Membuat Kawasan Gunting Dan Jarum Dari Kotak Susu

Apa yang anda lakukan sesudah mengkonsumsi susu kotak kemasan 1000 ml? Kemasannya niscaya pribadi anda buang kan? Saya pun juga demikian. Biasanya sesudah susu habis kemasannya pribadi saya buang begitu saja. Tapi kali ini tidak. Begitu melihat kemasan susu berbentuk kotak yang tidak mengecewakan besar, tba-tiba saja muncul inspirasi untuk menciptakan kreasi. Dan hari ini saya begitu bersemangat untuk menciptakan salah satu kreasi dari barang bekas yaitu kotak susu.

Bagi sebagian orang, kotak susu memang hanya dianggap sebagai sampah. Padahal  kotak susu menyerupai ini bisa dimanfaatkan sebagai materi dasar kerajinan tangan. Jika saya bisa membuatnya, anda pun juga harus mencoba nya ya. Saya yakin sedikit banyak niscaya ada keuntungannya kalau kita bisa mengolahnya menjadi sebuah prakarya. Manfaatnya tidak hanya untuk kita saja yang sudah menciptakan dan memakainya tetapi juga untuk lingkungan. Dengan mendaur ulang sampah, berarti kita sudah ikut melestarikan lingkungan.

Seperti yang kita ketahui, dikala ini berbagai ide-ide kreatif bermunculan yang bisa kita coba terapkan dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam hal pengelolaan sampah. Mendaur ulang sampah menjadi produk kerajinan yang unik dan inovatif sekarang sudah tidak abnormal lagi. Banyak sekali kreasi yang dihasilkan dari tangan-tangan kreatif yang menciptakan hati berdecak kagum dan tidak percaya bahwa bergotong-royong materi yang mereka gunakan ialah limbah rumah tangga.

Dan berikut ini akan saya share pengalaman saya dalam menciptakan salah satu teladan kerajinan tangan dari kotak susu. Kerajinan ini berupa kawasan gunting yang dilengkapi dengan kawasan jarum. Setelah melihat kreasi yang saya buat ini, bagi anda mungkin terkesan biasa-biasa saja, namun bagi saya ini sungguh merupakan sesuatu yang luar biasa. Mengapa? Karena saya punya materi untuk menulis dan posting artikel di blog kesayangan saya ini hehehe.

Tempat Gunting dan Jarum

Apa yang anda lakukan sesudah mengkonsumsi susu kotak kemasan  Membuat Tempat Gunting dan Jarum dari Kotak Susu
Untuk menciptakan kawasan gunting dan jarum menyerupai gambar di atas, dibutuhkan bahan-bahan dan peralatan sebagai berikut.
- 2 kemasan kotak susu 1000ml
- Kain spunbond motif bunga
- Kain flanel
- Dakron
- Gunting + benang + jarum
- Lem tembak

Cara membuat

Apa yang anda lakukan sesudah mengkonsumsi susu kotak kemasan  Membuat Tempat Gunting dan Jarum dari Kotak Susu
1. Untuk menciptakan kawasan gunting dan jarum ini saya menggunakan kain spunbond motif bekas kawasan jilbab. Kain spunbond ini sudah terpasang bisban pada salah satu sisinya. Setelah materi dan peralatan sudah dipersiapkan selanjutnya gunting cuilan atas kotak susu. Keluarkan sisa-sisa susu dan basuh cuilan dalamnya dengan sabun untuk menghilangkan baunya yang amis. Kemudian gunting kain spunbond mengikuti ukuran kotak susu. Lebihkan 3 cm untuk lipatan.

2. Potong kain spunbond dengan lebar sekitar 5 cm untuk menutupi pinggiran kotak susu cuilan atas. Kemudian tutup seluruh permukaan kotak susu dengan kain spunbond menggunakan lem tembak.

3. Setelah seluruh permukaan kotak susu tertutup kemudian lipat kelebihan kain cuilan bawah dengan cara dilipat keluar atau menghadap permukan kawasan gunting (lipatan berbentuk segitiga). Selanjutnya potong sedikit lipatan yang berbentuk segitiga tersebut dan rekatkan pada sisi kawasan gunting dengan cara dilem tembak.

Apa yang anda lakukan sesudah mengkonsumsi susu kotak kemasan  Membuat Tempat Gunting dan Jarum dari Kotak Susu
4. Potong kotak susu yang satunya untuk kawasan jarum. Untuk tutupnya buatlah potongan menyerupai pada gambar diatas. Namun sebelum menciptakan tutupnya sebaiknya diukur atau digambar dulu dengan menggunakan atau meletakkan potongan kotak susu yang akan dijadikan kawasan jarum biar ukurannya sesuai dan nantinya bisa pas ketika ditutup.

5. Setelah menciptakan kawasan jarumnya dan tutupnya selesai selanjutnya bungkus atau lapisi tutup kawasan jarum tersebut dengan kain spunbond. Selanjutnya satukan kawasan jarum dengan tutupnya dan lapisi dengan kain spunbond. Cara melapisi dengan kain spunbond sama menyerupai menciptakan kawasan gunting tadi.

6. Langkah selanjutnya yaitu menciptakan aplikasi bunga. Selain untuk mempercantik kawasan gunting, aplikasi bunga ini dibentuk untuk menusukkan jarum. Cara menciptakan bunga flanel yaitu dengan cara menggunting kain flanel menjadi bentuk bulat dan bentuk mahkota bunga. Selanjutnya pada kain flanel pola lingkaran, jahit jelujur tepinya kemudian isi dengan dakron. Jika dakron telah terisi selanjutnya tarik benangnya sehingga pola bulat flanel membentuk bola-bola. Selanjutnya rangkai mahkota bunga dengan cara melingkar dan pasang bola-bola flanel di tengahnya. Jadilah bunga yang cantik.

7. Langkah terakhir yaitu menggabungkan kawasan gunting dan kawasan jarum. Beri lem yang agak banyak selanjutnya tempelkan keduanya. Agar tidak gampang lepas dan untuk menutupi lipatan kain spunbond cuilan bawah, maka bisa dipasangkan pita. Selanjutnya pasang bunga pada tutup kawasan jarum dan selesai. Hasil hasilnya tampak menyerupai gambar di atas. Tempat gunting dan jarum dari kotak susu siap dipakai untuk menyimpan peralatan crafting.

Bagaimana? Praktis kan cara menciptakan kawasan gunting dan jarum ini? jawabnya niscaya saaangat gampang sekali. Ini hanya salah satu dari sekian banyak kreasi yang sanggup kita buat dari kotak susu. Ternyata materi untuk menciptakan kerajinan itu tidak harus mahal. Selagi kita mau berusaha untuk menciptakan kreasi, selalu ada saja inspirasi yang muncul. Anda pun juga sanggup mempraktekkannya di rumah tentunya dengan kreasi yang yang lebih bagus dari apa yang saya buat ini.

Nah, sekarang saatnya anda yang mempunyai banyak kotak susu yang biasanya hanya menjadi sampah dan mengotori lingkungan kawasan tinggal. Ada baiknya kalau anda memanfaatkannya untuk sesuatu yang lebih berguna. Dengan sedikit kreativitas, anda bisa menyulap kotak susu menjadi kreasi yang unik dan juga indah.

Makara bila anda mempunyai kotak susu jangan buru-buru dibuang ya apalagi ditukarkan bawang, terutama ibu-ibu nih yang putra-putrinya gemar minum susu. Lebih baik kotak susu tersebut anda simpan dulu biar suatu dikala nanti anda bisa memanfaatkannya menjadi sebuah karya yang berkhasiat dan mungkin juga bisa dijadikan peluang usaha. Berawal dari sampah siapa tahu hasilnya menjadi ladang bisnis yang omzetnya berlimpah-limpah.

Dan kiranya cukup sekian saja ya share pengalaman dari saya. Semoga klarifikasi perihal Membuat Tempat Gunting dan Jarum dari Kotak Susu bisa dipahami. Terimakasih dan selamat berkarya.

0 Response to "Membuat Kawasan Gunting Dan Jarum Dari Kotak Susu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel