Kreasi Daerah Pensil Unik Bentuk Sepatu Dari Materi Bekas

Hallo reader ...Jumpa lagi dengan goresan pena saya. Melanjutkan artikel sebelumnya wacana barang bekas atau barang yang sudah tidak digunakan lagi. Masih sama dengan materi yang saya gunakan yaitu baju bekas. Pada kesempatan kali ini saya akan menyebarkan pengalaman bagaimana mengkreasikan barang bekas tersebut menjadi sebuah karya yang lebih bernilai dan bermanfaat tentunya. Dan kreasi saya kali ini berupa daerah pensil.

Tempat Pensil Unik Bentuk Sepatu

Meskipun sebelumnya saya sudah pernah menyebarkan tutorial wacana pembuatan daerah pensil, namun kali ini daerah pensil yang saya buat bentuknya agak berbeda dari yang lainnya. Mengapa berbeda? Ya, tentu saja. Sudah menjadi sifat insan kan yang namanya bosan itu niscaya ada. Dan anda pastinya juga pernah merasakannya.

Ketika melihat meja mencar ilmu atau meja kerja yang di atasnya ada daerah pensil yang modelnya itu-itu saja dan bahannya terbuat dari materi plastik, fiber atau seng yang gampang berkarat. Hal ini tentu menciptakan kita merasa bosan kan? Jika rasa bosan sudah menyelinap di hati sudah niscaya kita ingin sesuatu yang lebih unik ada di atas meja mencar ilmu atau meja kerja supaya diri menjadi lebih bersemangat. Contohnya ibarat ini nih, daerah pensil unik bentuk sepatu yang ternyata membuatnya juga terbilang cukup mudah.

 Melanjutkan artikel sebelumnya wacana barang bekas atau barang yang sudah tidak digunakan  Kreasi Tempat Pensil Unik Bentuk Sepatu dari Bahan Bekas

Bagaimana? elok kan daerah pensilnya. Untuk menciptakan kerajinan tangan yang satu ini caranya hampir sama dengan menciptakan sepatu sungguhan. Jika anda sanggup menciptakan daerah pensil ibarat yang saya buat ini, dijamin anda niscaya sanggup menciptakan sepatu sendiri alasannya yaitu intinya contoh dan langkah-langkah pembuatannya tidak jauh berbeda.

Satu lagi, bila di atas meja kerja atau meja mencar ilmu kita terdapat daerah pensil buatan kita sendiri, tentunya ini sangat menyenangkan dan membanggakan. Apalagi bila pembuatannya kita lakukan untuk mengisi waktu luang dan bahan-bahan yang digunakan juga sederhana, murah, dari barang bekas bahkan dari daur ulang sampah. Sungguh ini merupakan sesuatu yang luar biasa.

Lebih asyik lagi bila membuatnya dilakukan bersama dengan teman-teman. Biasanya para pelajar kan ada kiprah menciptakan prakarya atau keterampilan. Mungkin jenis kerajinan ini sanggup kalian coba. Siapa tahu berawal dari coba-coba alhasil muncul ide-ide gres dan membuahkan kreasi yang lebih unik dan menarik.

Sudah tidak diragukan lagi dan sudah terbukti sesungguhnya kreasi unik itu banyak yang melirik loh. Jika sudah demikian maka tidak menutup kemungkinan untuk menjadikannya sebagai peluang usaha. Lumayan kaan untuk menambah uang jajan hehe. Daripada terus menerus meminta orang tua, kalau sanggup mencari uang sendiri kan hebat. Selain untuk meringankan beban orang renta yang niscaya juga sanggup pahala.

Cara Membuat

Nah,kali ini kembali saya akan mencoba memperlihatkan sebuah tutorial sederhana untuk pembuatan kreasi unik dari materi atau barang bekas. Dalam hal ini baju bekas yaitu materi yang saya gunakan untuk menciptakan barang yang lebih bermanfaat, yaitu daerah pensil bentuk sepatu. Namun sebelum melaksanakan proses pembuatan, alangkah baiknya bila kita mempersiapkan dahulu peralatan dan bahan-bahan yang diperlukan.

Alat dan Bahan
1. Kertas untuk pola
2. Pensil untuk menggambar pola
3. Kain dari baju bekas atau kain perca
4. Busa hati
5. Resleting
6. Kain motif polkadot untuk pita
7. Busa angin untuk isi pita (opsional)
8. Jarum + benang
9. Gunting

Langkah-Langkah Pembuatan Tempat Pensil Bentuk Sepatu
Berikut ini langkah-langkah pembuatan daerah pensil yang hasilnya tampak ibarat gambar di atas dan tutorialnya sudah saya lengkapi dengan gambar beserta keterangannya.

 Melanjutkan artikel sebelumnya wacana barang bekas atau barang yang sudah tidak digunakan  Kreasi Tempat Pensil Unik Bentuk Sepatu dari Bahan Bekas
1. Setelah alat dan materi sudah tersedia, pertama-tama kita buat terlebih dulu dahulu contoh sepatu dengan memakai kertas. Anda sanggup memakai kertas koran atau kertas HVS. Ukuran daerah pensil silahkan diubahsuaikan dengan cita-cita anda. Setelah contoh sudah dibentuk hasilnya tampak ibarat pada gambar.

2. Langkah selanjutnya yaitu mengaplikasikan contoh pada bahan. Potong kain dan busa hati sesuai dengan bentuk contoh kertas. Kain dan busa hati untuk ganjal dan bab atas yang berbentuk melengkung dipotong dengan ukuran yang sama. Untuk bab samping yang berbentuk persegi panjang, kain dilebihkan 1 cm  dari pada ukuran busa hati untuk lipatan. Agar serat kain tidak terburai, maka kita harus memperabukan atau menyelomot pinggir kain dengan lilin atau solder.

3. Selanjutnya, tumpuk semua kepingan kain di atas busa hati dan sematkan jarum pentul. Lipat tepi kain yang berbentuk dua persegi panjang tadi kira-kira 1 cm dan melipatnya ke bawah sehingga menutupi busa hati lalu sematkan jarum pentul.

 Melanjutkan artikel sebelumnya wacana barang bekas atau barang yang sudah tidak digunakan  Kreasi Tempat Pensil Unik Bentuk Sepatu dari Bahan Bekas
4. Langkah selanjutnya yaitu proses menjahit. Kain yang sudah dilipat pada busa hati tadi lalu dipasang resleting. Letakkan resleting di bawah kain. Jahit dahulu resleting dengan teknik tusuk jelujur lalu jahit dengan mesin.

5. Jika resleting sudah terpasang selanjutnya jahit upper atau sepatu bab atas pada bahan. Tutup dahulu resletingnya lalu jahit upper di atas pembatas resleting. Hasilnya sanggup dilihat pada gambar.

6. Selanjutnya gabungkan kedua bab sepatu samping kiri dan kanan dengan cara menjahitnya pada bab belakang.

7. Rapikan tepi kain yang sekiranya tidak sama dengan busa hati dengan mengguntingnya lalu bakar tepinya semoga serat kain tidak terburai. Upper atau sepatu bab atas bila dibalik maka hasilnya akan tampak ibarat pada gambar.

8. Langkah berikutnya yaitu memasang bab ganjal sepatu. Pada proses ini kita membutuhkan kesabaran ekstra alasannya yaitu materi yang digunakan agak kaku maka kita harus melaksanakan proses ini dengan hati-hati dan seksama semoga bentuk sepatu nantinya tidak penceng. Maka yang harus dilakukan yaitu pertama-tama menjahitnya dari belakang dulu sempurna pada bab sambungan. Untuk bab depan, kita juga harus mengatur semoga posisi upper sanggup pas dengan ganjal sepatu. Dan untuk memudahkan proses ini, sematkan jarum pentul lalu jahit dengan teknik tusuk jelujur lalu jahit dengan mesin. Setelah itu balikkan.

9. Nah, itu beliau sepatunya sudah jadi. Namun tampilannya terlihat kurang menarik tanpa adanya ornamen. Disinilah perlunya menciptakan hiasan. Ornamen ini sanggup dibentuk dalam bentuk bunga. Namun saya pilih yang simpel saja yaitu bentuk pita yang membuatnya juga sangatlah mudah. Agar pita tampak berisi maka saya beri busa angin. Kegunaan dari pita ini selain untuk mempercantik penampilan daerah pensil juga untuk menutupi pembatas resleting.

10. Setelah pita sudah selesai dibentuk selanjutnya pasangkan pita dengan cara dijahit menembus upper semoga pita tidak gampang lepas. Jika sudah, maka jadilah daerah pensil unik bentuk sepatu yang siap digunakan untuk menemani acara terutama para pelajar dan ibu guru.

Demikianlah pengalaman saya menciptakan Kreasi Tempat Pensil Unik Bentuk Sepatu dari Bahan Bekas yang tutorialnya sudah saya bagikan. Trima kasih sudah membacanya. Semoga brermanfaat dan selamat berkreasi tanpa batas.

0 Response to "Kreasi Daerah Pensil Unik Bentuk Sepatu Dari Materi Bekas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel