Cara Menciptakan Bross Kanzashi Dari Kain Satin

Kain satin merupakan kain yang sudah tidak aneh lagi bagi kita. Kain satin sendiri banyak sekali jenisnya. Mulai dari yang mahal hingga yang murah. Seperti yang kita kenal selama ini, ciri khas kain satin yaitu permukaannya mengkilap atau glossy. Kain satin yang mahal kalau dibentuk baju sangat nyaman digunakan alasannya yaitu adem. Sedangkan kain satin yang murah meskipun sama-sama mengkilap bedanya agak panas ketika dipakai.

Pengalaman aku menciptakan baju dari kain satin yang murah, betapa tidak nyamannya ketika dipakai, alasannya yaitu tidak sanggup menyerap keringat. Akhirnya baju yang sudah jadi tidak terpakai. Dibuat serbet atau kain pel pun juga tidak menyerap air. Akhirnya baju tersebut aku gunting-gunting dan aku jadikan aneka macam bentuk kreasi dompet, tas, dan yang kini aku buat ini yaitu bros bunga kanzashi yang sangat terkenal di kalangan crafter dan pecinta aksesoris.

Kain satin merupakan kain yang sudah tidak aneh lagi bagi kita Cara Membuat Bross Kanzashi dari Kain Satin

Tentang Kanzashi

Ada yang tahu tidak, mengapa disebut kanzashi? Usut punya usust, ternyata kanzashi berasal dari Jepang ibarat origami. Jika origami yaitu seni melipat kertas, kanzashi merupakan seni melipat kain. Hasil dari seni melipat kain ini berupa bentuk-bentuk ibarat bunga dan umumnya digunakan para geisha untuk aksesoris yang dipasang di rambutnya. Biasanya para geisha membuatnya sendiri loh. Jika di Jepang digunakan di rambut, namun di Indonesia umumnya dibentuk bros dan sebagai ornamen tas atau dompet. Namun ada juga yang memakainya untuk aksesoris rambut. Kaprikornus suka-suka saja tergantung selera alasannya yaitu bunga kanzashi sangat anggun untuk aksesoris apapun.

Cara pembuatan

Membuat bros kanzashi ini sangat mudah, materi dan peralatan yang digunakan pun sanggup kita dapatkan di sekitar kita. Anda sanggup menggunakan sembarang kain perca , namun lebih bagusnya menggunakan kain satin.

Jika anda berminat, berikut ini aku share pengalaman aku menciptakan bros kanzashi. Caranya kira-kira ibarat di bawah ini.

Alat dan materi yang digunakan
1. Kain satin 2 warna
2. Benang dan jarum
3. Kancing hias
4. Kain flanel
5. Gunting
6. Lem tembak
7. Lilin

Kain satin merupakan kain yang sudah tidak aneh lagi bagi kita Cara Membuat Bross Kanzashi dari Kain Satin
1. Potong kain satin dua warna berbentuk persegi dengan ukuran 6 cm. Potong masing-masing sebanyak 9 buah.

2. Lipat potongan kain dengan mempertemukan ujungnya membentuk segitiga. Beri sedikit lem di belahan ujungnya menggunakan lem tembak.

3. Tumpuk dua segitiga yang berbeda warna. Berikan sedikit lem di belahan ujungnya.

4. Lipat kedua sisinya ke depan. Agar tidak lepas beri lem belahan ujungnya.

5. Selanjutnya balikkan kelopak bunga lalu lipat sisi-sisinya ke dalam. Rapatkan kedua sisinya.

Kain satin merupakan kain yang sudah tidak aneh lagi bagi kita Cara Membuat Bross Kanzashi dari Kain Satin
6. Setelah semua potongan kain simpulan dilipat, langkah berikutnya yaitu menggunting sisi bawahnya yang tidak rapi. Agar serat kain tidak terburai, bakar atau slomot sisinya dengan lilin dan tekan-tekan selagi masih panas supaya menyatu.

7. Disini aku menciptakan dua pola bunga kanzashi dengan cara yang sedikit berbeda yaitu dengan menggunting belahan bawah lalu membakarnya dengan lilin sehingga prosesnya tanpa melipat ke dalam.

8. Langkah berikutnya yaitu menjahit semua kelopak bunga supaya menyatu dan tidak gampang terlepas.

9. Potong kain flanel berbentuk bundar untuk bantalan bunga. Selanjutnya beri lem tembak yang agak banyak lalu tempelkan bunga pada potongan flanel.

10. Untuk menutupi lubangnya dan supaya kelihatan rapi, beri lem tembak di tengahnya lalu pasangkan kancing hias atau ornamen berbentuk bunga. Dengan demikian maka bunga kanzashi akan tampak semakin cantik.

Nah, itulah Cara Membuat Bros Kanzashi dari Kain Satin. Anda sanggup mengkreasikannya sendiri dengan model-model yang sesuai dengan impian anda. Selain untuk bros, bunga kanzashi juga sanggup digunakan untuk aksesoris jilbab yang diletakkan di kepala ibarat ikat rambut yang biasanya sanggup kita jumpai pada riasan pengantin berbusana muslim.

Dengan menciptakan bros sendiri maka otomatis akan sedikit menghemat pengeluaran. Disamping itu juga melatih daya kreativitas kita. Meskipun kelihatannya sederhana, bros kanzashi ternyata banyak peminatnya. Dan inilah saatnya untuk menjadikannya sebagai peluang usaha.

Sekian dulu ya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda khususnya yang sedang mencari tutorial. Semoga apa yang aku bagikan ini sanggup menjadi wangsit bagi anda dan menjadikannya sebagai salah satu peluang bisnis yang akan anda jalankan.

0 Response to "Cara Menciptakan Bross Kanzashi Dari Kain Satin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel