Tutorial Menciptakan Softcase Smartphone Dari Kain Perca

Sebenarnya aku sudah pernah memposting artikel yang mungkin bisa dikatakan serupa tapi tak sama dengan artikel aku kali ini. Tutorial menciptakan softcase hp. Ya , aku sudah pernah membagikan tutorialnya. Namun tidak ada salahnya bukan jikalau aku ingin membagikan lagi tutorial atau lebih tepatnya pengalaman aku menciptakan softcase smartphone.

Softcase Untuk Smartphone Kesayangan

Mengapa aku menyebutnya softcase smartphone? Ceritanya begini. Beberapa hari yang kemudian aku menerima HP gres berukuran 4,5 inchi. Sekedar info, HP canggih yang bisa bekerja pada jaringan 4G ini aku dapatkan dengan harga yang sangat murah. Harganya hanya selembar rupiah saja, tapi yang berwarna merah guys. Benar-benar rezeki nomplok. Alhamdulillah. Semurah itukah harganya? Iyyaa. Jika ada yang bertanya berapa harga normalnya ? Rahasia dong.

Sebagai pelanggan setia dari sebuah provider, sudah dua kali ini aku menerima promo HP 4G. Promo pertama, HP yang ditawarkan spesifikasinya lebih tinggi dari yang ini namun sengaja tidak aku ambil. Saya itu orangnya tidak begitu peduli dengan fitur. Mau itu HP 3G, 4G, 5G. Bagi saya, HP itu yang penting bisa untuk tethering hotspot dan bisa mendukung kegiatan blogging. Saking senangnya mempunyai HP 4G, eksklusif saja aku buatkan bajunya semoga tidak masuk angin.

Sebenarnya aku sudah pernah memposting artikel yang mungkin bisa dikatakan serupa tapi ta Tutorial Membuat Softcase Smartphone dari Kain Perca

Oke deh…langsung saja ya...saya bagikan tutorialnya. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini semoga anda juga bisa membuatnya hehe.

Untuk menciptakan softcase smartphone, alat dan materi yang diharapkan memang tidak mengecewakan banyak yaitu:
1. kertas hvs dan pensil untuk menggambar pola
2. Gunting
3. Benang dan jarum jahit, jarum pentul
4. Setrika
5. Mesin jahit.
6. Kain katun atau kain yang lain
7. Kain jagoan untuk lining
8. Kain katun warna cerah untuk bisban lebar 3cm
9. Viselin/pelapis yang ada lemnya
10. Busa hati
11. 4 buah karet lentur berukuran 8cm
12. Velcro
13. Kain perca untuk hiasan
14. Lem

Cara menciptakan :
Langkah pertama yaitu menciptakan contoh smartphone dari kertas hvs. Sesuaikan contoh dengan ukuran smartphone. Softcase ini terdiri dari bab luar dan dalam. Karena modelnya yang universal menyerupai softcase tablet maka softcase ini bisa digunakan untuk smartphone berbagai  merk.

Sebenarnya aku sudah pernah memposting artikel yang mungkin bisa dikatakan serupa tapi ta Tutorial Membuat Softcase Smartphone dari Kain Perca
    1. Potong kain katun, kain hero, viselin, busa hati berdasarkan pola. Untuk lining ganjal smartphone, kain jagoan harus dilebihkan 1 cm untuk lipatan.
    Sebenarnya aku sudah pernah memposting artikel yang mungkin bisa dikatakan serupa tapi ta Tutorial Membuat Softcase Smartphone dari Kain Perca
      2. Rekatkan viselin yang ada lemnya pada kain katun dan juga kain jagoan untuk liningnya dengan memakai setrika. Potong busa hati menyerupai pada gambar semoga softcase bab dalam bisa ditekuk ketika akan memotret.
        3. Buat aplikasi atau hiasan dari kain perca dan viselin. Cara membuatnya yaitu dengan menggambar contoh aplikasi sesuai keinginan. Disini aku menentukan aplikasi Owl. Gunting viselin dan kain katun berdasarkan pola. Lebihkan 0,5 cm untuk lipatan. Gabungkan viselin dengan kain. Dengan posisi kain bab dalam menumpuk viselin yang ada lemnya. Beri sedikit lem pada bab tepi kain dan viselin selanjutnya lipat ke dalam kemudian setrika.
        4. Beri lem kemudian tempelkan aplikasi yang sudah jadi pada bahan, jahit semoga tidak gampang lepas. Tempelkan busa hati menumpuk bahan. Untuk bab alasnya yang terdiri dari ganjal atas dan bawah, beri lem bab tepi lubang kamera dan speaker kemudian lipat. Selanjutnya tempelkan busa hati pada ganjal softcase bab bawah.
        5. Tempelkan lining yang sudah direkatkan dengan viselin pada materi yang sudah direkatkan dengan busa hati. Alas softcase yang sudah direkatkan dengan busa hati kemudian tutup dengan ganjal softcase bab atas.
        6. Jahit pada bab lipatan yang ada di tengah. Buat dua jahitan sejajar dengan jarak 1 cm. Jahit pula velcro dibagian liningnya. Pasang karet elastik pada ganjal softcase kemudian jahit tepi.
        Sebenarnya aku sudah pernah memposting artikel yang mungkin bisa dikatakan serupa tapi ta Tutorial Membuat Softcase Smartphone dari Kain Perca
        7. Jahit bisban pada materi softcase. Cara menjahitnya di bab dalam alasannya yaitu nantinya bisban harus dilipat keluar.
        8. Bisban yang sudah jawaban dijahit kemudian dilipat keluar. Melipatnya harus rapi menumpuk bahan. Selanjutnya jahit jelujur kemudian jahit tindas dengan mesin.
        9. Proses menciptakan pengait. Caranya beri lem pada busa hati, tempelkan ke kain kemudian jahit eksklusif dengan bisban. Cara nenjahitnya dari dalam kemudian lipat keluar dan jahit tindas. Selanjutnya jahit velcro pada bab pengait. Selanjutnya tumpuk ganjal softcase pada bahan. Pasang pengait dengan menyelipkannya diantara materi dan alas. Jahit jelujur dulu, kemudian jahit tindas mengikuti jahitan yang ada pada bisban.
        10. Jahit lipatan ganjal yang bertemu dengan lipatan softcase. Cara menjahitnya yaitu dengan menjahit lurus pada busa hati yang dipotong sebelumnya.
        11. Finally done. Itulah penampakan softcase samartphone ketika dibuka.
        12. Perangkat bisa didudukkan dengan posisi horizontal. Keren kan ? Siapa sangka di dalam softcase yang bagus ini ternyata bersembunyi HP 4G yang harganya murah meriah.
        Itulah tutorial menciptakan softcase smartphone dari kain perca yang bisa aku bagikan. Anda bisa menciptakan sotfcase untuk tablet dari materi dan dengan cara yang sama. Jika untuk tablet, aku biasanya menambahkan dua potongan busa hati yang direkatkan dengan posisi berjajar untuk dudukan tablet.

        Di bawah ini yaitu beberapa softcase yang pernah aku buat. Kini yang ada hanya gambarnya saja alasannya yaitu barangnya sudah tidak ada alias sudah dibeli orang.

        Sebenarnya aku sudah pernah memposting artikel yang mungkin bisa dikatakan serupa tapi ta Tutorial Membuat Softcase Smartphone dari Kain Perca

        Sebenarnya aku menciptakan softcase HP awalnya untuk aku pakai sendiri. Tapi entahlah, mengapa orang yang melihat softcase HP buatan aku kok begitu tertarik dan minta dibuatkan. Mungkin alasannya yaitu di toko tidak ada. Apalagi aku menjualnya dengan harga yang terbilang murah. Satu softcase HP aku jual dengan harga 10 ribu rupiah alasannya yaitu yang membeli yaitu orang-orang di sekitar daerah tinggal saya. Tidak tega rasanya jikalau aku menjualnya dengan harga yang mahal meskipun proses pembuatannya cukup menguras tenaga. Sampai dikala ini masih saja ada yang pesan ingin dibuatkan softcase HP dengan harga yang murah, namun aku tak mampu lagi.

        0 Response to "Tutorial Menciptakan Softcase Smartphone Dari Kain Perca"

        Posting Komentar

        Iklan Atas Artikel

        Iklan Tengah Artikel 1

        Iklan Tengah Artikel 2

        Iklan Bawah Artikel