompet sebab prosesnya lebih gampang dan cepat. Namun ada yang harus dilakukan ketika memakai cara ini yaitu menjahit obras di sekeliling kain semoga serat kain tidak terurai. Jika tidak ada mesin obras, bisa memakai lilin atau solder listrik untuk menylomot atau memperabukan pinggir kain.

3. Langkah selanjutnya yaitu memasang resleting. Caranya, balikkan resleting lalu letakkan resleting di atas kain dompet sehingga belahan dalam resleting menumpuk belahan luar dompet. Sematkan jarum pentul lalu jahit jelujur bila perlu. Setelah simpulan menjahit satu sisi resleting lalu dilanjutkan dengan menjahit resleting sisi yang satunya.

4. Setelah proses menjahit resleting simpulan maka alhasil akan tampak mirip pada gambar.

5. Agar bisa disebut dompet, langkah selanjutnya yaitu menjahit tepi materi dompet. Sebelum dijahit, resleting harus dilipat ke bawah. Sedangkan cara menjahitnya dimulai dari atas yaitu pada belahan resleting lalu jahit tindas.

6. Langkah berikutnya yaitu menciptakan sudut dompet dengan cara menciptakan jahitan lurus pada dompet belahan bawah. Buatlah jarak sekitar 2 cm.

Membuat kerajinan dari barang bekas seolah tidak pernah ada habisnya Tutorial Cara Membuat Dompet Pensil untuk Pemula
7. Agar dompet belahan dalam tampak rapi, sesudah menciptakan sudut potong sedikit sudutnya lalu jahit obras atau dislomot/ dibakar pinggirnya. Hasilnya tampak mirip pada gambar.

8. Dompet tanpa aplikasi rasanya kurang menarik. Maka diharapkan ornamen untuk mempercantik dompet yaitu memberinya hiasan bunga. Pada dompet yang saya buat ini saya menambahkan ornamen bunga bakar dari kain satin. Cara membuatnya yaitu dengan memotong kain satin berbentuk kelopak bunga sebanyak 12 buah terdiri dari ukuran besar dan agak kecil. Potong kain polkadot berbentuk bulat untuk belahan tengahnya bunga.

9. Selanjutnya bakar pinggirnya hingga bentuknya melengkung. Setelah itu rangkai 6 kelopak bunga yang besar dengan cara melingkar hingga ibarat bentuk bunga. Rangkai pula 6 kelopak bunga yang agak kecil dengan cara yang sama. Untuk proses merangkai bunga ini gunakan lem tembak. Selanjutnya jahit jelujur pada tepi potongan kain polkadot berbentuk bulat untuk tengahnya bunga. Masukkan kancing selanjutnya tarik benang sehingga kancing terbungkus kain.

10. Setelah bunga jadi selanjutnya pasang bunga pada dompet dengan cara dijahit memakai tangan. Hal ini dilakukan semoga bila dompet dicuci bunganya tidak gampang lepas. Pasangkan kancing bungkus di tengah-tengah bunga dengan cara dijahit dulu lalu dilem tembak. Dompet pensil sudah jadi, alhasil tampak pada gambar paling atas. Dompet pensil ini siap dipakai untuk menyimpan peralatan tulis.

Itulah sharing pengalaman saya. Mengapa saya memberi judul artikel ini Tutorial Cara Membuat Dompet Pensil untuk Pemula. Itu sebab kreasi yang saya buat ini memang terbilang gampang dan simpel. Ketika menciptakan dompet ini saya hanya membutuhkan waktu 1,5 jam saja mulai dari persiapan materi hingga finishing. Saya yakin anda juga bisa menciptakan dompet mirip yang saya buat dan mungkin lebih bagus. Anda bisa berkreasi dengan bentuk lain. Mengkombinasikan warna dan corak kain sesuai dengan impian anda. Jika anda bisa membuatnya sendiri tentunya ada kepuasan batin yang dirasakan selain itu juga menghemat pengeluaran.

Jika anda mempunyai kain perca atau baju yang sudah tidak terpakai jangan keburu dibuang. Kini saatnya anda berkreasi. Ajaklah putra-putri anda untuk berkarya. Jika anda bisa menciptakan dengan model yang unik, sudah niscaya putra-putri anda akan tertarik. Dijamin mereka niscaya bahagia dan besar hati memakai barang made in mamanya.

0 Response to "Tutorial Cara Menciptakan Dompet Pensil Untuk Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel