Cara Gampang Menciptakan Origami Baju Kemeja

Sejak jaman dahulu hingga sekarang, origami terus berkembang. Teknik-teknik yang dipakai pun juga semakin beragam. Yang mulanya hanya beberapa lipatan menjadi bentuk yang sederhana menjadi banyak sekali macam lipatan yang rumit dan bervariasi.

Kabarnya nih, origami bahu-membahu berasal dari Tiongkok. Namun berkembang pesat dan terkenal di Jepang. Sekilas origami memang tampak sepele, namun kalau dilihat sebagai sesuatu yang mendidik, origami sangat besar manfaatnya. Origami sanggup meningkatkan kemampuan Matematika. Dalam proses lipat-melipat niscaya terjadi proses berhitung. Membagi kertas dalam dua atau beberapa lipatan, atau bagaimana membagi kertas tersebut menjadi beberapa bab yang sama besar. Setelah itu saat sebuah hasil lipatan origami yang sudah jadi dibuka kembali, akan terlihat pola-pola simetris dari garis bekas lipatan tersebut. Hal inilah yang  membantu seseorang terlebih belum dewasa dalam mengenali contoh dan konsep bentuk atau bangkit geometris.



Berbicara mengenai teknik melipat-lipat kertas, beberapa waktu yang kemudian saya sudah pernah menyebarkan pengalaman menciptakan kreasi origami. Meskipun bahu-membahu saya kurang begitu tertarik dengan acara lipat-melipat kertas ini alasannya ialah tidak gampang awalnya bagi saya. Namun begitu mempraktekkan beberapa tutorial hasilnya saya menyimpulkan bahwa ternyata menciptakan prakarya origami itu tidak sesulit yang saya bayangkan. Selain untuk berguru berkreativitas, menciptakan kerajinan origami ini sanggup melatih kesabaran. Dari selembar kertas, segudang manfaat akan didapat dari origami.

Dan di bawah ini ialah kreasi yang saya buat yaitu origami baju kemeja yang fotonya bisa anda lihat. Sekilas nampak menyerupai baju sungguhan ya. Siapa sangka ternyata baju ini hanyalah baju mainan dari kertas yang dilipat-lipat alias origami.

Origami Baju Kemeja 

teknik yang dipakai pun juga semakin bermacam-macam Cara Praktis Membuat Origami Baju Kemeja
Bagaimana bunda, siap bermain origami juga? Jangan mau kalah sama anak Taman Kanak-kanak ya. Jika anda juga ingin membuatnya, berikut ini saya share pengalaman saya. Anda bisa mempraktekkannya nanti bersama putra-putri anda. Tentunya ini sangat menyenangkan bukan?

Baiklah, untuk menciptakan origami baju kemeja, materi yang diharapkan kali ini adalah:
Kertas origami ukuran 160x160 mm, bermotif atau polos. Jika tidak ada kertas origami, anda bisa memakai kertas kado atau kertas apa saja juga boleh.
Gunting atau cutter untuk memotong.

Cara menciptakan

1. Siapkan selembar kertas origami dengan ukuran 160 x 160 mm.
2. Lipat kertas menjadi dua bab hingga membentuk garis bantu vertikal. Selanjutnya potong kertas sempurna pada garis horizontal tersebut memakai gunting atau cutter alasannya ialah yang dipakai hanya separuh bagiannya saja sehingga menghasilkan bentuk persegi panjang.
3. Balikkan kertas, yang berwarna di bawah sementara yang putih di atas. Selanjutnya lipat sedikit tengahnya untuk mencari garis bantu verikal dan diagonal dengan cara dicubit atau bisa memakai pensil untuk menandai.
4. Lipat kertas menjadi dua bertemu garis bantu horizontal tengah.
5. Lipat sisi kanan ke garis tengah vertikal.
6. Lakukan hal yang sama untuk sisi yang satunya.
7. Buka lipatan dan lipat secara serong ke kanan dengan garis lipatan hingga pada garis horizontal tengah. Demikian pula pada sisi yang satunya, buka lipatan dan lipat serong ke kiri dengan garis lipatan hingga pada garis horizontal tengah. Ini untuk membentuk lengan.
8. Kemudian lipat sisi atas. Lipat sedikit ke arah belakang. hasilnya tampak menyerupai pada gambar.
9. Selanjutnya buat bentuk kerah dengan cara melipat serong sudut kanan atas ke garis tengah vertikal.
10. Demikian juga pada sudut kiri atas lipat serong ke garis vertikal.
11. Lipat bab bawah ke atas hingga sempurna di bawah kerah. Selipkan sempurna dibawah kerah semoga rapi. Dengan demikian origami baju kemejanya sudah jadi.

Demikianlah Cara Praktis Membuat Origami Baju Kemeja. Bagaimana? Cukup gampang bukan? Sekali lagi tidak ada sesuatu yang sulit kalau kita mau belajar. Setelah tahu caranya dijamin anda niscaya ketagihan. Tangan anda tak bisa diam. Selalu saja ingin melipat-lipat hehe

0 Response to "Cara Gampang Menciptakan Origami Baju Kemeja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel