Cara Menciptakan Lem Kertas Dari Tepung Kanji Atau Tepung Tapioka

Jika dikala ini sahabat sedang berusaha atau gres mulai berguru menciptakan aneka macam macam kreasi kerajinan tangan yang terbuat dari kertas dan kardus tentunya akan membutuhkan atau akan banyak memakai lem sebagai salah satu materi penunjang dalam pembuatan kerajinan tangan tersebut.

Biasanya lem yang dipakai dalam pembuatan kerajinan tangan yang terbuat dari materi dasar kertas dan kardus yakni lem kertas yang biasa sahabat beli di toko atau memakai lem kayu ( fox ).

Tapi selain kedua lem tersebut sahabat juga sanggup memakai lem kanji atau lem kertas dari kanji ( tepung tapioka ) sebagai alternatif penggunaan lem dalam pembuatan aneka macam macam kreasi kerajinan tangan dari kertas dan kardus.

Keuntungan dalam penggunaan lem yang terbuat dari tepung tapioka yakni sahabat sanggup mengurangi biaya atau ongkos pembelian lem dalam pembuatan kerajinan tangan tersebut alasannya yakni sahabat sanggup menciptakan sendiri lem kertas dari tepung kanji tersebut.

Selain itu laba lainnya dengan memakai lem kanji dalam pembuatan kerajinan tangan yang berbahan dasar kertas atau kardus ialah kertas dan kardus sanggup merekat atau akan melekat dengan kuat, lem kertas yang terbuat dari kanji tersebut seringkali dipakai untuk menempelkan poster-poster atau pamflet yang biasa kita temui di pinggir-pinggir jalan.

baca juga :
Kerajinan tangan dari koran bekas
Membuat bingkai foto dari koran bekas

Untuk menciptakan sendiri lem kertas yang terbuat dari kanji atau tepung tapioka ini juga tidak sulit justru terbilang sangat mudah, berikut yakni cara menciptakan sendiri lem kanji yang sanggup sahabat coba dirumah.

Jika dikala ini sahabat sedang berusaha atau gres mulai berguru menciptakan aneka macam macam kreasi  Cara menciptakan lem kertas dari tepung kanji atau tepung tapioka
lem kanji

Cara menciptakan lem kertas dari tepung kanji / lem kanji


Bahan-bahan yang perlu sahabat persiapkan dalam menciptakan lem kertas dari tepung kanji :
  • Tepung kanji / tepung tapioka sesuai kebutuhan
  • Air secukupnya

Untuk menciptakan lem kertas yang terbuat dari tepung kanji tersebut silahkan sahabat campur tepung kanji dengan ditambahkan bertahap air ke dalam panci dan aduk-aduk sampai tercampur rata menyerupai bubur yang kental.

Jangan terlalu banyak air alasannya yakni akan mengakibatkan adonan menjadi terlalu encer, jikalau terlalu banyak air atau terlalu encer sahabat sanggup tambahkan kembali tepung kanji semoga adonan menjadi kental kembali.

Panaskan adonan adonan tersebut diatas api sedang sambil di aduk perlahan
Aduk-aduk sampai adonan semakin mengental, jikalau sudah mendidih dan mengental angkat dinginkan, lem kanji sudah siap untuk digunakan.

Simpan lem kanji pada wadah atau kawasan yang tertutup menyerupai wadah dari kaleng roti semoga lem kertas dari kanji tersebut lebih tahan usang atau tidak cepat mengering.

Nah, bagaimana sahabat sangat gampang sekali kan cara menciptakan lem kertas dari tepung kanji atau tepung tapioka diatas? Selain sangat gampang juga sangat murah, layak untuk dicoba dirumah hehehe, selamat mencoba.

0 Response to "Cara Menciptakan Lem Kertas Dari Tepung Kanji Atau Tepung Tapioka"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel