Tutorial Menciptakan Angpao Aksara Dari Kain Flanel

Merayakan lebaran dengan melaksanakan salam tempel sudah menjadi tradisi umat muslim di Indonesia. Salam tempel yakni menunjukkan amplop yang didalamnya berisi lembaran rupiah dengan jumlah tertentu yang dilakukan oleh orang yg lebih bau tanah kepada anak-anak. Pemberian amplop dilakukan pada ketika belum dewasa tersebut bersalaman dengan orang yg lebih tua. Ketika anak mengulurkan tangan maka orang yg lebih bau tanah menggenggam amplop dan menempelkannya ke tangan si anak lalu diciumlah tangan orang yg lebih bau tanah oleh si anak.

Salam tempel bersama-sama tidak diajarkan dalam Islam.Yang memperkenalkan dan melestarikan salam tempel yakni Cina dengan istilah yang disebut angpao (amplop warna merah) yang dibagikan pada ketika merayakan Imlek. Meskipun bagi-bagi angpao yakni budaya Cina  bukan berarti Islam melarang melaksanakan salam tempel kalau niatnya untuk menyebarkan atau memberi hadiah.

Merayakan lebaran dengan melaksanakan salam tempel sudah menjadi tradisi umat muslim di Indon Tutorial Membuat Angpao Karakter dari Kain Flanel

Angpao dari Kain Flanel

Meskipun lebaran sudah lewat, tidak ada salahnya kan kalau pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan tutorial menciptakan angpao tentunya dalam bentuk dan warna yang berbeda. Agar tidak ibarat budaya Cina, maka angpao ini saya beri nama angpao karakter. Biasanya angpao lebaran terbuat dari kertas berbentuk amplop dengan gambar yang lucu-lucu, kali ini saya membuatnya dari kain flanel semoga bekas angpaonya nanti tidak dibuang alias masih bisa dipergunakan adik-adik kita untuk gantungan kunci yang dikaitkan di tas sebagai daerah menyimpan uang saku. Assiiik...(terinspirasi oleh muridku)Merayakan lebaran dengan melaksanakan salam tempel sudah menjadi tradisi umat muslim di Indon Tutorial Membuat Angpao Karakter dari Kain Flanel

Untuk menciptakan angpao karakter, alat dan materi yang diperlukan yaitu:
1. Gunting
2. Jarum
3. Lem tembak
4. Benang
5. Benang sulam
6. Kain flanel
7. Velcro
8. Gantungan kunci

Cara membuat:

Merayakan lebaran dengan melaksanakan salam tempel sudah menjadi tradisi umat muslim di Indon Tutorial Membuat Angpao Karakter dari Kain Flanel

1. Buatlah gambar sebagai pola. Disini saya menciptakan contoh gambar keropi. Setelah contoh final dibentuk selanjutnya gunting kain flanel berdasarkan contoh mirip gambar 1.
2. Beri sedikit lem pada kain flanel warna hijau dan merah lalu tumpuk. Posisi kain flanel warna hijau menumpuk flanel warna merah lalu jahit dengan memakai teknik tusuk feston.
3. Setelah kedua permukaan amplop dijahit balasannya tampak mirip gambar 3.
4. Berikutnya yakni menciptakan lisan keropi dengan memakai benang sulam. Selanjutnya gabungkan kedua permukaan amplop dan jahit feston bab tepinya. Setelah proses menjahit final dilanjutkan dengan memasang mata, kaki dan bulatan pada lisan keropi dengan cara dilem tembak. Jangan lupa pasang velcro dan gantungan kunci juga.
5. Angpao abjad sudah jadi dan tinggal menunggu isinya.

Praktis kan cara menciptakan angpao abjad dari kain flanel? Biasanya angpao flanel mirip ini dijual lusinan dengan harga yang agak mahal sebanding dengan materi dan proses pembuatannya. Untuk kisaran harga silahkan cek sendiri ya. Daripada membeli kalau bisa menciptakan sendiri kenapa tidak.

Angpao abjad mirip ini selain dipakai untuk salam tempel, juga bisa dipakai untuk souvenir atau untuk sumbangan. Bagi anda yang mempunyai penghasilan lebih, jangan lupa bederma semoga rezeki anda berkah. Berikan angpao abjad hasil karya anda kepada belum dewasa yang membutuhkan dan dijamin mereka niscaya senang. Tapi ingat, jangan hanya angpaonya saja. Isi dengan nominal sesuai  kemampuan anda .

Demikianlah artikel wacana tutorial menciptakan angpao abjad dari kain flanel. Semoga bermanfaat. Selamat berkreasi dan menyebarkan rezeki...Merayakan lebaran dengan melaksanakan salam tempel sudah menjadi tradisi umat muslim di Indon Tutorial Membuat Angpao Karakter dari Kain Flanel

0 Response to "Tutorial Menciptakan Angpao Aksara Dari Kain Flanel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel