Cara Gampang Menciptakan Kreasi Kristik Untuk Pemula

Siapa yang tak kenal kristik? Kata kristik berasal dari bahasa Belanda, yaitu kruissteek. Pada zaman penjajahan Belanda, sulaman kristik sangat terkenal dan menjadi favorit para ibu dan dewasa putri. Kristik biasanya dipakai sebagai hiasan dinding dan taplak meja.

Kristik Masih Diminati

Seiring dengan berjalannya waktu, menciptakan kerajinan kristik ini mulai memudar. Kini sudah jarang sekali kita jumpai ibu-ibu yang tangannya disibukkan dengan menyulam kristik. Namun bukan berarti sudah tidak ada lagi yang tertarik dengan kerajinan yang satu ini. Di sekolah-sekolah, menciptakan kristik merupakan salah satu materi keterampilan. Ini mengambarkan bahwa kristik masih diminati meskipun tidak sepopuler dulu.

Tidak hanya anak sekolah saja, saya pun juga menyukai kerajinan kristik. Selain untuk koleksi, acara menciptakan sulaman kristik ini saya lakukan kalau ada pesanan. Ketika membuatnya, biasanya saya dibantu bawah umur tetangga yang ingin belajar. Dan memang benar, kerajinan kristik itu sangat gampang dipelajari, bahkan untuk pemula sekali pun. Dalam menciptakan kristik, yang dibutuhkan yaitu ketekunan dan kesabaran.

 Kata kristik berasal dari bahasa Belanda Cara Praktis Membuat Kreasi Kristik untuk Pemula

Baiklah, untuk memulai menciptakan kristik ini , biasanya materi sudah tersedia dalam satu paket kristik lengkap yang disertai dengan benang, contoh dan kainnya. Alat dan materi yang dipakai dalam menciptakan kreasi ini adalah:
Alat
•Jarum Tumpul
•Gunting
•Pemidang / bentang
Bahan
•Kain strimin atau kain aida
Ada dua pilihan kain yaitu kain strimin dari plastik yang berlubang-lubang dan kain aida yang terbuat dari serat benang.
•Buku strimin
•Benang wool atau benang sulam

Step by step menciptakan kristik

 Kata kristik berasal dari bahasa Belanda Cara Praktis Membuat Kreasi Kristik untuk Pemula
• Carilah gambar contoh sesuai yang anda inginkan contohnya contoh mawar yang ada pada buku strimin. Jepit kain strimin dengan pemidangan semoga kain tidak gampang berkerut. Hitung dulu berapa kotak yang ada pada contoh mawar. Menghitungnya kita mulai dari tepi contoh mawar yang ada dalam buku strimin. Tusukkan jarum dari bawah kain.

Langkah awal menjahit ini dapat dimulai dari kiri atas atau bawah. Kalau saya lebih suka mulai dari kanan atas ke bawah ibarat gambar 1. Mulailah menciptakan separuh silangan dengan rapi, tidak perlu menciptakan simpul benang untuk mencegahnya terlepas. Cukup sisakan ujung benang seperlunya. Buatlah bacokan paruh-silangan dengan satu arah selanjutnya selipkan dulu benang dengan panjang secukupnya tadi pada jahitan belakang sebelum mulai menciptakan silangan di bab depan.

• Kemudian buat tusuk lagi untuk menimpanya dengan arah sebaliknya ibarat gambar 2. Dengan cara ini maka pengerjaan kristik secara keseluruhan menjadi lebih cepat dan bab belakangnya tampak lebih rapi.


• Untuk benang selanjutnya, sehabis jarum keluar dari bawah kain, tusukkan ke arah kiri atas. Buatlah  bacokan sehingga membentuk setengah silangan lagi ibarat gambar 3.

• Setelah itu tusukkan jarum ke atas, sehingga jarum akan keluar di sebelah kiri bawah pada kotak kedua menimpa separuh silangan ibarat gambar 4. Jika akan ganti benang, selipkan benang pada jahitan belakang. Selanjutnya benang dapat diganti sesuai dengan warna yang ada pada gambar. Cara mengakhiri bacokan sisakan benang di bawah kain, kemudian selipkan ke benang lain semoga benang tidak lepas. Lakukan sampai membentuk gambar kristik yang diinginkan.

Makara intinya, semoga hasil sulaman sesuai dengan gambar, kita harus menghitung berapa jumlah kotak yang ada pada gambar. Di sinilah ketekunan dan kesabaran diperlukan.

Itulah Cara Praktis Membuat Kreasi Kristik untuk Pemula yang dapat saya bagikan dan silahkan eksklusif dipraktekkan. Meskipun menciptakan kristik terbilang sangat mudah, namun kerajinan ini nampaknya sudah mulai langka padahal peminatnya sangat banyak terutama wisatawan dan inilah sebetulnya peluang bagi siapa saja yang ingin memulai perjuangan kerajinan tangan. Selain modalnya tidak terlalu besar, cara menciptakan kristik juga tidak terlalu rumit, sekali lagi hanya butuh kesabaran dan ketekunan. Umumnya kerajinan kristik ini dijual dengan harga yang tidak mengecewakan mahal. Bagaimana ? Anda ingin mencoba ?

0 Response to "Cara Gampang Menciptakan Kreasi Kristik Untuk Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel